Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sir Jim Ratcliffe Jadi Pemilik Baru Manchester United, Old Trafford Bakal Direnovasi

Sir Jim Ratcliffe menjadi pemilik baru Manchester United setelah mengakuisisi 25% saham klub. Dia bakal merenovasi Stadion Old Trafford.
Sir Jim Ratcliffe jadi pemilik baru Manchester United, Old Trafford bakal direnovasi/Mirror.co.uk
Sir Jim Ratcliffe jadi pemilik baru Manchester United, Old Trafford bakal direnovasi/Mirror.co.uk

Bisnis.com, JAKARTA - Sir Jim Ratcliffe menjadi pemilik baru Manchester United setelah mengakuisisi 25% saham klub. Kehadiran pemilik baru membuat Stadion Old Trafford bakal mendapat renovasi.

Sir Jim Ratcliffe resmi mengakuisisi 25% saham Manchester United dan menjadikannya salah satu pemilik klub Inggris tersebut.

Sir Jim Ratcliffe menyetujui kesepakatan senilai 1,3 miliar poundsterling atau sekitar Rp25,7 triliun dengan keluarga Glazer, pemilik saham mayoritas Manchester United.

Dengan demikian, Keluarga Glazer mengakui saham minoritas dengan syarat kendali operasional klub.

Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) dan Liga Premier Inggris meratifikasi kesepakatan tersebut pekan lalu dan transaksi tersebut kini telah diselesaikan.

"Menjadi salah satu pemilik Manchester United adalah suatu kehormatan besar dan disertai dengan tanggung jawab besar," kata Sir Jim Ratcliffe dikutip dari The Guardian pada Rabu (21/2/2024).

Sir Jim Ratcliffe rencananya akan menyuntikkan dana sekitar 158,47 juta poundsterling untuk membuat kepemilikan sahamnya di Manchester United jadi 27,7%.

Setelah itu, rencananya pada 31 Desember Ratcliffe sudah menguasai 28,9% saham Manchester United dengan tambahan investasi sekitar 79,2 juta poundsterling.

"Ini menandai selesainya transaksi, tetapi hanyalah awal dari perjalanan kami untuk membawa Manchester United kembali ke puncak sepak bola Inggris, Eropa, dan dunia, dengan fasilitas kelas dunia untuk para penggemar kami. Upaya untuk mencapai tujuan tersebut akan dipercepat mulai hari ini," tutur Ratcliffe.

Tak hanya menggelontorkan dana 1,3 miliar poundsterling untuk membeli saham Manchester United, Sir Jim Ratcliffe juga berinvestasi sebesar US$100 juta atau sekitar Rp1,5 triliun untuk renovasi Stadion Old Trafford.

Ratcliffe merupakan pemilik INEOS yang merupakan perusahaan bergerak di bidang kimia. Dia mengaku telah menjadi fans Manchester United sejak kecil.

Selain Manchester United, Ratcliffe memiliki sejumlah klub olahraga, seperti tim F1 AMG-Mercedes, klub Liga Prancis Nice, dan klub Liga Swiss Lausanne Sport.

Joel Glazer, salah satu ketua eksekutif Manchester United, menyambut kedatangan Ratcliffe sebagai salah satu pemilik klub Setan Merah.

"Saya ingin menyambut Sir Jim sebagai salah satu pemilik dan berharap dapat bekerja sama dengannya serta INEOS Sport untuk mewujudkan masa depan cerah bagi Manchester United," ujar Joel.

Ratcliffe dan Sir Dave Brailsford, direktur divisi olahraga INEOS telah berupaya merombak operasional sepak bola United.

Mereka telah mendatangkan Omar Berrada dari Manchester City sebagai kepala eksekutif dan dilaporkan akan mempekerjakan Dan Ashworth sebagai direktur olahraga yang digaet dari Newcastle United.

Manajer Manchester United Erik ten Hag mengaku bahwa dia “sangat selaras” dengan Ratcliffe, tetapi nasibnya belum aman mengingat posisi Manchester United saat ini di Liga Inggris masih di luar 4 besar.

Setan Merah saat ini berada di urutan keenam, tertinggal 5 poin dari Aston Villa yang berada di posisi keempat.

Pertandingan pertama United di bawah kepemilikan baru Sir Jim Ratcliffe adalah melawan Fulham di Stadion Old Trafford pada Sabtu (24/2/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper