Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tottenham Lepas Bale ke Real Madrid dengan Harga Mahal

Bisnis.com, MADRID--Kisah panjang transfer Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid akhirnya dapat diselesaikan pada Minggu (1/9/2013), ketika klub Spanyol tersebut secara resmi mengonfirmasi kepindahan sang pemain tanpa menyebutkan nilai transfernya."Real

Bisnis.com, MADRID--Kisah panjang transfer Gareth Bale dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid akhirnya dapat diselesaikan pada Minggu (1/9/2013), ketika klub Spanyol tersebut secara resmi mengonfirmasi kepindahan sang pemain tanpa menyebutkan nilai transfernya.

"Real Madrid dan Tottenham telah mencapai kesepakatan untuk transfer Gareth Bale. Sang pemain akan diikat oleh klub untuk 6 musim mendatang," konfirmasi pernyataan di situs resmi klub tersebut.

Berbagai laporan yang beredar menyebutkan kepindahan ini akan membuat Bale menjadi pemain termahal di dunia, dan pelatih Spurs Andre Villas-Boas mengatakan pekan lalu dia berharap klubnya menerima rekor transfer dunia untuk sang pemain.

Harian olahraga Madrid AS mengklaim pada Jumat bahwa Real akan membayar 91 juta euro, 3 juta euro lebih sedikit daripada jumlah yang dikeluarkan Los Blancos untuk mendatangkan Cristiano Ronaldo pada 2009.

Bale akan diperkenalkan pada media dan penggemar klub pada Senin sore, setelah menjalani pemeriksaan medis.

Pemain Wales itu diincar oleh raksasa Spanyol tersebut menyusul serangkaian penampilan apiknya untuk Tottenham musim lalu, yang membuat dirinya mendapatkan penghargaan pemain terbaik Liga Utama Inggris dan pemain terbaik pilihan pewarta.

Bale mencetak 21 gol dari 38 penampilannya di Liga Utama Inggris, namun kemampuannya tidak cukup untuk membawa Spurs ke Liga Champions ketika mereka tersingkir dari peringkat keempat akibat selisih satu angka dengan rival London Utaranya Arsenal.

Dan kesempatan untuk bukan hanya bermain dengan sejumlah pemain terbaik dunia, dan juga partisipasi di kompetisi klub elit Eropa merupakan faktor signifikan bagi pemain 24 tahun itu untuk menggerakkan hasratnya pindah ke Real.

Bale dikritik pelatih Spurs Andre Villas-Boas karena menolak menghadiri latihan pada pekan lalu sebagai upaya agar dirinya segera dijual.

Bale sendiri tidak pernah bermain untuk Spurs sejak pertandingan persahabatan pramusim melawan Swindon Town pada 16 Juli, ketika ia pertama kali mengeluhkan sakit pada bagian "gluteal" dan kemudian masalah pada kakinya yang membuat ia absen saat timnya melakukan start impresif di Liga Utama Inggris.

Bagaimanapun, ia masih tetap dipanggil oleh Chris Coleman untuk memperkuat Wales di pertandingan kualifikasi Piala Dunia melawan Macedonia dan Serbia.

Kesepakatan ini memberi keuntungan besar pada Spurs, di mana mereka hanya mengeluarkan dana sebesar tujuh juta pound enam tahun silam untuk mendatangkannya dari Southampton.

Dan dengan kepergiannya yang telah diperkirakan selama berpekan-pekan, Villas-Boas telah memperkuat timnya secara signifikan dengan merekrut Roberto Soldado, Paulinho, Etienne Capoue, Nacer Chadli, Erik Lamela, Vlad Chiriches, dan Cristian Erisken untuk membuat klub menghabiskan dana sebesar lebih dari 100 juta pound sepanjang musim panas.

Setelah sempat menjalani masa-masa sulit menyusul kepindahannya dari Southampton, Bale tidak pernah benar-benar bersinar bersama Spurs sampai ia digeser dari bek kiri ke posisi yang lebih ke depan pada musim 2009/2010.

Tahun berikutnya ia makin menonjol dengan mencetak trigol saat melawan tim yang kemudian menjadi juara Eropa Inter Milan di San Siro, dan membantu Spurs melaju ke perempat final pada partisipasi perdana mereka di kompetisi itu sebelum mereka kemudian kalah agregat 0-5 dari klub yang sekarang mempekerjakannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor :
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper