Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Profil Timnas Jerman, Pemain Kunci, Prestasi, Pelatih, dan Peluang Juara Der Panzer

Gelaran Piala Dunia akan berlangsung kembali pada tahun 2022, dan Qatar akan menjadi tuan rumah sejak tanggal 21 November – 18 Desember 2022.
Andhika Anggoro Wening
Andhika Anggoro Wening - Bisnis.com 26 April 2022  |  21:22 WIB
Timnas Jerman ketika tampil di Euro 2020. - UEFA.com
Timnas Jerman ketika tampil di Euro 2020. - UEFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Gelaran Piala Dunia akan berlangsung kembali pada tahun 2022, dan Qatar akan menjadi tuan rumah sejak tanggal 21 November – 18 Desember 2022.

Pada pagelaran tahun ini, tercatat sudah ada 29 negara yang memastikan diri mereka bermain di Qatar 2022, salah satunya tim kuat asal Eropa, Jerman.

Jerman datang ke babak puncak Piala Dunia 2022 setelah berhasil menempati peringkat pertama grup J di babak kualifikasi Piala Dunia zona Eropa diatas Makedonia Utara, Rumania, Armenia, Islandia, dan Liechtensen.

Pada pegelaran Piala Dunia Qatar, Der Panzer akan tergabung di grup E bersama Spanyol, Jepang, dan satu slot tersisa diperebutkan oleh Kosta Rika atau Selandia Baru. Berikut profil Tim Nasional Jerman di Piala Dunia Qatar 2022.

1. Prestasi Timnas Jerman

Pada pagelaran Piala Dunia, Jerman pernah dua kali tidak berpartisipasi pada pagelaran Piala Dunia, yaitu pada tahun 1930 dan 1950. Akan tetapi, catatan tersebut dapat diimbangi dengan prestasi yang mereka dapatkan. Tercatat, Der Panzer berhasil memenangkan Piala Dunia sebanyak empat kali, yaitu di tahun 1954, 1974, 1990 dan 2014.

 2. Pemain Kunci Jerman

Bisa dibilang, Jerman merupakan negara yang memiliki segudang pemain top yang berkiprah diseluruh dunia, khususnya di Eropa. Nama-nama seperti Franz Beckenbauer, Bastian Schweinsteiger, Miroslav Klose, dan Gerd Mueller menjadi legenda yang tak pernah dilupakan oleh fans Jerman

Pada pegalaran Piala Dunia tahun ini, Jerman membawa beberapa pemain terbaiknya untuk berlaga di Qatar 2022. Beberapa pemain adalah pemain kunci yang akan menjadi tumpuan Der Panzer di turnamen kali ini.

Di posisi kiper, nama Manuel Neuer masih menjadi menjadi pilihan utama untuk menjaga gawang Der Panzer dari serangan musuh mereka. Selain Neuer, ada nama Bernd Leno yang memiliki kapasitas tidak kalah baik dengan Neuer dibawah mistar gawang.

Lalu, di posisi pemain bertahan, terdapat nama seperti Antonio Rudiger, Thilo Kehler, dan Christian Gunter. Pada posisi gelandang, nama seperti Leon Goretzka, Ikay Gundogan, Lorey Sane, Marco Reus, dan Julian Draxler akan menjadi tumpuan di lini serang Jerman.

Dan yang terakhir, di posisi striker, sepertinya Jerman akan memaksimalkan peran Timo Werner dan Kai Harvertz. Atau bisa menggunakan penyerangn false nine seperti Thomas Muller.

3. Pelatih Jerman

Pada Piala Dunia tahun ini, Jerman mempercayakan pengaturan taktik dan juga permainan mereke ke mantan pelatih Bayern Munchen, Hans Flick. Setelah di asuh begitu lama oleh Joachim Low, akhirnya Jerman berani tampil beda dan menunjuk Flick untuk pagelaran Piala Dunia 2022.

