Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRA-PIALA DUNIA 2018: Guam & Filipina Menang di Zona Asia

Guam, wilayah teritori Amerika Serikat di sebelah timur kontinen Asia, mencetak sejarah mencatat kemenangan pertama dalam babak kualifikasi Piala Dunia. Tim wilayah di Samudera Pasifik itu menang 1-0 atas tamunya Turkmenistan pada Kamis (11/6/2015).
   /FIFA
/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - Guam, wilayah teritori Amerika Serikat di sebelah timur kontinen Asia, mencetak sejarah mencatat kemenangan pertama dalam babak kualifikasi Piala Dunia. Tim wilayah di Samudera Pasifik itu menang 1-0 atas tamunya Turkmenistan pada Kamis (11/6/2015).

Terdapat pula kejutan ketika tuan rumah Filipina pada putaran kedua kualifikasi zona Asia untuk Piala Dunia 2018 menang 2-1 atas Bahrain, yang juga sekaligus Pra-Piala Asia 2019.

Tapi, kisah indah itu tidak merembet ke tim semenjana lainnya seperti Kamboja dan Bhutan. Kedua timnas negara tersebut menelan kekalahan besar dari Singapura dan Hong Kong.

Bermain kandang untuk pertama kalinya dalam kualifikasi Piala Dunia, Guam mengunci kemenangan bersejarah ketika bek Turkmenistan Serdar Annaorazov menyundul bola yang masuk ke gawangnya sendiri, untuk membuat publik tuan rumah di Stadion GFA National Training Centre bersorak gembira.

Hasil mengejutkan itu membuat Guam, wilayah dengan penduduk kurang dari 200.000 orang, memuncaki klasemen Grup D setidaknya selama beberapa jam sebelum pertandingan India melawan Oman di Bangalore pada Kamis malam yang berakhir untuk Oman 2-1 sehingga Guam kini hanya menempati posisi kedua.

Hasil ini merupakan peningkatan besar bagi Guam dari pertandingan terakhir mereka di kualifikasi Piala Dunia pada 2000, saat mereka dihancurkan 0-19 oleh Iran dan 0-16 oleh Tajikistan. Mereka akan menjamu India pada pertandingan keduanya di Grup D Selasa mendatang.

Di Manila, Filipina juga membuat start bagus ketika mereka menaklukkan Bahrain dengan skor 2-1 pada pertandingan pembukanya di Grup H yang dimainkan di Stadion Philippines Sports.

Misagh Bahadoran memaksimalkan umpan silang kiriman Phil Younghusband pada menit ke-50, dan Javier Patino menggandakan keunggulan 10 menit kemudian memanfaatkan kemelut di mulut gawang, sebelum Abdulwahab Al Malood mencetak gol hiburan bagi tim tamu pada ujung pertandingan.

Kamboja juga mencari start positif di depan para penggemar mereka yang memenuhi Stadion Olimpiade di Phnom Penh, namun mereka justru harus takluk 0-4 oleh Singapura di Grup E.

Khailul Amri membuka keunggulan timnya pada menit ke-9 dan Safuwan Baharudin mengemas dua gol untuk membawa tim tamu unggul 3-0 pada babak pertama, sebelum Fazrul Nawaz menambahi gol keempat saat babak kedua baru bergulir 10 menit.

Bhutan juga menelan kekalahan berat saat mereka dihancurkan 0-7 oleh Hong Kong, di mana Jaimes McKee mencetak dua gol untuk tuan rumah pada pertandingan Grup C itu.

Gol penyama kedudukan Kyaw Zayar Win membuat Myanmar bermain imbang 2-2 pada pertandingan pembukaan Grup G mereka di Laos, sedangkan Anton Zemluanukhin mencetak dua gol ketika Kyrgistan menang 3-1 di Bangladesh pada pertandingan Grup B.

Total sebanyak 14 pertandingan dimainkan di seantero Asia pada Kamis, di mana pertandingan-pertandingan tersebut menjadi kualfikasi untuk Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper