Hasil Gold Cup: Meksiko, Jamaika Raup 3 Poin

Juara bertahan Meksiko memulai perjuangannya mempertahankan gelar dengan meraih kemenangan atas El Salvador dengan skor 3-1 di laga Grup C Gold Cup (Piala Emas) 2017.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 10 Juli 2017  |  16:41 WIB
Hasil Gold Cup: Meksiko, Jamaika Raup 3 Poin
Pemain Meksiko Elias Hernandez selepas menjebol gawang El Salvador di Piala Emas 2017 di AS. - ESPN

Bisnis.com, JAKARTA - Juara bertahan Meksiko memulai perjuangannya mempertahankan gelar dengan meraih kemenangan atas El Salvador dengan skor 3-1 di laga Grup C Gold Cup (Piala Emas) 2017.

Dalam pertandingan yang berlangsung pada Senin WIB (10/7/2017) di San Diego, California, kemenangan Meksiko tak lepas dari kecemerlangan gelandang serang Elias Hernandez.

Pemain berusia 29 tahun yang sehari-hari merumput bersama Club Leon itu mencetak satu gol serta memasok assist untuk dua gol lainnya yang dikontribusi Hedgardo Marin dan Orbelin Pineda.

Meksiko mendominasi jalannya pertandingan dengan penguasaan bola mencapai sekitar 60 persen. Laga baru memasuki menit ke-8, Marin menyambar umpan Hernandez untuk membuka skor.

El Salvador sempat memberikan perlawanan. Hanya 2 menit berselang, Nelson Bonilla berhasil memaksimalkan assist Rodolfo Zelaya untuk menyamakan skor menjadi 1-1.

Namun, El Tri, julukan Timnas Meksiko, langsung meningkatkan kembali intensitas tekanan ke wilayah pertahanan El Salvador. Alhasil, pada menit ke-29 Hernandez memulihkan keunggulan 2-1 dengan memanfaatkan umpan Jesus Gallardo.

Memasuki babak kedua, 10 menit berjalan, giliran Pineda yang menyambar umpan Hernandez untuk menegaskan kemenangan Meksiko menjadi 3-1.

Dalam meraih kemenangan tersebut, Meksiko tetap dapat menerapkan taktik yang biasa diarahkan pelatih Juan Carlos Osorio. Ketidak-hadiran sang pelatih asal Kolombia yang tengah menjalan skorsing itu dapat ditutupi dengan baik oleh asistennya, Pompilio Paez.

Sementara itu, dalam laga lainnya di Grup C, Jamaika menekuk Curacao dengan skor 2-0. Dua gol Jamaika dilesakkan oleh Romario Williams (58’) dan Darren Mattocks (73’).

Dengan hasil dua pertandingan tersebut, Meksiko memimpin klasemen sementara Grup C dengan nilai 3, diikuti Jamaika di posisi kedua juga dengan nilai 3, namun Meksiko unggul produktivitas mencetak gol.

Adapun El Salvador dan Curacao masing-masing di tempat ketiga dan keempat, belum mendapatkan nilai. El Salvador berhak di posisi ketiga karena unggul produktivitas mencetak gol ketimbang Curacao, wilayah protektorat Prancis di Karibia.

Piala Emas merupakan turnamen antarnegara anggota Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara, Amerika Tengah, dan Karibia (The Confederation of North, Central America and Caribbean Association Football/Concacaf) yang diselenggarakan setiap 2 tahun sekali.

Putaran final Piala Emas 2017 diikuti 12 negara yang dibagi menjadi tiga grup yang masing-masing berisi empat tim.

Grup A terdiri atas Kosta Rika, Guyana Prancis, Honduras, dan Kanada. Di Grup B terdapat tuan rumah AS, Panama, Nikaragua, dan Martinique. Sedangkan Grup C diisi juara bertahan Meksiko, Jamaika, El Salvador, dan Curacao.

Meksiko adalah juara terbanyak Piala Emas sejak digelar pertama kali pada 1991 yakni tujuh kali pada edisi 1993, 1996, 1998, 2003, 2009, 2011, dan 2015. AS juara lima kali pada 1991, 2002, 2005, 2007, dan 2013, sedangkan Kanada satu kali pada 2000.

Sebelum 1991, kejuaraan antarnegara anggota Concacaf disebut sebagai Kejuaraan Concacaf yang berlangsung sejak 1963 hingga 1989 di mana Timnas AS belum dilibatkan.

Meksiko, bersama Kosta Rika, juga juara terbanyak Kejuaraan Concacaf masing-masing tiga kali. Meksiko juara pada 1965, 1971, dan 1977, sedangkan Kosta Rika 1963, 1969, 1989. Empat timnas yakni Guatemala, Haiti, Honduras, dan Kanada masing-masing satu kali tampil sebagai juara.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
gold cup, timnas meksiko, Timnas Jamaika

Sumber : Reuters & ESPN

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top