Hasil Liga Champions: Porto & Schalke ke 16 Besar dari Grup D

Porto dan Schalke 04 lolos ke 16 besar Liga Champions Eropa sebagai wakil dari Grup D.
M. Syahran W. Lubis | 29 November 2018 07:23 WIB
Penyerang Porto Moussa Marega sesaat setelah menjebol gawang Schalke 04. - Reuters/Miguel Vidal

Bisnis.com, JAKARTA – Lokomotiv Moskow berhasil menundukkan tamunya, Galatasaray, dengan skor 2 - 0 dalam Grup D Liga Champions di Stadion RZD Arena, Moskwa, Rusia, Kamis (29/11/2018) dini hari WIB.

Kemenangan Lokomotiv tersebut justru memberikan keuntungan bagi dua tim lain di Grup D, yakni Porto dan Schalke 04, yang dipastikan melaju ke babak 16 besar, demikian laman resmi Union of European Football Associations (UEFA).

Sebuah gol bunuh diri atas nama gelandang bertahan Galatasaray Ryan Donk dan satu gol lain dari bek Vladislav Ignatyev menjadi penentu kemenangan Lokomotiv di laga tersebut.

Gol pembuka keunggulan tuan rumah tercipta dua menit menjelang waktu normal babak pertama usai, ketika Krychowiak melepaskan umpan tarik yang berusaha dihalau oleh Donk, namun malah membuat bola berbelok mengecoh kiper Fernando Muslera dan bersarang ke dalam gawangnya.

Lokomotiv menggandakan keunggulan mereka pada menit 54 melalui bangunan serangan yang apik. Berawal dari Grzegorz Krychowiak bola diberikan kepada Aleksey Miranchuk di sisi kanan, yang meneruskannya kepada Fedor Smolov.

Smolov menusuk ke dalam sebelum bola membentur pemain lawan yang justru memberikan keuntungan bagi Ignatyev yang berdiri di tempat tepat untuk menjemput bola dan menyarangkan ke gawang Muslera.

Pada menit ke-63, Lokomotiv hampir memperbesar keunggulan mereka ketika Jefferson Farfan berhasil menyambut bola sepak pojok, tetapi sundulannya masih membentur mistar gawang.

Di laga lain, Porto menekuk Schalke 04 dengan skor 3 - 1 di Stadion Dragao di Porto, Portugal untuk memastikan tuan rumah menjadi juara Grup D meski setiap tim masih menyisakan satu pertandingan yang akan dimainkan pada bulan depan.

Keempat gol tersebut terjadi pada babak kedua. Porto membuka skor nketika babak kedua memasuki menit ke-7 melalui kon tribusi Eder Militao dan hanya berselang 3 menit kemudian Jesus Corona menggandakan keunggulan tuan rumah.

Schalke sempat memperkecil skor menjadi 2 - 1 lewat eksekusi penjalti Nabil Bentaleb pada menit ke-89, tetapi Porto memulihkan keunggulan dengan selisih dua gol setelah Moussa Marega menjebol gawang tamu saat tambahan waktu babak kedua berjalan 4 menit.

Dengan hasil matchday kelima ini, Porto mendulang nilai 13 dan dipastikan lolos ke 16 besar dengan status juara Grup D didampingi runner up Schalke (10). Lokomotiv di slot ketiga dengan nilai 4, sementara Galatasaray di dasar klasemen sementara dengan koleksi hanya 3 angka.

Sumber : Reuters & Antara/UEFA.com

Tag : liga champions, schalke 04, porto
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top