Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HASIL COPA AMERICA: Hajar 9 Pemain Uruguay Skor 1-0, Chile ke Semifinal

Tuan rumah Chile menundukkan Uruguay 1-0 untuk melaju ke semifinal Copa America 2015.
Kreator serangan Timnas Chile Arturo Vidal/Sky Sports
Kreator serangan Timnas Chile Arturo Vidal/Sky Sports

Bisnis.com, JAKARTA - Tuan rumah Chile melaju ke babak semifinal Copa America 2015 setelah menundukkan juara bertahan Uruguay dalam pertandingan perempat final yang berlangsung pada Kamis pagi WIB (25/6/2015).

Gol semata wayang yang membawa skuat asuhan pelatih asal Argentina Jorge Sampaoli mencatat kemenangan dikontribusi oleh Mauricio Isla pada menit ke-81 dengan tendangan keras dari dalam kotak penalti menyusur tanah ke pojok kiri gawang Uruguay menuntaskan kemelut yang terjadi di depan gawang yang dikawal kiper Fernando Muslera.

Sebenarnya dalam pertandingan di Stadion Nasional Chile di Santiago yang disiarkan secara langsung oleh Kompas TV itu Chile menekan sepanjang permainan sejak menit pertama. Namun Uruguay menjalankan strategi dengan menumpuk pemain di barisan pertahanan.

Kesulitan Chile—yang sebenarnya unggul kualitas pemain di lini tengah dan depan—untuk menembus gawang Uruguay semakin disebabkan juga oleh ketiadaan penembak jarak jauh yang sebenarnya dapat menjadi alternatif untuk membongkar pertahanan ketat Uruguay.

Setelah sejumlah peluang hilang percuma, Chile akhirnya bisa memanfaatkan keunggulan jumlah pemain setelah striker Uruguay mendapatkan kartu kuning kedua pada menit ke-63 sehingga harus meninggalkan lapangan permainan.

Setelah gol Isla, Chile meneruskan tekanan dan Uruguay kehilangan daya dobrak dengan hanya mengandalkan Abel Hernandez setelah Cavani keluar.

Kesulitan Uruguay untuk mencetak gol balasan bertambah setelah bek Jorge Fucile juga kena kartu kuning kedua setelah dianggap mengganjal pemain depan Chile Alexis Sanchez pada menit ke-88. Dari tayangan ulang televisi terlihat bahwa sebenarnya Fucile menyapu bola dan Alexis yang berlari kencang menabrak kaki Fucile.

Protes keras pun dilakukan oleh para pemain Uruguay termasuk pelatih Oscar Washington Tabarez terhadap keputusan wasit asal Brasil Sandro Ricci, bahkan mengundang kericuhan dengan pemain Chile, sehingga pertandingan sempat terhenti selama 7 menit.

Ketika pertandingan dilanjutkan, Chile sempat hampir mencetak gol tamabahn pada menit terakhir injury time ketika bidikan Arturo Vidal nyaris menjebol lagi gawang Uruguay, namun masih dapat ditepis kiper Muslera sehingga hanya menjadikan sepak pojok.

Di babak semifinal Chile akan bertemu dengan pemenang Bolivia versus Peru yang dijadwalkan bertanding pada Jumat WIB (26/6/2016) mulai pk. 06:30 dan juga akan disiarkan secara langsung oleh Kompas TV dan K-Vision.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper