Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cerita Mudik Atlet PBSI Sebelum Terbang ke Dubai Jelang BAC 2023

Merayakan hari Idul Fitri bersama keluarga dan orang-orang terdekat adalah keinginan setiap orang. Tidak terkecuali para atlet bulu tangkis Indonesia.
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di All England 2023/pbsi.id
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di All England 2023/pbsi.id

Bisnis.com, JAKARTA – Merayakan hari Idulfitri bersama keluarga dan orang-orang terdekat adalah keinginan setiap orang. Tidak terkecuali para atlet bulu tangkis Indonesia.

Di tengah persiapan dan keberangkatan menuju turnamen Badminton Asia Championships (BAC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, beberapa atlet bulu tangkis ada yang menyempatkan mudik ke kampung halaman untuk merayakan lebaran Idulfitri bersama keluarga.

Salah satunya adalah atlet ganda putri Amalia Cahaya Pratiwi yang mudik ke Solo, Jawa Tengah, walau dengan waktu yang terbatas.

Tiwi, panggilan akrabnya, mengaku sangat rindu pulang ke Solo usai tiga tahun tidak bisa lebaran bersama keluarga.

"Rasanya senang banget dan terharu. Padahal sebenarnya tidak ada banyak waktu tapi bisa menyempatkan diri untuk berlebaran bersama keluarga di rumah," ujar Amalia Cahata Pratiwi dalam rilis PBSI, Minggu (23/4/2023).

Tiwi bercerita bahwa dirinya sempat pasrah ketika proses pencarian tiket pesawat yang mengalami kendala karena jadwal yang dia inginkan sudah tidak tersedia.

"Sebenarnya ini tidak direncanakan jauh-jauh hari. Saya izin ke pelatih hari Kamis (20/4) pagi dan ternyata diizinkan. Dari situ saya mencari tiket untuk pulang hari Jumat (21/4) sore karena kami di ganda putri masih latihan di Jumat pagi," tutur Tiwi.

Namun, dia melanjutkan, saat Kamis itu dirinya juga tidak menemukan tiket yang diinginkan, begitu juga ketika dia cek pada Jumat (21/4/2023) pagi saat bangun tidur.

"Saya sempat pasrah dan berpikir mungkin memang takdirnya belum dibolehkan pulang. Namun, entah kenapa sesaat sebelum latihan di Jumat pagi itu, saya cek kembali aplikasi pemesanan tiket dan tiba-tiba Alhamdulillah jadwalnya muncul," ungkapnya.

Tidak berbeda dengan Tiwi, pemain ganda putra Fajar Alfian juga menyempatkan mudik ke Bandung, Jawa Barat, pada Lebaran Idulfitri 1444 Hijriah.

Selain silaturahmi dan meminta doa restu kepada orang tua, jarak Jakarta Bandung yang tidak terlalu jauh menjadi alasan Fajar saat memutuskan untuk mudik.

"Saya memang menyempatkan diri untuk pulang ke Bandung, merayakan Idulfitri di rumah bersama orang tua dan keluarga. Jarak Jakarta-Bandung kan tidak terlalu jauh dan saya mendapat libur dua hari kemarin, Jumat dan Sabtu," tutur Fajar.

Dia melanjutkan bahwa pada tahun sebelumnya dirinya tidak berlebaran bersama keluarga karena sedang pertandingan di Filipina.

"Jadi senang bisa berkumpul sekaligus meminta doa restu untuk pertandingan di BAC ini. Semoga ini menjadi tambahan motivasi untuk meraih hasil yang maksimal," ucap Fajar.

Berbeda dengan tandemnya, Muhammad Rian Ardianto, yang memilih untuk berlebaran di Jakarta. Rian tidak pulang ke kampung halamannya di Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Pastinya sedih tidak bisa merayakan hari Idulfitri bersama keluarga tapi ini sudah menjadi risiko pekerjaan yang harus dijalani. Setelah Spain Masters kemarin saya sempat pulang ke rumah, ada waktu lima hari libur dan berpuasa di sana. Ini bisa dibilang menjadi pengganti, setidaknya tetap ada momen Ramadan bersama keluarga," ungkap Rian.

Rian mengatakan walau tidak berjumpa langsung, fitur video call menjadi opsi untuk membuat momen Idulfitri tetap terasa hangat.

"Tadi setelah shalat Ied, saya pergi ke rumah saudara di Jakarta lalu video call dengan orang tua di Jogja. Mereka berpesan untuk tetap jaga kondisi dan semoga bisa main maksimal di pertandingan nanti," imbuh Rian.

Saat berita ini diturunkan, tim bulu tangkis Indonesia baru saja mendarat di bandara internasional Dubai. Setelah ini para pemain akan beristirahat di hotel sebelum menjalani latihan di sore harinya.

Turnamen Badminton Asia Championships 2023 rencananya akan bergulir pada 25-30 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Akbar Evandio
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper