Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Tim-tim yang Bakal Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

FIFA telah menggelar undian pembagian grup putaran final Piala Dunia 2022 yang akan berlangsung pada akhir tahun di Qatar. Meski menjadi tuan rumah, peluang Qatar untuk lolos ke babak 16 besar sangatlah tipis.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 03 April 2022  |  04:37 WIB
Dua andalan barisan penyerang Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Jr. (kiri) dan Richarlison de Andrade. Brasil saat ini menempati peringkat paling atas di FIFA Ranking. - FIFA.com
Dua andalan barisan penyerang Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Jr. (kiri) dan Richarlison de Andrade. Brasil saat ini menempati peringkat paling atas di FIFA Ranking. - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Federatian Internationale de Football Association (FIFA) telah melakukan undian pembagian grup untuk putaran final Piala Dunia 2022 di Qatar yang dijadwalkan berlangsung pada 21 November hingga 18 Desember.

Juara bertahan Prancis masuk Grup D bersama Denmark, Tunisia, dan pemenang play-off antarbenua peringkat kelima kualifikasi Piala Dunia zona Konfederrasi Sepak Bola Amerika Selatan melawan peringkat kelima kualifikasi Piala Dunia zona Asia.

Posisi kelima zona Amerika Selatan (Conmebol) adalah Peru, sedangkan posisi kelima zona Asia (AFC) masih diperebutkan oleh Australia dan Uni Emirat Arab. Kedua tim nasional itu akan melakukan play-off pada 7 Juni di Qatar dan pemenangnya sepekan kemudian bertarung kontra Peru.

Mari kita coba telusuri setiap grup putaran final Piala Dunia 2022 untuk memprediksi dua tim teratas yang melaju ke babak 16 besar.

Di Grup A, tuan rumah Qatar akan bersaing dengan Belanda, Ekuador, dan Senegal. Menilik sejarah sepak bola kontestan di Grup A, Belanda dan Ekuador paling layak untuk lolos ke 16 besar. Belanda, tiga kali runner-up Piala Dunia edisi 1974, 1978, dan 2010, bahkan pantas menjadi juara grup.

Ekuador dan Senegal pantas untuk menjadi runner-up Grup A. Sadio Mane dan Keita Balde Diao di lini depan Senegal, yang membawa negaranya menjadi juara Piala Afrika untuk pertama kalinya pada Februari lalu, akan bersaing dengan duet tombak tajam Ekuador Enner Valencia dan Michael Estrada.

Senegal sudah tiga kali lolos ke putaran final Piala Dunia dengan prestasi terbaik sebagai perempat finalis edisi 2002, sedangkan Ekuador telah empat kali lolos ke putaran final dengan catatan terbaik 16 besar edisi 2006.

Di Grup B, juara Piala Dunia 1966 Inggris akan bertarung dengan Iran, Amerika Serikat, dan satu wakil Eropa yang masih diperebutkan antara Wales, Skotlandia, dan Ukraina. Pertandingan Skotlandia vs Ukraina belum digelar akibat perang di Ukraina. Pemenangnya jumpa Wales untuk berebut satu tiket.

Hanya keajaiban atau keanehan luar biasa yang bisa mengadang Inggris melaju ke 16 besar. Sementara itu, tak berlebihan apabila Amerika Serikat layak dijagokan bakal mendampingi Inggris ke babak play-off.

Selanjutnya, di Grup C bercokol Argentina dengan Lionel Messi-nya, Meksiko, Polandia, dan Arab saudi. Sangat wajar jika Argentina pada akhirnya lolos ke 16 besar. Sementara itu, peringkat kedua akan diperebutkan oleh Meksiko dan Polandia. Berbekal bomber tajam Robert Lewandowski, tak berlebihan jika Polandia pantas sedikit lebih diunggulkan daripada Meksiko untuk menjadi runner-up.

Untuk Grup D yang dihuni Prancis tak diragukan bakal melaju ke babak play-off 16 besar. Denmark pantas digadang-gadang akan mendampingi Prancis ke babak berikutnya dengan Tunisia atau Peru/Australia/Uni Emirat Arab cukup senang kalau bisa finis di posisi ketiga.

Di Grup E ada dua kekuatan raksasa Spanyol dan Jerman, selain Jepang. Satu kontestan lagi di grup ini akan diisi antara pemenang play-off juara kualifikasi zona Oseania Selandia Baru versus peringkat keempat zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf) Kosta Rika.

Memprediksi dua tim dari grup ini yang akan melaju ke 16 besar tentu sangat mudah: Spanyol dan Jerman. Kedua tim berebut posisi juara grup agar menemui lawan yang relatif lemah di 16 besar yaitu runner-up Grup F.

Empat tim yang berkompetisi di Grup F adalah Belgia, Kroasia, Maroko, dan Kanada. Sama halnya dengan Grup E, sangatlah mudah untuk menerka dua tim yang bakal melaju ke babak 16 besar dari grup ini yaitu Kroasia, runner-up Piala Dunia 4 tahun lalu, dan Belgia, tim dengan peringkat FIFA terbaik di Eropa saat ini dan nomor 2 di dunia setelah Brasil.

Selanjutnya di Grup G akan bertarung Brasil, Serbia, Swiss, dan Kamerun. Selain Brasil, tiga tim lain bisa disebut memiliki kekuatan yang sangat berimbang. Ketiganya pantas untuk finis di posisi kedua Grup G untuk mendampingi Brasil ke babak berikutnya.

Terakhir di Grup H terdapat Uruguay, Portugal, Ghana, dan Korea Selatan. Uruguay dan Portugal bertemu di babak 16 besar Piala Dunia 4 tahun lalu dan saat itu Uruguay menang 2–1. Hasil pertandingan kedua tim di Grup H akhir tahun ini akan menentukan posisi juara grup. Keduanya pantas dijagokan akan melaju ke 16 besar.

Meski demikian, Ghana dan Korsel tetap berpotensi untuk finis di peringkat kedua jika Uruguay atau Portugal tak berhati-hati sehingga terpeleset ketiga menghadapi salah satu Ghana atau Korsel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Banner E-paper
To top