Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Copa America: Gol Menit 10 Injury Time Brasil Hapus Gol Akrobatik Kolombia

Brasil menundukkan Kolombia dengan skor tipis 2-1 dalam pertandingan Copa America yang dramatis, diwarnai gol akrobatik Kolombia yang berujung gol lemenangan Brasil ketika injury time babak kedua berjalan 10 menit.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 24 Juni 2021  |  09:39 WIB
Dua andalan lini depan Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Jr. (kanan) dan Roberto Firmino - Reuters
Dua andalan lini depan Timnas Brasil, Neymar da Silva Santos Jr. (kanan) dan Roberto Firmino - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Brasil meneruskan catatan kemenangan kesembilan beruntun di pertandingan kompetitif setelah menundukkan Kolombia 2–1 secara dramatis di Copa America dengan gol kemenangan terjadi pada menit ke-10 injury time babak kedua.

Dalam pertandingan Grup B Copa America di Stadion Olimpico Nilton Santos di Rio de Janeiro pada Kamis (24/6/2021) pagi WIB, tuan rumah Brasil bisa disebut meraih kemenangan dengan susah payah menghadapi Kolombia yang tampil keras kepala.

Sebagaimana disiarkan secara langsung Champions TV3, Kolombia unggul lebih dahulu lewat tendangan gunting Luis Diaz pada menit ke-10 dengan memanfaatkan assist Juan Guillermo Cuadrado. Skor 0–1 untuk Kolombia bertahan hingga wasit senior asal Argentina Nestor Pitana mengakhiri babak pertama.

Pada babak kedua, menit ke-66, Brasil hampir menyamakan kedudukan ketika Neymar da Silva Santos Jr. telah mengelabui kiper Kolombia David Ospina, tetapi sontekannya hanya membuat bola menyentuh tiang kiri gawang dan segera disapu bersih pemain bertahan Kolombia.

Berselang 12 menit kemudian Brasil benar-benar mampu menyamakan skor menjadi 1–1. Namun, pengesahan gol ini pun memerlukan proses hingga 7 menit. Hal itu disebabkan dalam proses terjadinya gol, tendangan Nemay sempat keras menghantam perut wasit.

Pertandingan tetap berlanjut dan umpan lambung Renan Lodi berujung sundulan kepala Roberto Firmino yang gagal dicegah kiper Ospina.

Wasit lalu memutuskan meninjau video asisten wasit (VAR) melalui wasit keempat Leodan Gonzalez dari Uruguay. Para pemain Brasil memprotes peninjauan VAR itu. Hasil peninjauan VAR, gol disahkan. Keputusan itu berbalik memicu protes pemain Kolombia sehingga pertandingan terhenti 7 menit.

Di tepi lapangan, pelatih Kolombia ikut memprotes keras gol Brasil. Alhasil, dia mendapat kartu merah dari wasit Piatana.

Gol Brasil akhirnya datang ketika injury time telah berjalan 10 menit. Bermula dari sepak pojok Neymar, bola disambut sundulan kepala Casemiro sehingga skor akhir 2–1 untuk tuan nrumah.

Hasil pertandingan ini sebenarnya tidak lagi menentukan lolos atau tidaknya keduab tim ke perempat final. Keduanya telah lolos ke 8 besar sebelum pertandingan dimulai.

Tambahan 3 poin meneguhkan posisi teratas Brasil di pucuk klasemen dengan nilai 9, sedangkan Kolombia di urutan kedua dengan nilai 4, diikuti Peru 4, serta Ekuador dan Venezuela masing-masing 2.

Brasil merupakan juara bertahan. Tim Samba asuhan Adenor Leonardo Bacchi alias Tite itu menjadi tuan rumah 2 tahun lalu dan di final menundukkan Peru dengan skor 3–1 di Stadion Maracana di Rio de Janeiro.

Dengan kembali menjadi tuan rumah, Brasil layak digadang-gadang bakal meraih trofi Copa America untuk ke-10 kalinya.

Turnamen kali ini dibagi menjadi dua grup dengan setiap grup berisi lima tim. Grup A berisikan Argentina, Bolivia, Cile, Paraguay, dan Uruguay, sedangkan di Grup B akan bertarung Brasil, Ekuador, Kolombia, Peru, dan Venezuela.

Dari setiap grup, empat tim teratas melaju ke fase knock out 8 besar atau perempat final dan hanya satu tim yang langsung tersingkir.

Dari setiap grup, empat tim teratas melaju ke 8 besar dan hanya satu yang tersingkir. Di 8 besar juara Grup A jumpa peringkat keempat Grup B dan sebaliknya juara Grup B bertemu peringkat keempat Grup A. Sementara itu, runner-up Grup A melawan peringkat ketiga Grup B dan begitu pula sebaliknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

timnas brasil timnas kolombia copa america
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top