4. Taktik dan Strategi Jerman

Melihat dari beberapa pertandingan Jerman di fase kualifikasi Piala Dunia, Jerman akan menggunakan skema formasi 4-2-3-1 dengan menaruh striker utama di depan atau bisa juga dengan false nine dan menggunakan para pemain sayap untuk mendobrak pertahanan musuh.

5. Peluang Jerman Juara di Piala Dunia 2022

Pada pagelaran Piala Dunia 2022 ini, Jerman memiliki peluang yang bisa dikatakan sedikit sulit. Apalagi tergabung dengan Spanyol, Jepang, dan Kosta Rika/Selandia Baru akan menjadi tantangan bagi Jerman untuk pergi lebih jauh di pagelaran Piala Dunia tahun 2022.

Piala Dunia 2022 sendiri akan diadakan di Qatar setelah mengalahkan Amerika Serikat, Australia, Jepang dan Korea Selatan dalam sesi pemungutan suara yang dilakukan sejak tahun 2009.

Namun, pada pagelaran tahun ini ada sedikit perubahan jadwal. Biasanya, Piala Dunia diadakan pada pertengahan tahun atau saat musim panas, akan tetapii kali ini akan dilaksanakan pada akhir tahun atau ketika memasuki musim dingin.

Piala Dunia 2022 Qatar akan dijadwalkan selama 28 hari, dimulai dari tanggal 21 November sampai 18 Desember 2022. Pertandingan Final  diselenggarakan pada tanggal 18 Desember akan bertepatan dengan perayaan Hari Nasional Qatar.

Lalu, apa saja yang sudah Qatar siapakan dan venue mana saja yang akan digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan Piala Dunia 2022. Berikut profil dari negara Qatar dan persiapannya jelang Piala Dunia 2022.

Profil Qatar

Qatar merupakan negara yang berada di benua Asia yang memiliki luas wilayah sebesar 11.437 Km2. Qatar yang beribukota di Doha ini dijuluki sebagai negara kaya yang memiliki income perkapita sebesar US$ 140.649 pada tahun 2015.

Penduduk Qatar sendiri tercatat berjumlah 2.500.000 jiwa (tahun 2016) dan sekitar 80 persen dari jumlah penduduknya bermukim di Doha. Penduduk asli Warga Negara Qatar (Qatari) sekitar 350 ribu jiwa (15 persen) dan sisanya adalah Ekspatriat Asing (85 persen).

Lalu, jawaban dari mengapa Piala Dunia diadakan pada akhir tahun kerena di Qatar sendiri ketika musim panas berlangsung sekitar bulan Juni sampai September, rata rata suhu di sana berkisar 50°C. Maka dari itu dipilihnya akhir tahun, karena di Qatar dari bulan Oktober sampai Mei sudah memasuki musim dingin dan hujan, dengan rata rata suhu lebih terkontrol daripada musim panas.

Pada tahap persiapan sendiri, sejak memenangkan voting pada tahun 2010, Qatar sudah mulai bebenah dengan melakukan persiapan membangun dan merevitalisasi beberapa venue atau stadion yang akan digunakan untuk pegelaran Piala Dunia.

Namun, ketika persiapan itu berlangsung terdapat beberapa masalah yang tercium. Dari masalah tentang keuangan, hingga korupsi menjadi buah bibir. Sampai, beberapa perwakilan dari FIFA melakukan investigasi untuk menemukan kebenaran dari tudingan beredar.

Akan tetapi, dengan adanya tudingan seperti tersebut tidak membuat persiapan Qatar menjadi molor. Hingga saat ini persiapan di beberapa titik sudah selesai dan delapan stadion yang akan digunakan dalam pegelaran Piala Dunia 2022 sudah rampung.

Beikut Delapan Venue atau Stadion untuk Piala Dunia Qatar 2022:
1. Stadion Al Bayt
2. Stadion Al Janoub
3. Stadion Internasional Khalifa
4. Stadion Ahmed bin Ali
5. Stadion Education City
6. Stadion Al Thumama
7. Stadion 974
8. Stadion Lusail Iconic

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas jerman piala dunia 2022
Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top