Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Olahraga: Apa dan Siapakah Kiper Itu?

Bisnis.com, JAKARTA – Penjaga gawang atau sering disebut Kiper (dalam sepak bola) adalah salah satu posisi dalam berbagai olahraga sepak bola.

Bisnis.com, JAKARTA – Penjaga gawang atau sering disebut Kiper (dalam sepak bola) adalah salah satu posisi dalam berbagai olahraga sepak bola.

Posisi kiper adalah yang paling khusus dari semua posisi di lapangan. Tidak seperti pemain lain, kiper dapat menyentuh bola dengan seluruh bagian tubuh mereka, asalkan di daerah penalti mereka sendiri. Di luar area penalti mereka, kiper memiliki pembatasan yang sama sebagai pemain lapangan lainnya. Mereka juga "dilindungi" dari campur tangan aktif oleh lawan-lawan di daerah tujuan mereka sendiri.

TANGGUNG JAWAB

Tanggung jawab taktis kiper meliputi:
•    Untuk menjaga gawang secara fisik menghalangi tembakan percobaan dengan menggunakan setiap bagian dari tubuh mereka. Kiper diizinkan untuk memainkan bola dimanapun di lapangan, tetapi ia tidak dapat menangani bola menggunakan tangannya di luar area penalti.
•    Untuk mengambil tendangan bebas dari jauh ke dalam wilayah mereka sendiri dan tendangan gawang.
•    Untuk mengatur bek-bek tim ketik bermain defensif seperti sepakan bebas dan tendangan sudut. Dalam hal sepakan bebas, ini termasuk memilih jumlah pemain penghadang.


Meskipun kiper mempunyai privilese khusus untuk menggunakan tangan saat bermain di area penalti, mereka juga harus menuruti aturan yang sama dengan pemain lain. Karena peningkatan gaya bermain mengandalkan umpan silang dan bola mati yang menggunakan udara, kiper seringkali anggota tim tertinggi, dan seringkali melebihi 180 cm di kompetisi profesional, dimana banyak kiper terkenal bertinggi badan kira-kira 193 cm.
Penjaga gawang dalam menyerang dan mencetak gol

Kiper tidak diharuskan selalu di area penalti, mereka diperbolehkan bermain di mana saja di lapangan, dan adalah sebuah hal yang biasa untuk mereka bertindak sebagai bek tambahan di waktu-waktu tertentu permainan.

Beberapa kiper bahkan pernah mencetak gol. Ini biasanya terjadi saat kiper merangsek maju ke depan untuk membantu sektor penyerangan timnya. Aksi ini riskan; kiper meninggalkan gawangnya tanpa pertahanan.
Meskipun aksi merangsek ke depan ini jarang berhasil, banyak kiper profesional yang sudah mencetak gol,

Beberapa kiper, seperti Rogerio Ceni dan Jose Luis Chilavert, bahkan juga pakar mengeksekusi bola mati. Pemain bertipe seperti ini mengeksekusi sepakan bebas dan sepakan penalti. Ceni, kiper Sao Paulo, mencetak lebih dari 100 gol sepanjang karirnya, bahkan lebih banyak dari sebagian pemain non-kiper.

Di situasi yang lebih jarang terjadi, beberapa kiper mencetak gol tanpa sengaja, saat bola ditendang tinggi dan kiper lawan dalam posisi salah.

SERAGAM

Penjaga gawang harus memakai seragam yang membedakan mereka dari para pemain dan wasit, seperti yang tercantum di Laws of the Game FIFA. Beberapa kiper terkenal karena seragamnya; Lev Yashin dengan setelan serbahitam dan Jorge Campos yang memakai seragam warna-warni.
Seluruh kiper memakai sarung tangan desain khusus untuk menangkap bola dan melindungi jari tangan dari cedera. Meskipun sarung tangan bukan perlengkapan resmi, jarang ada kiper yang tidak memakai sarung tangan karena keuntungan-keuntungannya.

Pada Euro 2004, kiper Portugal, Ricardo Pereira, melepas sarung tangannya saat adu penalti perempatfinal melawan Inggris.
Saat menentukan nomor punggung tim, jika sistem nomor skuat tidak dipakai, nomor punggung 1 biasanya diberikan pada kiper. Namun begitu, sampai hari ini, kiper tidak diwajibkan memakai nomor punggung 1, dan itu adalah regulasi Piala Dunia.

Sebagai contoh, kiper Argentina, Ubaldo Fillol, mengenakan nomor 5 di Piala Dunia 1978 dan nomor 7 di Piala Dunia 1982. Ini sering terjadi setelah sebuah tim telah menentukn nomor punggung tetapi kemudian membawa anggota tim baru yang menjadi starter. Di dalam dunia sepak bola, kiper sering dirujuk sebagai "nomor satu". Nomor 16 adalah nomor popular untuk kiper Prancis dan koloni-koloninya di Afrika.

Kiper Republik Ceska, Petr Cech memakai head guard setelah cedera otak saat membela Chelsea di Liga Utama Inggris, dan bebera kiper, seperti Miguel Calero dan Chris Kirkland, memakai topi bisbol saat laga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lahyanto Nadie
Editor : Lahyanto Nadie
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper