ManCity Bekap Everton, Balik ke Pucuk Klasemen Liga Primer Inggris

Manchester City berhasil membekap Everton dengan skor 3 - 1 dalam laga pembuka pekan ke-17 Liga Primer Inggris di Stadion Etihad.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 Desember 2018  |  22:58 WIB
ManCity Bekap Everton, Balik ke Pucuk Klasemen Liga Primer Inggris
Penyerang Manchester City Gabriel Jesus - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Manchester City berhasil membekap Everton dengan skor 3 - 1 dalam laga pembuka pekan ke-17 Liga Primer Inggris di Stadion Etihad di Manchester pada Sabtu (15/12/2018) malam WIB.

Gabriel Jesus mencetak dua gol dalam kemenangan City yang dilengkapi oleh gol Raheem Sterling tersebut, sedangkan tim tamu hanya bisa membalas lewat Dominic Calvert-Lewin.

Kemenangan itu untuk sementara membawa tim besutan Pep Guardiola tersebut kembali ke puncak klasemen dengan raihan 44 poin, sedangkan Everton (24) tertahan di urutan ketujuh.

Kendati demikian, posisi City dan Everton belum sepenuhnya terpatri karena para pesaingnya masih belum melakoni laga pekan ke-17.

City bisa saja kembali tergusur ke urutan kedua, jika Liverpool (41) berhasil menang atas Manchester United (26) pada Minggu (16/12).

Sedangkan Everton, bisa tergelincir beberapa setrip jika Bournemouth (23), Leicester City (22) maupun Wolverhampton (22) meraih poin penuh di pertandingan masing-masing.

Bahkan, West Ham United (21), Watford (21) dan Brighton & Hove Albion (21) juga berpeluang menyalip Everton meski agak kecil potensinya.

Di tengah cedera yang mendera Sergio Aguero, Jesus tampil memanfaatkan situasi itu untuk mendapatkan lebih banyak kepercayaan dari Guardiola.

Dia membuka keunggulan tuan rumah pada menit ke-22 saat barisan tengah City berhasil merebut penguasaan bola Everton dan Ilkay Gundogan mengirimkan umpan kepada Leroy Aziz Sane yang segera meneruskan kepada Jesus, yang memanfaatkannya dengan menggulirkan bola mengecoh kiper Jordan Pickford yang meninggalkan sarangnya.

Pickford lantas berperan besar menghalau percobaan tembakan Riyad Mahrez pada menit ke-40 untuk mencegah gawangnya kemasukan gol lagi.

Brselang 2 menit kemudian, Jesus kembali menyarangkan bola ke gawang Pickford namun ia terlanjut dalam posisi offside ketika Mahrez melepaskan umpan tarik.

Memasuki babak kedua, berjalan 5 menit, Jesus akhirnya betul-betul menggandakan keunggulan City dengan tandukan kerah terarah menyambut umpan silang dari Sane.

Everton seolah memperoleh momentum kebangkitan ketika Calvert-Lewin mencetak gol balasan pada menit ke-65 saat ia mengalahkan Fabian Delph dalam duel udara menyambut umpan silang Lucas Digne, demi mengubah skor menjadi 1-2.

Akan tetapi, City dengan sigap mematikan api kebangkitan Everton 4 menit kemudian, ketika Raheem Sterling yang kalah postur tinggi badan dibandingkan Michael Keane dan Yerry Mina namun bisa menyambut umpan silang Bernardo Silva dan menyundul bola serta menaklukkan Pickford. City 3, Everton 1.

Richarlison, pemain yang kerap disebut-sebut para penggemar Everton sebagai bintang masa depan Brasil, gagal memanfaatkan peluang yang diperolehnya pada menit ke-71 saaat menerima bola sodoran Ademola Lookman.

Sedangkan peluang berbahaya yang dimiliki Calvert-Lewin pada menit ke-83 saat menerima umpan dari Theo Walcott, namun sontekan tumitnya masih terlalu mudah untuk dijinakkan kiper City Ederson Moraes.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
liga inggris, manchester city

Sumber : Antara/PremierLeague.com

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top