Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Emilia Nova Jadi Atlet Perempuan Pertama yang Bawa Bendera Indonesia di Sea Games

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Ferry J Kono, mengumumkan bahwa Emilia Nova, bakal membawa bendera Indonesia di upacara pembukaan Sea Games 2021.
Pelari gawang putri Indonesia Emilia Nova/Antara-M. Agung Rajasa
Pelari gawang putri Indonesia Emilia Nova/Antara-M. Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia di Sea Games 2021, Ferry J Kono, mengumumkan bahwa atlet lari gawang, Emilia Nova, bakal membawa bendera Indonesia di upacara pembukaan Sea Games 2021.

Emilia Nova, atlet lari gawang, terpilih menjadi pembawa bendera Merah Putih untuk Kontingen Indonesia dalam upacara pembukaan SEA Games 2021 Vietnam.

Rencananya, upcacara pembukaan Sea Games 2021 di Vietnam akan dilaksanakan pada 12 Mei mendatang.

Pemilihan Emilia Nova sebagai pembawa bendera sekaligus menandai kali pertama atlet perempuan ditunjuk menjadi pembawa bendera Merah Putih di Sea Games.

Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia untuk SEA Games 2021, Ferry J Kono, menjelaskan alasan pemilihan Emilia Nova sebagai pembawa bendera didasarkan pada beberapa hal.

Salah satunya adalah menilik rekam jejak Emilia Nova dalam turnamen multicabang dua tahunan itu. Terlebih, Sea Games tahun ini bakal menjadi ajang internasional perdana Emilia setelah pulih dari cedera.

"Kami memilih Emilia menjadi pembawa bendera Kontingen Indonesia. Ia berprestasi, dan terpenting adalah kami ingin membuktikan kami sangat peduli dan mengedepankan kesetaraan gender. Kami memposisikan atlet putra dan putri memiliki hak dan kesempatan yang setara," kata Ferry dalam keterangan pers.

Emilia memang memiliki prestasi cukup apik dalam keikutsertaanya pada multievent. Ia pernah meraih medali perak pada Sea Games 2017 Kuala Lumpur, perak Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, serta medali emas di Sea Games 2019 Filipina.

Ferry menuturkan bahwa Panitia penyelenggara Sea Games Vietnam (VIESGOC) sudah merilis aturan parade defile.

Setiap negara dibatasi hanya boleh membawa 31 partisipan, terdiri atas CdM, pembawa bendera, atlet, pelatih, dan ofisial.

"Tidak semua kontingen ikut defile, sehingga kami memprioritaskan parade defile diikuti cabor yang bertanding setidaknya pada 14 April untuk menjaga kondisi tubuh atlet-atlet kami sehingga tidak kelelahan saat mereka harus bertanding," jelas dia.

Sementara itu, Emil mengaku bangga bisa mendapat kepercayaan menjadi pembawa bendera di Sea Games 2021.

"Tentu ini kebanggaan untuk saya. Apalagi setelah saya baru pulih dari cedera, ibaratnya ajang ini menjadi comeback saya," ujar Emilia Nova.

"Semoga dengan terpilihnya saya juga bisa memberikan semangat sehingga saya bisa memberikan prestasi lebih baik lagi untuk Indonesia," ucap atlet 26 tahun itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper