Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia 2018: Meksiko Lolos Kedua Setelah Brasil, Amerika Terancam

Meksiko memastikan menjadi tim ketiga lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah tuan rumah Rusia dan Brasil, sebaliknya AS terancam gagal.
Ujung tombak Kosta Rika Marco Urena (kanan) merayakan gol ke gawang AS bersama Johnny Acosta dalam Pra-Piala Dunia 2018/Reuters
Ujung tombak Kosta Rika Marco Urena (kanan) merayakan gol ke gawang AS bersama Johnny Acosta dalam Pra-Piala Dunia 2018/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Meksiko memastikan diri sebagai tim kedua yang lolos dari babak kualifikasi ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah memenangi pertandingan matchday ketujuh fase terakhir Pra-Piala Dunia zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Conbcacaf) pada Sabtu (2/9/2017).

Tim pertama yang telah dipastikan lolos dari kualifikasi ke putaran final Rusia 2018 ialah Brasil yang tampil sebagai sebagai juara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan meskipun setiap tim masih menyisakan tiga pertandingan.

Dengan demikian, baru tiga dari 32 negara peserta yang telah memastikan terlibat dalam putaran final Piala Dunia 2018. Yang pertama tentu saja tuan rumah Rusia sendiri yang lolos secara otomatis atau tanpa melalui jalur kualifikasi.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Azteca di Mexico City, tuan rumah asuhan pelatih Juan Carlos Osorio mempecundangi tamunya Panama dengan skor 1-0. Satu-satunya gol dalam pertandingan yang dipimpin wasit Walter Lopez dari Guatemala itu dicetak Hirving Lozano.

Penyerang sayap yang sehari-hari merumput bersama jagoan Eredivisie Belanda PSV Eindhoven itu mengontribusi gol semata wayang pada menit ke-53 atau hanya 2 menit setelah masuk lapangan menggantikan Jurgen Damm Rascon.

Sekadar catatan, pertandingan ini mempertemukan tim yang sama-sama ditukangi pelatih berkebangsaan Kolombia. Jika di sisi Meksiko ada Osorio, di sisi Panama ada pelatih kawakan Hernan Dario Gomez, yang juga pernah menangani sejumlah timnas yakni Kolombia, Ekuador, dan Guatemala.

Dengan tambahan 3 poin, Meksiko telah mendulang nilai 17 dengan masih menyisakan tiga pertandingan. Walaupun Juan Andres Guardado dan kawan-kawan menelan kekalahan dalam tiga laga terakhir, mereka tetap dipastikan lolos ke Rusia paling tidak sebagai peringkat ketiga.

Fase terakhir Pra-Piala Dunia 2018 zona Concacaf diikuti enam tim. Tiga tim teratas langsung lolos ke Rusia, sedangkan tim peringkat keempat masuk jalur play-off kandang tandang melawan tim peringkat kelima zona Asia untuk berebut selembar tiket yang berlangsung pada 6 dan 14 November 2017.

Dengan hanya tiga tim teratas yang langsung lolos ke Rusia, Amerika Serikat justru meraih hasil bertolak belakang dengan pencapaian Meksiko. AS kalah dengan skor 0-2 di kandang sendiri dari Kosta Rika. Dua gol dalam laga di Red Bull Arena di New Jersey dicetak Marco Urena pada menit ke-30 dan 82.

Kekalahan itu diperburuk oleh kemenangan Honduras dengan skor 2-1 atas Trinidad-Tobago di Stadion Ato Boldon di Couva, Trinidad. Honduras unggul cepat 2-0 lewat gol Alexander Lopez (7’) dan Alberth Elis (16’), sedangkan gol tuan rumah dihasilkan Joevin Jones pada menit 67 dari titik penalti.

Dengan hasil tiga pertandingan matchday ketujuh itu, Meksiko di posisi teratas dengan koleksi 17 angka, diikuti Kosta Rika 14, AS dan Honduras masing-masing 8, Panama 7, dan Trinidad-Tobago 3.

Artinya, AS, yang dilatih Bruce Arena, menghadapi ancaman bukan hanya dari Honduras, tapi juga Panama. Jika kalah bersaing dengan keduanya, AS bisa melorot hingga peringkat kelima, sehingga gagal masuk jalur play-off melawan peringkat kelima Asia dipastikan gagal lolos ke Rusia.

AS merupakan langganan peserta putaran final Piala Dunia dari zona Concacaf dengan prestasi terbaik mencapai semifinal pada Piala Dunia pertama pada 1930 di Uruguay.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper