Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KONGRES PSSI: Kemenpora dan PSSI Setuju di Jakarta

Setelah terjadi polemik yang cukup panjang, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI akhirnya mendapatkan titik temu terkait lokasi pelaksanaan Kongres PSSI dengan agenda utama pemilihan kepengurusan baru periode 2016-2020 yaitu di Jakarta.
Menpora Imam Nahrawi./Antara-Wahyu Putro A
Menpora Imam Nahrawi./Antara-Wahyu Putro A

Bisnis.com, JAKARTA - Setelah terjadi polemik yang cukup panjang, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan PSSI akhirnya mendapatkan titik temu terkait lokasi pelaksanaan Kongres PSSI dengan agenda utama pemilihan kepengurusan baru periode 2016-2020 yaitu di Jakarta.

Keputusan tersebut didapat setelah ada pertemuan singkat antara Menpora Imam Nahrawi, Plt Ketua Umum PSSI Hinca Panjaitan, Sekjen PSSI Azwan Karim dan Komite Pemilihan PSSI Agum Gumelar di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu (12/10/2016).

"Pemerintah sebenarnya tetap berharap di Yogyakarta. Namun, setelah ada pertimbangan dan dasar kepentingan yang lebih besar maka kongres tetap berjalan sesuai jadwal. Bukan di Yogyakarta atau Makassar, tapi di Jakarta," kata Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot S Dewa Broto usai pertemuan.

Menurut dia, sebelum ada keputusan tersebut antara Kemenpora dan PSSI sama-sama menyampaikan latar belakang kenapa kongres direkomendasikan di Yogyakarta. Begitu juga dengan PSSI yang sudah menetapkan lokasi kongres di Makassar.

"Pertemuan berlangsung dengan baik. Setelah menjelaskan masing-masing latar belakang, maka semuanya memahami," kata pria yang juga Deputi Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora itu.

Dengan adanya keputusan ini diharapkan tidak ada lagi polemik. Namun demikian, meski sudah ada kesepakatan belum bisa sepenuhnya dijalankan oleh PSSI. Apalagi induk organisasi sepak bola Indonesia itu juga harus melakukan komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA.

Menurut Sekjen PSSI Azwan Karim, dengan waktu yang ada pihaknya memang harus bergerak cepat karena persiapan di Makassar sebelumnya telah berjalan. Sebelum menentukan langkah, pihaknya terlebih dahulu mengkomunikasikan hasil pertemuan dengan Komite Eksekutif (Exco) PSSI.

"Tugas saya adalah mengkomunikasi hasil pertemuan ini di ke Exco. Selanjutnya hasil ini akan dirapatkan kembali. Yang jelas, kami memang harus bergerak cepat," katanya usai pertemuan.

Terkait komunikasi ulang dengan AFC dan FIFA, kata dia, pihaknya menegaskan akan segera dilakukan. Pihaknya tidak ingin apa yang dilakukan berbenturan dengan aturan organisasi yang ada. Apalagi AFC dan FIFA sebelumnya dijadwalkan akan menghadiri Kongres PSSI di Makassar.

Jika dilihat dari tahapan yang akan dilakukan PSSI, keputusan terakhir bakal ada ditangan Exco, AFC dan FIFA. Hanya saja jika komunikasi terjadi deadlock maka peluang kongres diundur selama delapan pekan sesuai dengan statuta cukup terbuka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper