Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Profil 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022, Ada Mirip Pesawat Star Wars

Profil 8 Stadion Piala Dunia Qatar 2022, Ada Mirip Pesawat Star Wars
Stadion Lusail/Youtube
Stadion Lusail/Youtube

Lima Stadion Lainnya

4. Stadion Ahmed bin Ali

Stadion yang memiliki kapasitas 44.740 penonton dibangun pada 2003 dan dibangun kembali pada 2016 untuk menyambut Piala Dunia 2022. Selain itu, Stadion Ahmad Bin Ali dibalut layar multimedia yang bersinar dan berubah warna.

5. Stadion Education City

Stadion yang berada di kota Al Rayyan ini memiliki kapasitas sebanyak 43.350 penonton. Diketahui, mulai dibangun pada tahun 2016 untuk menyambut Piala Dunia 2022 dan diresmikan pada tahun Februari 2020.

6. Stadion Al Thumama

Stadion Al Thumama dibilang memiliki bentuk seperti roti tart, atau ada juga yang menyebut mirip dengan peci (topi tenun khas timur tengah) memiliki kapasitas sekitar 40 ribu penonton.

Akan tetapi, ketika dilakukan pembangunan ulang untuk Piala Dunia, pemerintah Qatar menyebut ada pengurangan dari kapasitas di stadion yang sering disebut Gahfiya oleh masyarakat lokal.

7. Stadion 974

Stadion yang memiliki nama unik ini diambil dari dari kode panggilan internasional Qatar yakni +974. Bahkan, terdapat juga 974 kontainer pengiriman baja bekas untuk membangun stadion ini.

Venue yang memiliki kapasitas 40 ribu penonton ini adalah Stadion yang sudah ada di wilayah Qatar namun kembali ditata ulang atau direvalitasi untuk Piala Dunia Qatar 2022.

8. Stadion Lusail Iconic

Lusail Iconic merupakan stadion yang terbesar di Piala Dunia 2022 dengan kapasitas sebanyak 80 ribu penonton. Pembangunan stadion ini sendiri dimulai pada 11 April 2017 dan selesai April 2021, namun Stadion Iconic Lusail resmi dibuka pada 23 November 2021.

Menurut sumber Wikipedia, proses pengadaan konversi stadion dimulai pada tahun 2014. Stadion ini dibangun sebagai usaha patungan oleh HBK Contracting (HBK) dan China Railway Construction Corporation (CRCC).

Stadion ini dirancang oleh perusahaan Inggris Foster + Partners, dan Populous, didukung oleh MANICA Architecture. Stadion ini memiliki kapasitas 80.000 kursi. Stadion Lusail akan mempunyai pendingi menggunakan tenaga surya dan memiliki jejak karbon nol.

Stadion ini akan menjadi tuan rumah 10 pertandingan termasuk final Piala Dunia 2022.

Setelah Piala Dunia, diharapkan akan dikonfigurasi ulang menjadi stadion berkapasitas 40.000 kursi. Tempat duduk berlebih akan dihilangkan, dan bagian lain dari bangunan akan diubah menjadi ruang komunitas, toko-toko, kafe, fasilitas atletik dan pendidikan, serta klinik kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper