Piala Asia U-19: Indonesia Menang 1 - 0 vs UEA Sudah Lolos, Ini Hitungannya

Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan dengan skor 5 – 6 dari Qatar dalam matchday kedua Grup A Piala Asia U-16 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada Minggu (21/10/2018) malam.
M. Syahran W. Lubis | 22 Oktober 2018 22:49 WIB
Pemain Timnas Indonesia U-19 Todd Rivaldo Ferre (kedua kanan) merayakan gol ke gawang Qatar. - Antara/Wahyu Putro

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-19 menelan kekalahan dengan skor 5 – 6 dari Qatar dalam matchday kedua Grup A Piala Asia U-16 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, pada Minggu (21/10/2018) malam.

Meski kalah, yang luar biasa ialah kemampuan anak-anak Garuda Muda melesakkan empat gol tambahan pada babak kedua setelah sempat tertinggal 1 – 6.

Tambahan empat gol itu, hingga akhirnya secara keseluruhan Indonesia mencetak lima gol hasil hattrick Todd Rivaldo Ferre serta masing-masing satu dari tendangan bebas Luthfi Kamal dan Saddil Ramdani, sangatlah berarti.

Lima gol yang dicetak itu memang tidak menyelamatkan skuat asuhan Indra Sjafri dari kekalahan, tetapi sangat penting karena ada kemungkinan akan terjadi perhitungan selisih gol head to head apabila pada klasemen akhir nilai Indonesia sama dengan Qatar dan Uni Emirat Arab (UEA).

Beruntung pula dalam turnamen ini hasil head to head yang dijadikan dasar perhitungan klasemen lebih dahulu dibandingkan dengan selisih gol dalam kondisi perolehan poin sama.

Dengan demikian, jika Indonesia menang dengan selisih satu gol saja atas UEA dalam pertandingan terakhir pada Rabu (23/10/2018), Rivaldo Ferre dan kawan-kawan dipastikan lolos ke perempat final karena paling tidak unggul head to head atas UEA.

Lima gol yang dicetak itu memang tidak menyelamatkan skuat asuhan Indra Sjafri dari kekalahan, tetapi sangat penting karena ada kemungkinan akan terjadi perhitungan selisih gol head to head

Katakanlah Indonesia menang 1 – 0, maka selisih gol Indonesia head to head dengan UEA dan Qatar—dengan asumsi Qatar menaklukkan Chinese Taipei (Taiwan)—adalah 6 – 6, sedangkan UEA 2 – 2.

Sementara itu, dengan asumsi Qatar menang atas Taiwan, maka nilai Qatar juga 6, sama dengan Indonesia—harapannya tentu menang dalam laga terakhir fase grup—dan UEA.

Dalam kasus demikian, berapa pun besar kemenangan Qatar atas Taiwan, yang dihitung hanya head to head dengan Indonesia dan UEA. Selisih gol head to head Qatar dengan Indonesia dan UEA sudah dipastikan 7 – 7.

Dengan asumsi bahwa Indonesia menang selisih satu gol atas UEA, katakanlah 1 – 0, dan Qatar menaklukkan Taiwan, maka selisih gol head Indonesia berada di posisi terbaik kedua yakni 6 – 6. Selisih gol Qatar terbaik 7 – 7, sedangkan UEA terburuk yakni 2 – 2.

Apabila Indonesia menang 2 – 1 atas UEA, maka selisih gol Indonesia dan Qatar sama-sama 7 – 7. Dalam hal ini Indonesia tetap di posisi kedua di bawah Qatar karena head to head langsung kalah 5 – 6.

Jika Indonesia menang 3 – 2 atas UEA, maka selisih gol Indonesia 8 – 8, sedangkan Qatar 7 – 7, sehingga Indonesia lolos ke perempat final sebagai juara grup bersama Qatar sebagai runner up.

Lolos ke perempat final sebagai juara Grup A sangatlah penting, karena hanya akan bertemu dengan runner up Grup B, yang tentu lebih ringan dibandingkan dengan harus meladeni juara Grup B.

Saat ini klasemen Grup B dipimpin Jepang, diikuti peringkat kedua sekaligus ketiga secara bersama-sama diisi Thailand dan Irak, serta Korea Utara di dasar klasemen. Namun, tentu saja susunan klasemen itu masih sangat mungkin berubah karena setiap tim baru bermain satu kali.

Tag : piala asia u-19, timnas u-19
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top