Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ini Skuat Peru ke Piala Dunia, Tiada Lagi Guerrero & Pizarro

Peru telah menetapkan 24 pemain skuat yang akan bertempur di putaran final Piala Dunia 2018 dengan pelatih Ricardo Gareca terpaksa menepikan nama kapten tim Jose Paolo Guerrero.
Dua andalan Timnas Peru, Jose Paolo Guerrero (kiri) dan Claudio Pizarro, tak masuk skuat Los Incas ke Piala Dunia 2018./Reuters-Jorge Adorno
Dua andalan Timnas Peru, Jose Paolo Guerrero (kiri) dan Claudio Pizarro, tak masuk skuat Los Incas ke Piala Dunia 2018./Reuters-Jorge Adorno

Bisnis.com, JAKARTA – Peru telah menetapkan 24 pemain skuat yang akan bertempur di putaran final Piala Dunia 2018 dengan pelatih Ricardo Gareca terpaksa menepikan nama kapten tim Jose Paolo Guerrero lantaran perpanjangan skorsing yang diterimanya hingga masa 14 bulan.

Guerrero kena skors 12 bulan dari Federation Internationale de Football Association lantaran dopin yang tanpa sengaja dilakukannya melalui minuman the menjelang laga Pra-Piala Dunia 2018 melawan Argentina pada Oktober tahun lalu.

Durasi skorsing itu kemudian dikurangi FIFA sendiri menjadi hanya 6 bulan sehingga telah selesai pada 13 hari yang lalu dan Timnas Peru telah menyatakan hendak menyertakannya ke Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni-Juli ini.

Namun kemudian Court of Arbitration for Sport (CAS) malahan memperpanjang masa skorsing menjadi 14 bulan yang berarti baru pada Januari tahun depan berakhir.

Akibatnya, pemain berusia 34 tahun itu dan top skor sepanjang masa Peru dengan 32 gol dipastikan tak bisa ikut menikmati gemerlapnya Piala Dunia 2018 di Rusia. Padahal, negara itu telah menantikan selama 36 tahun untuk kembali terlibat dalam putaran final Piala Dunia sejak terakhir kali pada 1982 di Spanyol.

Guerrero sendiri telah membantu negaranya untuk lolos dalam empat Piala Dunia terakhir dan ketika dia berhasil, justru mendapatkan hukuman tambahan dari CAS, yang memutuskan masalah itu atas dasar banding yang dikemukakan World Anti-Doping Agency (WADA).

Persatuan Pemain Sepak Bola Profesional (FIFPro) yang bermarkas di Belanda telah memprotes keputusan CAS dengan menyatakan langkah pengadilan olahraga itu bertentangan dengan akal sehat, apalagi CAS pun mengakui bahwa Guerrero tak sengaja memasukkan zat doping lewat minuman teh.

Menyikapi ketiadaan Guerrero, pelatih Gareca menyatakan bagaimana pun timnya mesti siap bertarung di Rusia.

“Paolo pemain yang sensasional, idola, tetapi hidup tetap harus berjalan dan kami akan tampil sebaik mungkin yang kami bisa,” ungkap pelatih berkebangsaan Argentina itu, yang untuk negaranya memiliki 20 caps dengan lima gol pada kurun waktu 1981 hingga 1986.

Dia mengesampingkan striker veteran Claudio Pizarro, pemain klub Jerman Koln yang berusia 39 tahun, tetapi tetap memasukkan satu ujung tombak top lainnya, Jefferson Farfan (Lokomotiv Moskwa), 33 tahun.

Selama ini, Guerrero, Pizarro, dan Farfan adalah trio lini depan Timnas Peru yang cukup merepotkan bagi setiap lini belakang lawan mereka meski pada akhirnya negara itu selalu kalah bersaing di Amerika Selatan terutama dengan tiga juara dunia yakni Brasil, Argentina, dan Uruguay.

Di Piala Dunia 2018, Peru masuk Grup C bersama Denmark, Prancis, dan Australia. Sebelum berjuang di Rusia, skuat berjuluk Los Incas akan menjalani tiga laga uji coba yaitu melawan Skotlandia pada 30 Mei pk. 08:00 WIB, versus Arab Saudi 4 Juni pk. 01:00 bWIB, dan kontra Swedia pada 10 Juni pk. 00:15 WIB.

Berikut skuat Timnas Peru:

Penjaga gawang: Pedro Gallese (Veracruz), Jose Carvallo (UTC), Carlos Caceda (Municipal).

Belakang: Luis Abram (Velez Sarsfield), Luis Advincula (Lobos), Miguel Araujo (Alianza Lima), Aldo Corzo (Universitario), Nilson Loyola (Melgar), Christian Ramos (Veracruz), Alberto Rodriguez (Junior Barranquilla), Anderson Santamaría (Puebla), Miguel Trauco (Flamengo).

Tengah: Pedro Aquino (Lobos), Wilmer Cartagena (Veracruz), Christian Cueva (Sao Paulo), Edison Flores (Aalborg), Paolo Hurtado (Vitoria Guimaraes), Sergio Pena (Granada), Andy Polo (Portland Timbers), Renato Tapia (Feyenoord), Yoshimar Yotun (Orlando City).

Depan: Andre Carrillo (Watford), Raul Ruidiaz (Morelia), Jefferson Farfan (Lokomotiv Moskwa).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters & ESPN
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper