Hasil Indonesia Vs Thailand: Indonesia Juara Piala AFF U-22

Hasil Indonesia Vs Thailand: Indonesia Juara Piala AFF U-22
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 26 Februari 2019  |  20:24 WIB
Hasil Indonesia Vs Thailand: Indonesia Juara Piala AFF U-22
Pemain Timnas U-22 Asnawi Mangkualam Bahar (tengah) berebut bola dengan pemain Thailand Sakunchai Saengthopho (kiri) dalam pertandingan Final Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Olimpiade Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019). - ANTARA/Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF U-22 akhirnya dimenangkan Indonesia dengan skor 2-1.

Gol Indonesia diciptakan oleh Sani Riski di menit 57 dan Osvaldo Haay di menit 64. Sedangkan gol Thailand disarangkan  Saringkan Promsupa lewat gol sundulan di menit 57.

Dalam pertandingan yang di gelar di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa (26/2/2019) petang, kedua tim bermain dalam tempo tinggi dan saling menyerang.

Indonesia meraih peluang pertama mencetak gol di awal pertandingan namun tendangan pemain Timnas Garuda Muda dapat dihalau kiper Thailand dan hanya berbuah corner.

Thailand mulai bisa menyerang selepas 15 menit babak pertama. Bahkan anak asuh Alexandre Gama nyaris mencetak gol lewat sepak pojok namun peluang tersebut bisa digagalkan pemain Indonesia. Skor Indonesia vs Thailand masih 0-0 di babak pertama.

Di babak kedua, Thailand unggul terlebih dahulu di menit 57 lewat gol sundulan  Saringkan Promsupa dari tendangan bebas. 

Indonesia langsung membalas dengan cepat lewat gol Sani Riski setelah tendangannya membentur pemain Thailand di menit 59.

Indonesia akhirnya bisa berbalik unggul setelah Osvaldo Haay berhasil menyundul bola umpan dari Luthfi Kamal di menit 64.

Indonesia harus bermain 10 pemain setelah Bagas Adi melakukan tackling berbahaya di akhir laga yang membuat wasit langsung mengeluarkan kartu merah.

Meski demikian, gol tersebut menjadi yang terakhir. Indonesia menjadi juara Piala AFF U-22 usai mengalahkan Thailand 2-1.

Laga ini merupakan ketiga kalimya pelatih Indonesia, Indra Sjafri menurunkan susunan pemain yang sama, yang di dua laga sebelumnya berhasil mengalahkan tuan rumah Kamboja 2-0 dan Vietnam 1-0.

Duet Nurhidayat Haji Haris dan Bagas Adi Nugroho tetap menjadi palang pintu pertahanan di hadapan kiper Awan Setho Nugroho, sedangkan Asnawi Mangkualam Bahar serta Firza Andika berada di sisi kanan kiri lini belakang.

Pencetak gol kemenangan kontra Vietnam, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, tetap menjadi poros di lini tengah sementara Gian Zola Nasrulloh Nugroho berdampingan dengan Sani Rizki Fauzi di lini kedua serangan.

Trio Witan Sulaiman, Marinus Wanewar dan Osvaldo Ardiles Haay, kembali turun sejak awal untuk menebarkan ancaman ke gawang Thailand.

Sementara itu di kubu Thailand, pelatih Alexandre Gama tetap mempercayakan kiper Korraphat Nareechan yang selalu tampil penuh di empat laga sebelumnya kembali turun mengawal gawang Gajah Putih.

Thailand juga mempertahankan pilihan untuk tidak menurunkan penyerang murni sejak awal laga dan secara keseluruhan menggunakan enam pemain berposisi asli bek dan empat gelandang.

Secara keseluruhan Gama hanya melakukan satu perubahan dibandingkan susunan laga semifinal yakni Sampan Kesi yang menggantikan Kittipong Sansanit.

Berikut susunan pemain Indonesia vs Thailand:

Indonesia: Awan Setho Raharjo; Asnawi Mangkualam Bahar, Nurhidayat Haji Haris, Bagas Adi Nugroho, Firza Andika; Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah; Sani Rizki Fauzi, Gian Zola Nasrulloh Nugraha; Osvaldo Ardiles Haay, Marinus Wanewar, Witan Sulaiman
Pelatih: Indra Sjafri

Thailand: Korraphat Nareechan; Sampan Kesi, Kritsada Notharat, Chatchai Saengdao, Saringkan Promsupa, Marco Ballini, Patcharapol Intanee, Jedsadakorn Kowngam, Jaroensak Wonggorn, Sakunchai Saengthopho, Tansipit Khukhalamo
Pelatih: Alexandre Gama

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
timnas u-23

Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top
Tutup