Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JADWAL KUALIFIKASI EURO 2016: Inggris vs Swiss, Slovenia vs Estonia

Babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 tengah menjalani matchday ke-8. Dari sembilan grup (A hingga I), tinggal tiga grup yakni C, E, dan G yang masih akan melakoni laga matchday kedelapan.
Wayne Rooney berburu pemecahan rekor gol Bobby Charlton ketika Inggris menjamu Swiss/Reuters-Dylan Martinez
Wayne Rooney berburu pemecahan rekor gol Bobby Charlton ketika Inggris menjamu Swiss/Reuters-Dylan Martinez

Bisnis.com, JAKARTA - Babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2016 tengah menjalani matchday ke-8. Dari sembilan grup (A hingga I), tinggal tiga grup yakni C, E, dan G yang masih akan melakoni laga matchday kedelapan.

Di antara pertandingan matchday kedelapan Grup E yang tersisa, terdapat laga yang layak diprediksi bakal berlangsung sengit di antaranya Inggris vs Swiss dan Slovenia vs Estonia.

Inggris memang tak punya kepentingan apa pun lagi setelah memastikan sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Euro 2016 di Prancis tahun depan setelah menggasak San Marino dengan skor telak 6-0 dalam matchday ketujuh.

Namun, ada yang menarik ditunggu dari sisi tim besutan pelatih Roy Hodgson itu. Kita akan menantikan apakah kapten tim Wayne Rooney bisa mencetak gol dalam pertandingan di Stadion Wembley di London tersebut.

Tambahan satu gol dalam karier Rooney untuk skuat Three Lions akan menjadikannya sebagai top skor sepanjang masa untuk Timnas Inggris dengan torehan 50 gol.

Setelah dia mencetak satu gol ke gawang San Marino 4 hari lalu, Rooney telah sukses menyamai pencapaian rekor gol Bobby Charlton sebanyak 49 gol. Satu gol tambahan ketika kontra Swiss akan menjadikan Rooney sebagai top skor sepanjang masa untuk Timnas Inggris dengan 50 gol.

Di sisi berseberangan, Swiss sangat memerlukan tambahan 3 angka demi mengamankan setidaknya peringkat kedua di klasemen akhir. Saat ini Inggris memimpin klasemen sementara Grup E dengan nilai 21, diikuti Swiss 15, Estonia 10, Slovenia 9, Lithuania 6, dan San Marino 1.

Jadi, Swiss perlu memenangi setidaknya dua dari tiga laga sisa untuk finis di posisi kedua dalam klasemen akhir untuk memastikan selembar tiket ke Prancis berada di tangan sekaligus menghindari kejaran Estonia di peringkat ketiga yang harus masuk jalur play off untuk ke putaran final Euro 2016.

Dengan konstelasi klasemen sementara sedemikian, laga Slovenia kontra Estonia juga jadi partai hidup mati. Kedua tim masih berpeluang menduduki peringkat kedua dalam klasemen akhir yang menjamin ke Prancis, tetapi setidaknya tambahan angka penting bagi kedua tim tersebut untuk finis di posisi ketiga.

Dua tim teratas setiap grup—semua terdapat sembilan grup—babak kualifikasi akan langsung berangkat ke Prancis bersama satu tim peringkat ketiga terbaik, sedangkan delapan tim peringkat tiga lainnya masuk jalur play off untuk berebut empat tiket tersisa.

Berikut jadwal pertandingan matchday kedelapan Grup E (dalam WIB):

Rabu, 9 September:

01:45   Inggris vs Swiss (siaran langsung RCTI)

01:45   Lithuania vs San Marino

01:45   Slovenia vs Estonia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper