Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Olahraga: Apa itu Back-Pass

Backpass / thesoccerobserver.comBisnis.com, JAKARTA - Dalam sepakbola kita kerap mendengar istilah back-pass. Namun, definisi back-pass kerap masih menimbulkan misintepretasi atau perdebatan. Jika seorang pemain hendak menghalau bola hasil tendangan

Backpass / thesoccerobserver.com

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam sepakbola kita kerap mendengar istilah back-pass. Namun, definisi back-pass kerap masih menimbulkan misintepretasi atau perdebatan. Jika seorang pemain hendak menghalau bola hasil tendangan lawan ke arah gawangnya dan bola itu mengarah ke kiper sendiri, apakah itu bisa dikatakan back-pass?

Dalam Law 12 tentang Law oh the Game dari FIFA,  back-pass diartikan bola yang dengan sengaja oleh seorang pemain diarahkan kepada kiper yang berada dalam satu tim. Misanya, pemain tim A memberikan bola dari luar kotak penalt  ke kiper tim A  dengan sengaja.

Law 12  melarang kiper  memegang bola saat timnya dengan  sengaja "menendang" bola kepadanya, atau memegang bola langsung dari rekan setimnya. Namun,  kiper masih diperbolehkan  menerima itu dengan menggunakan kakinya atau  bagian tubuh lainnya untuk mengarahkan bola.

Jika ini dilanggar, hukumannya,  tendangan bebas tidak langsung yang diberikan kepada tim lawan dari tempat pelanggaran terjadi yaitu  di mana kiper memegang bola. Dalam praktiknya pelanggaran ini sangat jarang dilakukan.

Ada beberapa pengecualian yang sangat penting untuk aturan back-pass. Jika seorang pemain menggunakan kepala, dada atau lutut untuk mengoper bola kembali ke kipernya, kiper dapat menjemput bola. Sang kiper juga bisa menjemput bola jika rekan setimnya membagikan bola kepadanya akibat  kecelakaan. Misalnya, seorang bek mungkin hendak melakukan slice atau scuff untuk mengamankan situasi, tanpa sengaja menendang bola ke arah kiper. Dalam hal ini, kiper dapat menjemput bola.

Aturan back-pass diperkenalkan pada  1992  untuk mencegah kiper membuang-buang waktu dan bermain terlalu defensif. Ini terjadi pada Piala Dunia 1990 yang digambarkan sebagai piala dunia yang sangat membosankan, penuh dengan back-passing dan kiper memegang bola.

Juga, kiper akan sering menjatuhkan bola dan menggiring bola di sekitar gawangnya, dan  mengambilnya lagi setelah lawan mendekat untuk menempatkan mereka di bawah tekanan. Ini teknik yang khas untu  mengulur-ulur waktu.

Sebuah contoh adalah ketika kiper Irlandia Pat Bonner terus ‘memegang’ bola selama lebih dari 6 menit saat melawan Mesir dengan menggiring bola di sekitar kotak pinalti dan mengambilnya lagi. Kiper Liverpool FC Bruce Grobbelaar juga salah satu eksponen paling terkenal dari praktek ini.

- Kamus Olahraga: Apa Itu Gelandang

- Kamus Olahraga: Apa Arti Free kick

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper