Son Heung-min, Penjebol Gawang Jerman di Piala Dunia, ke Pakansari Ikut Asian Games

Son Heung-min, yang mencetak gol untuk Korea Selatan ke gawang Jerman di Piala Dunia 2018 yang baru berakhir, direncanakan menjadi bagian dari tim sepak bola Negeri Ginseng yang akan bertarung di Asian Games di Indonesia.
M. Syahran W. Lubis | 21 Juli 2018 13:48 WIB
Kapten Timnas Korea Selatan Son Heung-min ketika menjebol gawang Jerman pada Piala Dunia 2018 di Kazan, Rusia. Korsel menang 2-0. - Reuters/Pilar Olivares

Bisnis.com, JAKARTA – Son Heung-min, yang mencetak gol untuk Korea Selatan ke gawang Jerman di Piala Dunia 2018 yang baru berakhir, direncanakan menjadi bagian dari tim sepak bola Negeri Ginseng yang akan bertarung di Asian Games di Indonesia.

Son, 26 tahun, mencetak gol kedua Korsel untuk menang 2-0 atas Jerman pada detik terakhir pertandingan matchday terakhir atau ketiga fase grup di Rusia sehingga timnya menang dengan skor 2-0 dan sang juara bertahan pun tersingkir.

Itu merupakan gol kedua Son untuk Korsel di Piala Dunia 2018. Gol pertama dicetaknya ke gawang Meksiko pada matchday kedua dengan tendangan keras dari luar kotak penalti meski dalam kawalan kapten Meksiko Rafael Marquez, pemain paling senior di kubu lawan.

Sayangnya, kemenangan Korsel atas Jerman itu gagal meloloskan mereka ke babak 16 besar lantaran pada saat bersamaan Meksiko dihajar Swedia 0-3.

Padahal dalam dua pertandingan sebelumnya Meksiko selalu menang, 1-0 versus Jerman, dan 2-1 versus Korsel. Padahal, jika saja Meksiko menang atas Swedia, cukup selisih satu gol saja, maka Korsel yang melaju ke 16 besar karena unggul selisih gol atas Swedia dan dengan nilai sama-sama 3.

Kepastian bahwa Son akan ke Indonesia diungkapkan oleh Tottenham Hotspur, klub kontestan Liga Primer Inggris tempat sang penyerang sehari-hari bermain, pada Sabtu (21/7/2018).

Spurs mengonfirmasi Son, yang baru diperpanjang kontraknya oleh Tottenham Hotspur, akan memperkat klub London itu dalam pertandingan pembukaan Liga Primer Inggris musim 2018-2019 melawan tuan tumah Newcastle United pada 11 Agustus, tetapi setelah itu terbang ke ke Indonesia bersama Tim Asian Games Korsel ke Indonesia untuk bermain di Asian Games.

Tim Asian Games diperkuat para pemain dengan usia maksimal 23 tahun, tetapi diizinkan menambah dengan pemain yang melebihi batasan tersebut. Son termasuk di antara tiga pemain tambahan tersebut. Dua lainnya ialah kiper Jo Hyeon-woo, 26 tahun, dan penyerang Hwang Ui-jo, 25 tahun.

Sebagaimana Son, Jo dan Hwang juga bagian dari skuat Timmas Korsel yang bertarung di Piala Dunia 2018.

Pertandingan sepak bola putra Asian Games akan digelar di empat stadion di Jawa Barat yakni Pakansari Cibinong, Patriot Chandrabaga Kota Bekasi, Wibawa Mukti Cikarang, dan Jalak Harupat, Soreang, Bandung.

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018, Asian Games 2018, Timnas Korsel
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top