Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

FIFA Rilis Video Penjelasan Mengapa Gol Kedua Jepang vs Spanyol Disahkan

FIFA membuat penjelasan terhadap gol kedua Jepang ke gawang Spanyol dalam lanjutan Piala Dunia 2022. Dalam video tersebut bola belum meninggalkan lapangan.
Timnas Jepang di Piala Dunia 2022/FIFA
Timnas Jepang di Piala Dunia 2022/FIFA

Bisnis.com, JAKARTA - FIFA membuat penjelasan terhadap gol kedua Jepang ke gawang Spanyol dalam lanjutan Piala Dunia 2022. Dalam video tersebut terlihat bola belum meninggalkan lapangan.

Laga timnas Jepang vs Spanyol pada partai terakhir Grup E Piala Dunia 2022 menuai kontroversi, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Gol kedua Jepang yang dicetak Ao Tanaka pada menit ke-51 dinilai tidak sah. Sebelum bola dicocor Tanaka, bola lebih dulu terlihat meninggalkan garis lapangan.

Setelah melalui proses pengecekan dan berdiskusi dengan petugas VAR, wasit Victor Gomez akhirnya mengesahkan gol tersebut.

Banyak pihak yang bertanya-tanya tentang keputusan tersebut. Sebab dalam tayangan ulang, kamera merekam bola telah bergulir melewati garis gawang sebelum ditendang Kaoru Mitoma.

Untuk meredam keraguan publik, FIFA merilis video penjelasan terkait gol tersebut.

"Gol kedua Jepang dalam kemenangan 2-1 atas Spanyol sudah dicek melalui VAR untuk mengetahui apakah bola sudah meninggalkan lapangan. Wasit VAR menggunakan gambar dari kamera di garis gawang untuk mengetahui apakah sebagian bola masih berada di garis atau tidak," bunyi pernyataan FIFA.

Dalam video yang diunggah FIFA, tampak bola belum sepenuhnya meninggalkan lapangan. Artinya, gol tersebut masih sah.

"Dari kamera lain mungkin akan menghasilkan gambar yang keliru. Tapi berdasarkan bukti yang ada, semua bagian bola belum keluar lapangan," tulis FIFA.

Dalam peraturan FIFA memang menyatakan bahwa bola dinyatakan keluar permainan apabila seluruh bagiannya telah melewati garis.

Artinya, jika ada sebagian kecil saja dari bola yang menyentuh garis, bola masih dinyatakan hidup atau bisa dimainkan.

Berikut video penjelasan dari FIFA:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper