Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIALA DUNIA 2014: Gunawan Susanto Jatuh Cinta pada Tim Oranye

Keberhasilan tim nasional Belanda melaju hingga perempat final dalam turnamen Piala Dunia 2014 melahirkan kepuasan tersendiri bagi Presiden Direktur IBM Indonesia Gunawan Susanto.

Bisnis.com, JAKARTA - Keberhasilan tim nasional Belanda melaju hingga perempat final dalam turnamen Piala Dunia 2014 melahirkan kepuasan tersendiri bagi Presiden Direktur IBM Indonesia Gunawan Susanto.

Kini, Robin van Persie dkk. berada di zona yang cukup nyaman untuk mampu melangkah ke semi final. Dalam babak delapan besar, Belanda akan berjumpa tim penuh kejutan Kosta Rika.

Kecintaan Gunawan terhadap Tim Oranye dimulai pada 1988, ketika negara itu berhasil mengangkat trofi Piala Eropa. “Saya jatuh cinta dengan Belanda pada waktu Piala Eropa 1988. Ketika itu mereka diperkuat trio Marco van Basten, Frank Rijkaard, dan Ruud Gullit,” kata pria berusia 35 tahun ini.

Sampai sekarang dia tetap menjagokan Belanda, meski sejak 1988 tidak pernah sekalipun menjuarai turnamen besar.

Satu filosofi bola yang dipercayai dan cocok diterapkan dalam dunia bisnis yakni ‘pertahanan terbaik adalah menyerang.’Roh itu, katanya ada di dalam tubuh pasukan Louis van Gaal. Dengan filosofi itu, dia meyakinkan bahwa pengusaha Indonesia tidak boleh ‘defensif’ dengan mempertahankan pasar domestik.

Menurutnya pelaku bisnis Tanah Air juga harus  ‘menyerang’ negara lain dengan cara memasuki pasar di kawasan Asia Tenggara supaya mampu meningkatkan daya saing.
Pengagum Van Persie itu berharap Belanda merengkuh trofi pertamanya di Brasil.

Sebagai tanda dukungan, dia akan meluangkan waktu menyaksikan laga tim kesayangannya itu di tengah kesibukan sebagai pemimpin tertinggi IBM Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper