Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tite Gantikan Dunga Pelatih Timnas Brasil

Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) menunjuk Tite alias Adenor Leonardo Bacchi menjadi pelatih baru tim Samba menggantikan Dunga alias Carlos Caetano Bledorn Verri.
Tite alias Adenor Leonardo Bacchi/Reuters-Sergio Moraes
Tite alias Adenor Leonardo Bacchi/Reuters-Sergio Moraes

Bisnis.com, JAKARTA - Konfederasi Sepak Bola Brasil (CBF) menunjuk Tite alias Adenor Leonardo Bacchi menjadi pelatih baru tim Samba menggantikan Dunga alias Carlos Caetano Bledorn Verri yang gagal membawa juara lima kali Piala Dunia itu lolos dari fase grup di ajang Copa America Centenario.

Pengumuman resmi CBF pada Selasa WIB (21/6/2016) menetapkan Tite sebagai pelatih baru Brasil, juara Piala Dunia 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002. Tite sebelumnya melatih Corinthians, yang menduduki peringkat keempat klasemen sementara kompetisi Seri A Brasil. Dia juga mengantar Corinthians juara liga Brasil 2015.

Begitu ditetapkan sebagai pelatih baru, Tite menegaskan bahwa dia akan memfokuskan tugasnya membawa Brasil lolos ke Piala Dunia 2018 di Rusia. Dia menolak dibebani tugas sebagai pelatih tim Brasil yang bertarung di Olimpiade Rio de Janeiro pada Agustus tahun ini.

Sebelumnya Dunga melatih dua tim tersebut sekaligus. Namun, dengan keputusan Tite bahwa dia akan memfokuskan perhatiannya kepada Timnas Brasil senior, bukan tim U-23 plus yang bertarung di Olimpiade, sejauh ini masih belum ditetapkan siapa pengganti Dunga di tim Olimpiade.

Dunga di-PHK CBF setelah gagal meloloskan skuat Samba dari fase grup di Copa America Centenario di AS. Di ajang Pra-Piala Dunia 2018 pun Brasil terpuruk dengan hanya menghuni posisi keenam dengan nilai 9 dari enam pertandingan.

Perjuangan paling dekat Tite ialah ketika Brasil memainkan matchday ketujuh Pra-Piala Dunia 2018 melawan tuan rumah Ekuador pada 1 September di Quito dan 5 hari berikutnya menjamu Kolombia di Manaus, Amazonas.

Saat sebagai pemain, Tite, 55 tahun, pernah memperkuat sejumlah klub di antaranya Portuguesa dan Guarani sebagai gelandang bertahan. Sebagai pelatih, sebelum bersama Corinthians, dia menukangi belasan klub di antaranya Gremio, Sao Caetano, Palmeirsa, Atletico Mineiro, dan Internacional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper