Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Spanyol, Italia Menang 4-0, Wales vs Serbia 1-1

Spanyol dan Italia sama-sama menang 4-0, sementara Wales dipaksa seri 1-1 di kandang sendiri oleh Serbia dalam Pra-Piala Dunia 2018.
Tim Serbia merayakan gol penyeimbang skor menjadi 1-1 versus tuan rumah Wales di Pra-Piala Dunia 2018/Reuters
Tim Serbia merayakan gol penyeimbang skor menjadi 1-1 versus tuan rumah Wales di Pra-Piala Dunia 2018/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Spanyol dan Italia sama-sama menang 4-0 dalam pekan keempat Grup G Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa, sementara Wales dipaksa seri 1-1 di kandang sendiri oleh Serbia dalam laga Grup D pada Minggu pagi WIB (13/11/2016).

Spanyol berhasil mempertahankan posisi puncak klasemen Grup G berkat kemenangan 4-0 atas tamunya Macedonia di Stadion Carmenes, Granada.

Spanyol di puncak klasemen Grup G dengan perolehan 10 poin, atau unggul selisih gol dari Italia yang pada saat bersamaan mengalahkan Liechtenstein dengan skor 4-0. Adapun Macedonia di posisi kelima tanpa meraih poin.

Juara Piala Dunia 2010 Spanyol unggul 1-0 menyusul gol bunuh diri bek Makedonia Darko Velkoski melalui sundulan akibat salah mengantisipasi umpan silang bek sayap Spanyol Daniel Carvajal pada menit 34.

Spanyol menggandakan kedudukan menjadi 2-0 melalui sentukan Vitolo alias Víctor Machín Perez yang memaksimalkan serangan balik yang dibangun David Silva dan Sergio Busquets pada menit 63.

Macedonia bukan tanpa peluang, gelandang tengah Enis Bardhi melepaskan tembakan dari luar kotak penalti yang membuat kiper Spanyol David de Gea harus berupaya menepis bola agar keluar lapangan pada menit 70.

Namun, Spanyol menjauhkan keunggulan menjadi 3-0 lewat gol yang dicetak Nacho Monreal usai meneruskan umpan silang terukur Carvajal pada menit 84. Ini adalahgol pertama Monreal untuk Timnas Spanyol.

Aritz Aduriz yang masuk menggantikan Alvaro Morata pada pertengahan babak kedua menggenapkan kemenangan 4-0 Spanyol lewat golnya pada menit 85. Skor tersebut bertahan hingga laga selesai.

Gol itu menjadikan Aduriz pemain tertua yang mencetak gol untuk Spanyol di ajang internasional. Pada usia 35 tahun 275 hari, penyerang Athletic Bilbao itu 50 hari lebih tua dari rekor sebelumnya yang dipegang Jose Maria Pena, yang mengukir pencapaian itu pada 1930 saat mencetak gol ke gawang Portugal.

Dalam laga Grup G lainnya, Italia juga menang dengan skor 4-0 atas tuan rumah Liechtenstein di Stadion Rheinpark di Kota Vaduz.

Italia yang menerapkan taktik menyerang 4-2-4 mencetak gol cepat pada menit 11 lewat sentuhan Andrea Belotti yang menerima umpan dari sundulan kepala Alessio Romagnoli.

Hanya berselang satu menit, Italia mengubah skor menjadi 2-0 dari gol yang dilesakkan Ciro Immobile usai bekerja sama dengan Belotti.

Penyerang sayap Italia, Antonio Candreva, memiliki dua peluang matang pada menit 15 dan 22 namun tidak berbuah gol karena arah bola melenceng tipis ke sisi gawang.

Candreva menebus kegagalan memanfaatkan dua peluang sebelumnya dengan mencetak gol pada menit 32 lewat sontekan mendatar setelah mendapatkan bola liar di mulut gawang Liechtenstein.

Tendangan keras kaki kiri yang dilepaskan Andrea Belotti berbuah gol keempat Italia pada menit 44. Skor 4-0 bertahan hingga interval babak pertama.

Pada babak kedua, Italia memasukkan tiga penyerang antara lain Simone Zaza, Lorenzo Insigne, dan Eder Citadin Martins untuk menambah daya gedor. Namun skor 4-0 untuk kemenangan Italia tidak berubah hingga peluit panjang dibunyikan wasit Ivan Bebek asal Kroasia.

Sementara itu di Grup D, Wales, semifinalis Piala Eropa 2016, gagal menangguk poin penuh di kandang sendiri. Gareth Bale dan kawan-kawan dipaksa seri 1-1 oleh Serbia.

Bermain di Stadion Cardiff City, sebenarnya Wales telah bersiap meraup poin penuh setelah Gareth Bale berhasil menjebol gawang lawan pada menit 30 dan hingga menjelang laga usai, skor tersebut masih bertahan.

Namun, akhirnya poin penuh melayang setelah 5 menit menjelang laga usai, Serbia mampu memberi gol balasan lewat kontribusi sundulan kepala Aleksandar Mitrovic yang bertahan hingga wasit Alberto Undiano dari Spanyol mengakhiri pertandingan.

Hasil itu menempatkan Serbia di posisi kedua dengan nilai 8, sedangkan Wales di posisi ketiga dengan nilai 6. Adapun Republik Irlandia menempati posisi teratas Grup D dengan nilai 10 setelah menaklukkan tuan rumah Austria 1-0.

Di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa, 54 negara bertarung—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final 2 tahun mendatang.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Berikut hasil pertandingan Minggu pagi WIB:

Grup D:

Austria 0 vs Republik Irlandia 1

Georgia 1 vs Moldova 1

Wales 1 vs Serbia 1

Grup G:

Albania 0 vs Israel 3

Liechtenstein 0 vs Italia 4

Spanyol 4 vs Macedonia 0

Grup I:

Kroasia 2 vs Islandia 0

Turki 2 vs Kosovo 0

Ukraina 1 vs Finlandia 0.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters, Soccerway, & Antara/FIFA.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper