Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hasil Kualifikasi Piala Dunia: Brasil, Argentina, dan Uruguay Menang

Uruguay melumat Venezuela dengan skor 4-1 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol (Amerika Selatan) di Stadion Centenario, Uruguay pada Rabu pagi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 02 Februari 2022  |  12:45 WIB
Dua penyerang andalan Timnas Uruguay, Edinson Cavani (kiri) dan Luis Suarez. - Reuters/Ricardo Moraes
Dua penyerang andalan Timnas Uruguay, Edinson Cavani (kiri) dan Luis Suarez. - Reuters/Ricardo Moraes

Bisnis.com, JAKARTA - Tim nasional Brasil menutup peluang Paraguay memperoleh tiket putaran final Piala Dunia 2022 seusai melumat tamunya itu dengan skor 4-0 dalam lanjutan kualifikasi zona CONMEBOL di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Selasa waktu setempat (Rabu WIB).

Hasil itu jelas tidak mempengaruhi nasib Brazil yang sudah mendapatkan tiket putaran final sejak beberapa bulan lalu, sebaliknya justru memastikan Paraguay tak lagi berkesempatan menyusul ke Qatar.

Pasalnya, Paraguay kini menempati urutan kesembilan klasemen dengan koleksi 13 poin dan terpaut delapan poin dari peringkat kelima atau zona playoff antarbenua, sementara kalender kualifikasi CONMEBOL tinggal menyisakan dua jadwal pertandingan lagi.

Paraguay, yang terakhir kali menang pada September lalu, mendapati gawang mereka sudah bobol hanya tiga menit selepas sepak mula, beruntung VAR menganulir gol Brasil itu karena offside.

Akan tetapi, Paraguay tak cukup mampu mengembangkan permainan mereka hingga Raphinha betul-betul membuka keunggulan Brasil pada menit ke-28, saat pemain Leeds United itu menyelesaikan umpan Marquinhos.

Keunggulan 1-0 bagi Brasil bertahan hingga turun minum dan tuan rumah mengawali babak kedua sama baiknya serta nyaris menggandakan keunggulan bila saja tembakan voli Raphinha tak membentur tiang gawang.

Brasil terus menekan hingga akhirnya mampu menggandakan keunggulan melalui gol spektakuler Philippe Coutinho yang melepaskan tembakan melengkung dari jauh demi menaklukkan kiper Antony Silva pada menit ke-62.

Keunggulan Brasil bertambah lagi pada menit ke-86 melalui aksi Antony Matheus saat penyerang Ajax itu mengendalikan umpan Everton Ribeiro dengan satu sentuhan sebelum membuat Silva mati langkah lewat penyelesaiannya.

Dua menit jelang bubaran normal, Rodrygo Goes melengkapi kemenangan Brasil menjadi 4-0 melalui sontekan sederhana saat penyerang Real Madrid itu memanfaatkan umpan Antony.

Dengan kemenangan ini, Brazil semakin mantap di puncak klasemen dengan raihan 39 poin dan belum terkalahkan dari 15 pertandingan, demikian situs resmi CONMEBOL. 

Hasil Argentina vs Kolombia

Argentina menang tipis 1-0 saat menjamu Kolombia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona CONMEBOL di Estadio Mario Alberto Kempes pada Rabu pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Gol penentu kemenangan Argentina dicetak oleh Lautaro Martinez pada menit ke-29.

Hasil ini membuat Argentina tetap berada di posisi ke-2 klasemen Kualifikasi Piala Dunia. Las Celeste sendiri sudah pasti lolos ke Piala Dunia 2022.

Sementara, Kolombia kini berada di posisi ke-7 klasemen dengan 17 poin dari 16 pertandingan.

Argentina bermain tanpa Lionel Messi, tetapi tetap tampil meneken sejak awal laga.

Di sisi lain, Kolombia mengandalkan dua pemain sayap mereka, Luis Diaz dan Juan Cuadrado, untuk membangun serangan.

Kolombia mendapat peluang bagus pada menit ke-14 melalui aksi Miguel Borja, tetapi bola masih diblok oleh Lisandro Martinez.

Argentina mencetak gol pada menit ke-29. Marcos Acuna melepas umpan silang yang bisa diterima Lautaro yang leluasa tanpa terkawal dan dengan tenang membobol gawang Camilo Vargas. 1-0 untuk Argentina.

Pada babak kedua, Argentina tetap tampil berbahaya. Angel Di Maria melepas umpan dari tendangan bebas yang disambut sepakan Acuna. Namun, Vargas masih bisa menyelamatkan gawangnya.

Lautaro hampir mencetak gol keduanya pada laga ini pada menit ke-64, tetapi masih bisa ditepis oleh Vargas. Argentina makin agresif saat Paulo Dybala dimainkan.

Sementara, Kolombia memainkan pemain senior Radamel Falcao sebagai reaksi.

Tidak ada gol yang tercipta pada babak kedua. Argentina menang dengan skor 1-0 atas Kolombia. 

Uruguay Menang Besar Lawan Venezuela

Uruguay melumat Venezuela dengan skor 4-1 dalam pertandingan Kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol (Amerika Selatan) di Stadion Centenario, Uruguay pada Rabu pagi WIB, demikian catatan laman resmi FIFA.

Empat gol Uruguay masing-masing dicetak oleh Rodrigo Bentacur, Giorgian de Arrascaeta, Edinson Cavani dan Luis Suarez. Sementara itu, gol hiburan Venezuela dicetak oleh Josef Martinez.

Kemenangan ini membawa Uruguay ke peringkat Empat klasemen sementara, dengan 22 poin. Sedangkan Venezuela tetap menjadi juru kunci di posisi kesepuluh dengan 10 poin dari 16 pertandingan.

Uruguay mencetak gol cepat saat laga baru berjalan satu menit. Tendangan keras Rodrigo Bentacur dari luar kotak penalti mengejutkan kiper Wuilker Farinez yang tidak bisa mencegah gawangnya kebobolan. Skor menjadi 1-0.

Tim tuan rumah menggandakan keunggulan mereka pada menit ke-23. Skema permainan tim baik diselesaikan oleh De Arrascaera lewat tendangan ke pojok kanan bawah setelah menerima assist Facundo Pellistri. Venezuela tertinggal 0-2.

Menjelang babak pertama berakhir, Uruguay mencetak gol ketiga mereka lewat tendangan akrobatik Edinson Cavani setelah menerima umpan silang De Arrascaeta. Skor 3-0 menutup babak pertama.

Venezuela dihukum tendangan penalti pada menit ke-47 setelah Ferraresi melanggar Pellistri. Luis Suarez maju sebagai eksekutor, tetapi Farinez mampu menebak arah tendangan Suarez.

Namun, tendangan penalti itu harus diulang setelah tayangan VAR menunjukkan bahwa dua pemain Venezuela sudah lebih dahulu masuk ke kotak penalti sebelum Suarez menendang bola.

Tendangan ulang diambil dan Suarez kali ini mampu membuat Uruguay unggul 4-0 pada menit ke-53.

Pada menit ke-60, Cavani mencetak gol setelah memanfaatkan umpan terobosan Federico Valverde. Namun, gol itu dianulir wasit karena penyerang MU itu sudah terlebih dahulu dalam posisi offside.

Empat menit kemudian, Venezuela mencetak gol pada menit ke-64. Bek Uruguay Gimenez kehilangan bola dan direbut Josesf Martinez sebelum melepasakan tembakan dari sisi kanan kotak penalti yang tidak bisa dihentikan Rochet. Kedudukan menjadi 4-1.

Uruguay terus menekan Venezuela untuk mencetak gol kelima mereka, tetapi dua percobaan dari Luis Suarez dan De Arrascaeta masih bisa diselamatkan oleh Farinez.

Vanezuela mencoba untuk mencetak gol kedua pada menit ke-92. Namun, tendangan Junior Morena dari luar kotak penalti masih melambung tinggi dari gawang Rochet.

Keunggulan 4-1 Uruguay bertahan hingga wasit mengakhiri pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas argentina timnas uruguay piala dunia 2022

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top