Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pembalap Senior F1 Daniel Ricciardo Resmi Comeback Bareng AlphaTauri

Pembalap kawakan Formula 1 (F1) Daniel Ricciardo dipastikan kembali ke grid F1 bersama tim Scuderia AlphaTauri sampai sisa musim 2023 berakhir.
Daniel Ricciardo comeback ke F1 bersama tim AlphaTauri/Instagram AlphaTauri.
Daniel Ricciardo comeback ke F1 bersama tim AlphaTauri/Instagram AlphaTauri.

Bisnis.com, JAKARTA - Pembalap kawakan Formula 1 (F1) Daniel Ricciardo dipastikan kembali ke grid F1 bersama tim Scuderia AlphaTauri sampai sisa musim 2023 berakhir.

Berdasarkan pengumuman resmi dari tim Scuderia AlphaTauri, Daniel Ricciardo akan menggantikan Nyck de Vries mulai seri GP Hungaria di Sirkuit Hungaroring pada 23 Juli mendatang.

Kepala Tim Scuderia AlphaTauri Franz Tost menjelaskan bahwa Daniel akan mendapat kursi di timnya dengan status pinjaman, sebab saat ini Daniel merupakan pembalap penguji tim Red Bull Racing.

"Tidak ada keraguan tentang keterampilan mengemudinya dan Daniel sudah mengenal banyak orang di tim ini. Jadi beradaptasi ke dalam tim akan lebih mudah dan cepat buatnya," ujar Franz Tost, dikutip dari laman resmi Scuderia AlphaTauri, Selasa (11/7/2023).

Sebagai tambahan informasi, Scuderia AlphaTauri atau sebelumnya bernama Scuderia Toro Rosso, merupakan bagian dari jaringan Red Bull Racing yang dipercaya menjadi wadah pembalap muda berbakat lulusan Akademi Red Bull.

Daniel pun punya sejarah manis sebagai pembalap muda di Toro Rosso, sebelum akhirnya moncer bersama tim utama Red Bull dan sempat dua kali menempati peringkat ketiga klasemen pembalap, tepatnya pada 2014 dan 2016.

Pada prinsipnya, Daniel merupakan salah satu pembalap Red Bull yang terbilang berhasil mendulang banyak trofi, serta menjadi favorit di kalangan penggemar karena sifatnya yang humoris.

Sayangnya, sejak kehadiran bintang muda Red Bull, Max Verstappen, Daniel merasa tersisihkan hingga akhirnya harus hijrah ke tim Renault pada musim 2019 dan 2020, serta tim McLaren pada 2021 dan 2022.

Sejak debut di F1, Daniel tercatat telah mendapat 8 kali kemenangan. Sebanyak 7 kali diraihnya kala berseragam Red Bull, serta sekali saat membela McLaren.

Adapun, koleksi podium Daniel telah tembus 32 kali. Terbagi bersama Red Bull mencapai 29 kali, dua kali bersama Renault, dan sekali bersama McLaren.

"Tim akan mendapat banyak manfaat dari pengalamannya, karena telah memenangkan Grand Prix Formula 1 sebanyak delapan kali. Saya juga ingin berterima kasih kepada Nyck atas masukannya yang tak ternilai selama waktunya bersama Scuderia AlphaTauri dan mendoakan yang terbaik untuknya di masa depan," tambahnya.

Sementara itu, Daniel dalam keterangannya mengaku senang bisa comeback menduduki kursi F1 bersama keluarga Red Bull yang notabene punya banyak jasa untuk kariernya.

Alhasil, pria berusia 34 tahun ini akan menjadi tandem pembalap utama AlphaTauri, Yuki Tsunoda, sepanjang sisa 11 seri balapan F1 sampai akhir musim nanti.

Sebagai pengingat, Daniel kehilangan kursinya di McLaren pada akhir tahun lalu karena kontraknya tak diperpanjang.

Penampilannya yang kurang memuaskan disebut-sebut akibat faktor ketidakcocokan gaya mengemudinya dengan karakter mobil McLaren.

Pada akhirnya, McLaren lebih memilih pembalap muda Oscar Piastri yang sebelumnya merupakan jawara ajang F2.

Daniel pun harus rela turun kasta sebagai pembalap penguji sekaligus pembalap cadangan tim Red Bull sejak awal musim 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Aziz Rahardyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper