Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Piala AFF U-19: 4 Gol 8 Menit, Indonesia Habisi Filipina

Anak-anak muda Indonesia skuat Timnas U-19 tampil luar bisa mencetak empat gol dalam 8 menit di ujung pertandingan untuk membalikkan ketinggalan 0-1 dari Filipina menjadi kemenangan 4-1 di Piala AFF U-19 2018.
Penyerang Timnas Indonesia U-19 Saddil Ramdani (kiri)./PSSI.org
Penyerang Timnas Indonesia U-19 Saddil Ramdani (kiri)./PSSI.org

Bisnis.com, JAKARTA – Anak-anak muda Indonesia skuat Timnas U-19 tampil luar bisa mencetak empat gol dalam rentang waktu 8 menit di ujung pertandingan untuk membalikkan ketinggalan 0-1 dari Filipina menjadi kemenangan 4-1 dalam laga Grup A Piala AFF (Asean Football Federation) U-19 2018.

Sebagaimana disiarkan secara langsung oleh Indosiar pada Kamis (5/7/2018) malam, skuat Garuda Muda menguasai sepenuhnya jalan pertandingan. Namun selama 80 menit Nurhidayat Haji Haris dan kawan-kawan gagal menjebol gawang lawan.

Sebaliknya, di tengah upaya menggebu-gebu untuk mencetak gol, gawang Indonesia yang dikawal kiper Muhammad Riyandi malahan kebobolan lebih dulu pada menit ke-32 melalui tendangan bebas Chester Gio Angeles Pabualan.

Kesulitan tim asuhan Indra Sjafri untuk menjaringkan gol balasan terkendala oleh begitu rapatnya pertahanan Filipina. Hingga turun minum Indonesia tertinggal satu gol dari Filipina di hadapan sekitar 16.950 pendukung di Stadion Gelora Delta di Sidoarjo, Jawa Timur.

Memasuki babak kedua, serangan demi serangan terus dibangun skuat Merah Putih. Namun, pertahanan rapat Filipina membuat sulit menembus kotak penalti lawan. Apalagi penjaga gawang Filipina Jessie Reil Aya-Ay Semblante bermain sungguh gemilang.

Indra Sjafri kemudian memasukkan Saddil Ramdani dan Todd Rivaldo Ferre yang terbukti mampu meningkatkan variasi serangan.

Setelah mengalami kesulitan menembus kotak penalti lawan, Saddil akhirnya memecah kebuntuan dengan tendangan keras dari luar kotak penalti pada menit ke-81.

Tendangan kaki kiri yang keras sambil membalikkan badan setelah sebelumnya membelakangi gawang Filipina membuat kiper Pabualan terkejut dan akhirnya terlambat merespons laju bola yang menusuk sudut kiri bawah, skor berubah menjadi 1-1.

Hanya berselang semenit kemudian, umpan lambung bek kanan Muhammad Rifad Marasabessy dari sisi kiri pertahanan Filipina disambut dengan sundulan kepala yang sangat keras dari bek kiri Indonesia Firza Andika yang datang dari lini kedua atau blind side.

Begitu derasnya laju bola membuat kiper Filipina Pabualan tidak sempat bergerak sama sekali merespons datangnya bola yang melewati kepalanya. Indonesia pun berhasil membalikkan skor menjadi keunggulan 2-1.

Pada menit ke-85, Saddil Ramdani kembali memperlihatkan kualitasnya yang jauh di atas rata-rata. Mengeceoh seorang bek lawan, dia kembali melepaskan bidikan kaki kiri yang keras kembali dari luar kotak penalti.

Konsentrasi Pabualan terusik oleh gerakan Witan Sulaeman yang tgerlihat seolah hendak membelokkan arah bola, tetapi ternyata membiarkannya lolos begitu saja sehingga mengecoh sang penjaga gawang, skor 3-1.

Indonesia akhirnya menang dengan skor telak 4-1 setelah Todd Ferre mencetak gol terakhir pada menit ke-89. Dia bergerak di antara dua pemain belakang Filipina di dalam kotak penalti dan dengan cerdik menyontek bola masuk gawang Pabualan.

Dengan kemenangan pada matchday ketiga ini, Indonesia tetap memuncaki klasemen Grup A Piala AFF U-19 dengan nilai 9 hasil menyapu bersih tiga laga dengan kemenangan. Di dua pertandingan sebelumnya Indonesia menang 1-0 atas Laos dan 4-0 versus Singapura.

Di posisi kedua dan ketiga bercokol Thailand dan Vietnam masing-masing dengan nilai 7. Pada matchday ketiga yang juga berlangsung pada Kamis sore tadi, keduanya pesta gol. Vietnam menggebuk Laos 4-1, sedangkan juara bertahan Thailand menggasak Singapura 6-0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper