Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia 2018: Brasil Bantai Argentina 3-0, Uruguay vs Ekuador 2-1

Brasil menghantam Argentina 3-0 dalam Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan di Belo Horizonte, Minas Gerais, Brasil, pada Jumat pagi WIB (12/11/2016).
Pemain Brasil Neymar da Silva Jr, merayakan kemenangan timnya dengan skor telak 3-0 atas Argentina yang diperkuat Lionel Messi./Reuters-Ricardo Moraes
Pemain Brasil Neymar da Silva Jr, merayakan kemenangan timnya dengan skor telak 3-0 atas Argentina yang diperkuat Lionel Messi./Reuters-Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA - Brasil menghantam Argentina dengan skor telak 3-0 dalam game week ke-11 Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan yang digelar di Stadion Governador Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, Minas Gerais, Brasil, pada Jumat pagi WIB (12/11/2016).

Hasil pertandingan yang dipimpin Julio Bascunan dari Chile tersebut sangat mengejutkan, mengingat Argentina diperkuat pemain bintang Lionel Messi yang bermain secara penuh selama 90 menit.

Pertandingan tersebut juga menjadi adu tajam dua ujung tombak yang sehari-hari bermain bersama di klub La Liga Spanyol FC Barcelona yakni Messi di Argentina dan Neymar da Silva Jr. di sisi Brasil.

Brasil membuka skor pada menit ke-25 ketika tendangan keras Philippe Coutinho dari luar kotak penalti keras mengarah ke sudut kiri atas gawang Argentina yang dikawal kiper Sergio Romero.

Tuan rumah berhasil menggandakan keunggulan pada injury time babak pertama lewat kontribusi Neymar dengan tendangan mendatar dari dalam kotak penalti menyelesaikan umpan terobosan Gabriel Jesus.

Gol ketiga Brasil dihasilkan Jose Paulo Bezerra alias Paulinho. Mantan gelandang Tottenham Hotspur yang kini merumput bersama klub China Guangzhou Evergrande itu menyambar umpan silang Renato Augusto pada menit ke-58 dan mengakhirnya dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti.

Kekalahan telak itu membuat Argentina berada dalam posisi kritis dan terancam gagal masuk putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia 2 tahun mendatang. Messi dan kawan-kawan kini terpuruk di peringkat keenam dengan nilai 16 dengan setiap tim menyisakan tujuh pertandingan.

Hanya empat tim teratas yang berhak lolos langsung ke putaran final di Rusia, sedangkan tim kelima harus berebut selembar tiket dengan juara Pra-Piala Dunia 2018 zona Oseania yang kemungkinan besar adalah Selandia Baru.

Adapun Brasil, dengan tambahan 3 angka mempertahankan posisi paling atas dalam susunan klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan dengan nilai 24, satu angka di depan Uruguay di posisi kedua.

Uruguay sendiri dalam pertandingan lainnya mengalahkan tamunya Ekuador dengan skor tipis 2-1 di Stadion Centenario di Montevideo.

Bermain tanpa ujung tombak Paris Saint-Germain Edinson Cavani yang cedera ketika memperkuat klubnya di kompetisi Ligue 1 Prancis, Uruguay mengandalkan trio Luis Suarez, Diego Rolan, dan Christian Stuani di barisan depan.

Jalannya pertandingan relatif berimbang. Memasuki menit ke-12 bek Uruguay Sebatian Coates membuka skor dengan sontekan jarak pendek menyelesaikan umpan sepak pojok Carlos Sanchez.

Ekuador sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-45 melalui Felipe Caicedo yang menyelesaikan satu skema serangan balik yang dengan cepat dibangun Alex Renato Ibarra.

Setelah melewati hadangan gelandang Uruguay Gaston Silva, Ibarra mengirim umpan terobosan kepada Felipao, julukan Caicedo, yang diselesaikan dengan tendangan keras silang mendatar ke sudut kiri bawah yang gagal ditepis kiper Fernando Muslera meski sebenarnya dia telah tepat membaca arah bola.

Namun, hanya berselang semenit kemudian, ketika babak pertama sudah memasuki injury time, Uruguay mengembalikan keunggulannya melalui Diego Rolan.

Gol bermula dari tendangan keras Gaston Silva dari luar kotak penalti. Kiper Ekuador Esteban Dreer masih mampu menepisnya, tetapi bola jatuh di kaki Carlos Sanchez yang segera melepas umpan ke depan gawang tim tamu dan diselesaikan dengan cepat menggunakan tumit kaki kanan oleh Rolan.

Skor berubah menjadi 2-1 yang bertahan hingga wasit Victor Carrillo dari Peru mengakhiri pertandingan, karena tidak terjadi tambahan gol dari kedua tim sepanjang 45 menit babak kedua.

Klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan untuk sementara posisi teratas diisi Brasil dengan nilai 24, diikuti Uruguay 23, Kolombia 18, Ekuador 17, Chile 17, Argentina 16, Paraguay 15, Peru 14, Venezuela 5, dan Bolivia di dasar klasemen dengan hanya mendulang 4 angka.

Hasil lengkap matchday ke-11 yang seluruhnya digelar pada Jumat pagi WIB:

Kolombia 0 vs Chile 0

Uruguay 2 vs Ekuador 1

Paraguay 1 vs Peru 4

Venezuela 5 vs Bolivia 0

Brasil 3 vs Argentina 0

Jadwal pekan ke-12 (dalam WIB):

Rabu, 16 November:

03:00   Bolivia vs Paraguay

04:00   Ekuador vs Venezuela

06:30   Chile vs Uruguay

06:30   Argentina vs Kolombia

09:15   Peru vs Brasil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper