Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Jadwal Copa America : Bolivia 8 Bulan Gagal Menang, Ini Sikap Venezuela

Pelatih Timnas Venezuela Rafael Dudamel menginstruksikan pasukannya untuk menghormati Bolivia sebelum pertandingan matchday ketiga Grup A Copa America 2019.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 22 Juni 2019  |  15:29 WIB
Pelatih Venezuela Rafael Dudamel - Reuters/Andres Stapff
Pelatih Venezuela Rafael Dudamel - Reuters/Andres Stapff

Bisnis.com, JAKARTA – Pelatih Timnas Venezuela Rafael Dudamel menginstruksikan pasukannya untuk menghormati Bolivia sebelum pertandingan matchday ketiga Grup A Copa America 2019.

Dudamel menyatakan hal itu merujuk pada hasil imbang yang mereka peroleh dari hasil kerja keras melawan tuan rumah Brasil pada pekan kedua, sehingga kemenangan melawan Bolivia bisa cukup mengantar Venezuela melaju perempat final.

Venezuela kini berada di posisi ketiga di Grup A dengan 2 poin di belakang Brasil dan Peru, yang pada saat bersamaan juga bertemu dan juga bisa maju sebagai salah satu dari dua tim peringkat ketiga terbaik.

Sementara itu, Bolivia menerima dua kekalahan dari Brasil 1 - 3 dan Peru 0 - 3 sehingga kemenangan menjadi satu-satunya jalan untuk finis di peringkat ketiga sebagai opsi untuk ke perempat final sambil berharap peringkat ketiga Grup B dan C memiliki nilai lebih rendah.

Skuat asuhan pelatih Eduardo Villegas itu gagal menang dalam sembilan pertandingan sejak kemenangan 3 - 0 dalam pertandingan persahabatan atas Myanmar pada Oktober tahun lalu.

Namun, Dudamel mendesak Venezuela, yang belum mencetak gol di turnamen itu, untuk memberi hormat kepada Bolivia yang pantas mereka terima sehingga mereka pada gilirannya mendapatkan hal yang sama dari pihak lain.

"Rasa hormat adalah kata kunci yang akan membuat kita mampu terus mendaki,” kata Dudamel, yang merupakan mantan penjaga gawang Timnas Venezuela dengan 56 caps dan sempat mencetak satu gol ke gawang Argentina lewat tendangan bebas pada Oktober 1996 saat kalah 2 - 5 di Pra-Piala Dunia 1998.

Copa America 2019 diikuti tim nasional 10 anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) ditambah dua tim undangan Qatar dan Jepang, juara dan runner up Piala Asia 2019.

Turnamen kali ini digelar di Brasil mulai 15 Juni pagi WIB hingga 8 Juli pagi WIB. Juara bertahan adalah Cile, yang memenangi dua perhelatan terakhir, 2015 dan 2016, keduanya dengan menaklukkan Argentina di final melalui adu penalti setelah permainan selama 120 menit skor 0 - 0.

Juara terbanyak Copa America sepanjang sejarah sejak pertama kali digelar pada 1916 adalah Uruguay yakni 15 kali, diikuti Argentina 14, Brasil 8, Paraguay, Cile, dan Peru 2, serta Kolombia dan Bolivia masing-masing 1 kali juara.

Pembagian grup turnamen tahun ini, Brasil unggulan di Grup A bersama Bolivia, Peru, dan Venezuela. Grup B diisi Argentina sebagai unggulan bersama Kolombia, Paraguay, dan Qatar, sedangkan Grup C diisi Uruguay sebagai unggulan bersama Cile, Ekuador, dan Jepang.

Juara dan runner up setiap grup melaju ke perempat final bersama dua tim peringkat ketiga terbaik dari tiga grup.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas venezuela copa america Timnas Bolivia

Sumber : Scoresway

Editor : M. Syahran W. Lubis
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top