Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Nusantara United, Klub Liga 2 yang Dipimpin Putra Ahmad Dhani El Rumi

Berikut profil Nusantara United FC, klub Liga 2 yang dipimpin oleh putra Ahmad Dhani, El Rumi.
Profil Nusantara United FC, klub Liga 2 yang dipimpin anak Ahmad Dhani, El Rumi/Antara.
Profil Nusantara United FC, klub Liga 2 yang dipimpin anak Ahmad Dhani, El Rumi/Antara.

Bisnis.com, SOLO - Selebritas Indonesia Ahmad Jalaluddin Rumi atau akrab disapa El Rumi resmi dilantik menjadi Presiden klub Liga 2 Indonesia Nusantara United FC (NUFC).

Pelantikan El Rumi sebagai Presiden Nusantara United FC digelar di Jakarta, Selasa (16/8/2023).

Pertama kali memimpin klub sepak bola, El Rumi langsung memasang target lolos ke Liga 1 musim depan, alias 2024-2025.

"Targetnya pasti kita ingin lolos ke Liga 1. Ingin juara tapi kalau enggak juara, minimal naik ke Liga 1," kata El Rumi pada acara pelucuran NUFC di Jakarta.

Putra dari pentolan grup band Dewa 19 Ahmad Dhani itu memaparkan strateginya sebagai petinggi di NUFC untuk promosi ke Liga 1.

Salah satu strategi yang ia terapkan adalah membeli pemain secara tepat dan tidak jorjoran.

El mengaku mempelajari hal ini dari Todd Boehly, petinggi klub idolanya yaitu Chelsea FC di Liga Inggris.

"Untuk jorjoran enggak ya. Dengan kita sudah mengontrak pemain dari Jepang [Yusaku Yamadera] itu sebuah komitmen kita untuk memberikan sepak bola terbaik," kata El Rumi.

Setelah terjun ke dunia sepak bola, Rumi siap menjalani tantangan dan perjalanan yang panjang membawa sebuah klub mengarungi musim kompetisi.

"Awalnya ditunjuk jadi presiden klub karena memang punya ketertarikan di dunia sepak bola. Ini merupakan sebuah tantangan baru bagi saya. Menurut saya cukup seru jadi saya tidak berpikir panjang mengiyakan," ucap dia.

Sementara itu, Komisaris Utama NUFC Gamma Abdurrahman Thohir mengatakan penunjukan adik dari Al Ghazali sebagai presiden klub adalah karena ia melihat karakter yang bersemangat dan mencintai sepak bola dan dapat mempresentasikan klub masa kini.

"Masih muda dan dia memang secara pribadi suka sepak bola, menurut saya cocoklah. Dia mengikuti sepak bola, jadi memang perlu masukan dia juga di manajemen seperti pemilihan pemain, apa yang harus kita lakukan sebagai klub Gen Z. Representasi anak muda di sepak bola," kata Gamma Thohir.

Gamma mengatakan rata-rata pemain NUFC berusia 24 tahun karena klubnya memiliki misi mengikuti jejak Leicester City saat menjuarai Liga Inggris 2015-2016 yang memunculkan bintang-bintang baru seperti N’Golo Kante, Riyad Mahrez, dan Jamie Vardy.

"Saya berani menurunkan pemain muda ini karena saya percaya. Tidak harus ada nama pemain besar di klub. Contohnya seperti Leicester City pas juara Premier League. Sebelumnya Kante dan kawan-kawan belum ternama. Tapi setelah juara baru ternama, jadi yang kita coba cetak bintang sepak bola Indonesia ke depan," ucap Gamma.

NUFC adalah klub yang berdiri pada 27 Juni 2021 dengan nama awal Mataram Utama FC. Mataram Utama berkompetisi pada Liga 3 2021 dan kemudian promosi ke Liga 2.

Pada 30 Mei 2022 Mataram Utama berganti nama menjadi Nusantara United FC. Lebih lanjut, klub tersebut akan mewakili Ibu Kota Nusantara (IKN).

Selama kompetisi Liga 2 2023-2024 akan berkandang di Stadion Kebo Giro, Boyolali, Jawa Tengah.

Dari jajaran pemain, skuad Nusantara United FC juga dihuni banyak nama-nama yang cukup akrab di telinga pecinta sepak bola Indonesia.

Misalnya, Komang Tri Arta, Mahdi Albaar, dan Braif Fatari yang merupakan jebolan timnas U-19 Indonesia.

Kemudian ada sosok Rasiman, eks pelatih Madura United, yang akan menjadi nakhoda Nusantara United musim depan.

Berikut daftar pemain dan pelatih Nusantara United FC:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman
  1. 1
  2. 2
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper