Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Rekap Final Hylo Open 2023: Relis dan Prifad Jadi Runner Up, Apriyani Cedera Betis

Hasil rekap final Hylo Open 2023, Indonesia harus puas dengan dua runner up di nomor ganda campuran dan ganda putri dii Saarlandhalle.
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Hasil Rekap Final Hylo Open 2023: Relis dan Prifad Jadi Runner Up, Apriyani Cedera Betis / PBSI
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati. Hasil Rekap Final Hylo Open 2023: Relis dan Prifad Jadi Runner Up, Apriyani Cedera Betis / PBSI

Bisnis.com, JAKARTA - Hasil rekap final Hylo Open 2023, Indonesia harus puas dengan dua runner up di nomor ganda campuran dan ganda putri dii Saarlandhalle, Minggu hingga Senin dini hari (5-6/11/2023).

Gelar runner up pertama diraih di nomor ganda campuran lewat Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yanf harus mengakui keunggulan wakil Hong Kong Tang Chun Man/Tse Ying Suet melalui rubber game sengit di babak final dengan skor 21-15, 15-21, 14-21.

"Ya, bersyukur sejauh ini bisa tampil ke final setelah pada turnamen-turnamen sebelumnya kami belum berhasil. Kami juga pasti merasa kecewa karena kami belum pecah telur di tahun ini," kata Lisa, dikutip dari keterangan singkat PBSI.

Lebih lanjut, Lisa dan Rehan yang turun sebagai unggulan ketujuh tersebut mengatakan strategi mereka di gim pertama terbukti efektif dalam menghasilkan poin demi poin.

Keduanya memilih strategi untuk terus menyerang pada gim pembuka, namun, di gim kedua, Tang/Tse dapat mengendalikan diri dengan baik, sehingga tekanan berbalik untuk pasangan Indonesia.

"Sayang di gim kedua, permainan kami banyak salah dan membuat jadi kurang percaya diri lagi. Setelah banyak mati dan kehilangan poin, kami malah jadi kurang percaya lagi dan juga kehilangan fokus. Di gim ketiga, kami bermain terlalu terburu-buru. Selain itu, lawan juga mengubah pola," jelas Lisa.

"Tadi strateginya di gim pertama sudah benar. Kami lebih menekan. Sayang untuk di gim kedua dan ketiga, lawan mulai mengubah pola. Lawan jadi lebih berani bermain dengan mengadu permainan depan. Sementara kami bermain terburu-buru, terutama di gim ketiga saat mulai mengejar poin lawan," imbuh Rehan.

Meski belum berhasil keluar sebagai juara, Rehan/Lisa menilai pencapaian mereka kali ini dapat menumbuhkan rasa percaya diri, mengingat ini adalah pertama kali mereka kembali masuk ke babak final setelah sekian lama.

"Pastinya hasil bisa ke final ini membuat rasa percaya diri kami naik lagi ya. Apalagi di beberapa turnamen sebelumnya hasilnya kurang bagus. Alhamdulillah di Hylo Open kami bisa naik podium lagi dan ke depan harus tambah yakin lagi. Selain itu, kami juga ingin membuktikan bahwa kami bisa," ujar Rehan.

Hasil Final Hylo Open 2023: Apriyani Cedera Betis

Pebulu tangkis ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu terpaksa menyabet titel runner up dari ajang Hylo Open 2023 bersama Siti Fadia Silva Ramadhanti, akibat cedera betis kaki kanan yang membuat mereka harus mundur di tengah pertandingan, Minggu waktu Saarbrucken, Jerman.

Menurut Kepala Pelatih Ganda Putri Pelatnas PBSI Eng Hian, cedera tersebut terjadi  di awal set kedua, memaksa Apri/Fadia untuk menyerah saat menghadapi pasangan Zhang Shu Xian/Zheng Yu asal China.

"Apriyani memutuskan mundur di babak final Hylo Open 2023 karena mengalami cedera betis kanan. Cedera ini memang tiba-tiba, tidak dirasakan sebelumnya," tutur Eng Hian melalui pesan resmi PP PBSI di Jakarta, Senin.

Hasil tersebut tentu menjadi kekecewaan bagi duo Indonesia, mengingat mereka sudah lebih dulu menguasai keunggulan pada gim pertama dengan skor 21-18.

Namun baru saja memulai gim kedua, dengan kedudukan skor imbang 1-1, tiba-tiba saja hal yang tak diharapkan menimpa Apriyani saat mengembalikan bola dari pemain China, dia menabrak tiang net sisi kanan yang menyebabkan terjadi cidera. 

Menurut informasi yang disampaikan pelatih yang akrab disapa Koh Didi tersebut, cedera tersebut membuat anak asuhnya tersebut tak bisa melanjutkan permainan.

Eng Hian pun tak mau mengambil risiko dengan memaksa Apri/Fadia untuk terus bermain, khawatir cedera tersebut akan memperparah kondisi kakinya.

"Apriyani memilih mengundurkan diri karena dia sudah tidak kuat menahan rasa sakit. Saya pun tidak mau memaksakan Apriyani untuk terus bertanding yang membuat cederanya malah bisa bertambah parah," Eng Hian menjelaskan.

Eng Hian memastikan Apriyani mendapatkan penanganan medis secara maksimal setibanya di Indonesia. Ia berharap pebulu tangkis peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020 saat masih berpasangan dengan Greysia Polii itu bisa kembali bertanding secepatnya.

"Setiba di Tanah Air, Apriyani akan segera mendapatkan penanganan medis terbaik agar bisa segera sembuh dan siap bertanding lagi," pungkas Eng Hian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper