Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil Stadion Indoor GBK, Gelanggang Tertutup Terbesar di Indonesia

Sempat dinamakan Indonesia Arena, stadion tertutup lima lantai itu dibangun di bekas landasan helikopter di kawasan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan
Profil Stadion Indoor GBK, Gelanggang Tertutup Terbesar di Indonesia
Profil Stadion Indoor GBK, Gelanggang Tertutup Terbesar di Indonesia

Bisnis.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo didampingi Menteri BUMN, Erick Thohir mendatangi seremoni penutupan atap (topping off) stadion Indoor Multifunction Stadium (IMS) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Jumat sore (13/1/2023).

Dalam laporan kepada Presiden Jokowi, Erick Thohir menyampaikan, stadion indoor multifungsi di GBK itu adalah gelanggang tertutup terbesar di Indonesia.

Sempat dinamakan Indonesia Arena, stadion tertutup lima lantai itu dibangun di bekas landasan helikopter di kawasan Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat. Arealnya seluas 31.826 meter persegi dan tapak bangunan 21.304 m2.

Sebagai informasi, stadion tertutup multifungsi itu dibangun setelah Indonesia ditetapkan sebagai tuan rumah kejuaraan basket dunia (FIBA) bersama Jepang dan Filipina. Piala Dunia basket itu akan dihelat pada 25 Agustus - 10 September 2023.

FIBA mensyaratkan negara yang terpilih sebagai tuan rumah harus memiliki venue berkapasitas minimal 8.000 orang. Sementara Indonesia sebelumnya hanya punya Istora Gelora Bung Karno berkapasitas 7.500 orang.

'Ini akan dipergunakan oleh Menpora pada bulan Juni 2023 untuk kejuaraan bola basket dunia," kata Erick yang mendirikan klub basket Satria Muda.

Stadion Indoor GBK dibangun dengan sistem green building atau teknologi hijau yang ramah lingkungan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Kecanggihan lain yang dimiliki Stadion Indoor GBK mempunyai sejumlah fasilitas dan kecanggihan yang patut dicoba saat sudah selesai.

Adapun sejumlah fasilitas yang dimiliki Stadion Indoor GBK adalah lapangan latihan, changing room, tribun, royal box, sistem pencahayaan, akustik, sound sistem, visual sistem, tiketing, sistem proteksi kebakaran, sistem transportasi dalam gedung, serta pemenuhan kriteria bangunan gedung hijau.

Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono mengatakan, IMS merupakan gedung dengan konsep multifungsi sehingga dapat digunakan untuk kegiatan olahraga maupun konser. 

"Teknologinya teleskopik tribun. Lokasinya di tengah kota dengan penghijauan yang lebat dan parkir luas, sehingga sudah tepat konsepnya multifungsi, dan selanjutnya harap diperhatikan aspek pemeliharaannya," kata Basuki, dikutip Rabu (11/1/2023). 

IMS berlokasi di Blok 10 Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan di Jakarta dengan lahan seluas 30.270 meter persegi milik Kementerian Sekretariat Negara dibawah pengelolaan PPK-GBK. Bangunannya sendiri seluas 50.398 metet persegi dan mampu menampung kapasitas penonton sebanyak 16.523 orang. 

Pada 19 Februari 2020, dalam rapat kabinet terbatas, Presiden Joko Widodo menugaskan sejumlah menterinya membangun venue baru. Mereka yang mendapat tugas itu adalah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, serta Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Dibangun oleh Kementerian PUPR mulai April 2021, stadion indoor GBK akan diselesaikan pada Juni 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper