Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala AFF U-16: Indonesia Hajar Timor Leste 3-0, Lolos ke Semifinal

Timnas Indonesia U-16 memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF U-16 setelah menghajar Timor Leste dengan skor telak 3-0.
Timnas Indonesia U-16 memberi salam kepada penonton setelah menghajar Timor Leste 3-0./Antara-Zabur Karuru
Timnas Indonesia U-16 memberi salam kepada penonton setelah menghajar Timor Leste 3-0./Antara-Zabur Karuru

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Indonesia U-16 memastikan diri lolos ke semifinal Piala AFF (Asean Football Federation) U-16 setelah menghajar Timor Leste dengan skor telak 3-0 dalam matchday keempat Grup A di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur, pada Sabtu (4/8/2018) malam.

Meski pada akhirnya berhasil menang tiga gol tanpa balas, kemenangan anak asuh pelatih Fakhri Husaini tidak diraih dengan mudah. Pada saat turun minum, skor masih 0-0.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar, Indonesia benar-benar mendominasi jalannya pertandingan.

Pada 40 menit babak pertama, paling tidak terdapat lima peluang emas didapat Amirudin Bagus Kahfi dan kawan-kawan, bahkan satu di antaranya sebenarnya bola sudah sepenuhnya masuk gawang, tetapi mental lagi keluar begitu cepat sehingga tak dilihat oleh wasit dan hakim garis.

Anak-anak Timor Leste menerapkan pertahanan ketat disertai dengan permainan keras untuk meredam serangan demi serangan yang mengalir bak arus deras dari Muhammad Supriyadi dan kawan-kawan.

Dari permainan keras itu, Indonesia mendapat tendangan bebas pada menit ke-16. Eksekusi tendangan bebas dari bek Kartika Vedhayanto Putra begitu sempurna mengarah ke sudut kanan atas gawang Timor Leste yang dikawal Marcio Das Dores, bola menghujam masuk sepenuhnya ke gawang, tapi mental lagi keluar.

Sayangnya, proses yang demikian cepat membuat wasit tidak melihat bahwa si kulit bundar sudah seutuhnya masuk gawang sehingga tidak menyatakan itu sebagai gol.

Sebenarnya pun, bola yang mental itu masih dapat disambut dengan sundulan kepala oleh Bagus Kahfi, tetapi dengan peluang yang begitu terbuka, justru bola melewati mistar gawang.

Pada 40 menit babak kedua, Indonesia akhirnya berhasil memasok tiga gol. Gol dibuka Bagus pada menit ke-49 dengan sontekan jarak pendek memanfaatkan umpan silang lambung Muhammad Salman Alfarid.

Setelah sejumlah peluang gagal menambah gol, akhirnya pada menit ke-71 Indonesia sukses menggandakan keunggulan, kali ini melalui striker Sutan Diego Zico memanfaatkan umpan tarik Bagus.

Bagus mencetak gol keduanya dalam laga ini atau gol ketiga bagi Indonesia pada injury time. Menerima sodoran dari Andre Oktaviansyah, Bagus meluk-liuk di depan gawang Timor Leste, mempermainkan tiga pemain lawan termasuk kiper, dan menceploskan bola dengan tidak terlalu kencang.

Dengan kemenangan ini, Indonesia dipastikan lolos ke semifinal, paling tidak sebagai runner up, jika secara mengejutkan dikalahkan Kamboja pada matchday kelima pada Senin (6/8/2018).

Namun, peluang untuk tampil sebagai juara Grup A terbuka lebar sebab hanya memerlukan satu angka alias seri melawan Kamboja sehingga di semifinal cukup bertemu dengan runner up Grup B yang kemungkinan diisi Malaysia.

Posisi klasemen sementara Grup A, Indonesia teratas dengan nilai 12, diikuti Myanmar dan Vietnam masing-masing 9, serta tiga tim yang sudah pasti tersisih yakni Kamboja dan Timor Leste masing-masing 3, dan Filipina 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper