Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA PRESIDEN 2015: Jokowi Minta Keuangan Klub Peserta Diaudit

Presiden Joko Widodo meminta agar keuangan klub peserta Piala Presiden diaudit sebagai upaya pertanggungjawaban pada publik.
Persib juara Piala Presiden/Antarafoto
Persib juara Piala Presiden/Antarafoto

Bisnis.com, JAKARTA --- Presiden Joko Widodo meminta agar keuangan klub peserta Piala Presiden diaudit sebagai upaya pertanggungjawaban pada publik.

"Setelah selesai ini harus ada audit, penggunaan uang, meski dari sponsor uangnya namun sebagai pertanggungjawaban pada publik harus ada audit, hal seperti ini yang harus kita lakukan sebagai sebuah kebiasaan dan budaya, agar turnamen, kompetisi itu memiliki brand atau citra yang baik di masyarakat. Ini yang ingin dilihat oleh masyarakat," kata Presiden dalam wawancara khusus dengan Antara, RRI dan TVRI di Istana Merdeka Jakarta, Senin (19/10/2015).

Untuk menciptakan sebuah pengelolaan sepakbola yang baik, selain menyelenggarakan turnamen secara teratur dan berkelanjutan, juga harus dibenahi sisi pengelolaan klub dan juga organisasi pengelolanya.

"Dalam sepakbola, kompetisi atau turnamen itu sangat penting sekali. Oleh sebab itu meski kita di 'banned' oleh FIFA kompetisi harus berjalan. Ada Piala kemerdekaan dan Piala Presiden dan akan piala berikutnya.," tegas Presiden.

Kepala Negara mengatakan, saat dimulainya kedua turnamen itu, ia meminta pengelolaannya harus transparan, jujur dan menjunjung tinggi sportivitas.

"Saya selalu menekankan, tolong diberikan contoh sebuah turnamen kompetisi yang baik, fair play," tegas Presiden.

Ditambahkannya, "sekarang turnamen ini (Piala Presiden-red) kalau mendekati wasit apalagi memukul kemudian terkena denda kalau tidak salah Rp100 juta . Ada sanksi juga sehingga selama turnamen bersih dan tidak ada masalah suap, mengatur skor, betul-betul tidak ada karena semua (perangkat pertandingan dan pengelola-red) dipilih dan semua diawasi." Presiden Joko Widodo pada Minggu (18/10) malam menyaksikan langsung partai final Piala Presiden 2015 antara Persib Bandung melawan Sriwijaya FC yang dimenangi oleh kesebelasan asal Bandung dengan skor akhir 2-0.

Keberhasilan tim besutan pelatih Jajang Nurjaman itu melengkapi capaian Persib sebelumnya yang juga menjuarai Liga Indonesia pada 2014 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : ANTARA
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper