Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Prediksi Skor Finlandia vs Belgia, Susunan Pemain, Klasemen Grup B, Fakta

Oleh karena itu, pertandingan ketiga Grup B Euro 2020 antara Finlandia vs Belgia di Gazprom Arena di Saint Petersburg di Rusia Selasa dini hari pukul 02.00 WIB ini seharusnya tidak menjadi batu sandungan untuk Belgia.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Juni 2021  |  16:57 WIB
Pemain timnas Belgia, Romelu Lukaku - Eurosport
Pemain timnas Belgia, Romelu Lukaku - Eurosport

Bisnis.com, JAKARTA - Di atas kertas, Finlandia tak lebih kuat dari Rusia dan Denmark, sekalipun dari 11 pertemuan terakhir Belgia dengan Finlandia, debutan Euro ini menang empat kali, sebaliknya Belgia menang tiga kali.

Oleh karena itu, pertandingan ketiga Grup B Euro 2020 antara Finlandia vs Belgia di Gazprom Arena di Saint Petersburg di Rusia Selasa dini hari pukul 02.00 WIB ini seharusnya tidak menjadi batu sandungan untuk Belgia.

Finlandia sendiri mengakui sungguh berat meloloskan diri ke fase knockout ketika di ujung fase grup malah menghadapi tim berperingkat FIFA tertinggi di dunia yang sudah dua kali menang dan memenangi semua dari sepuluh pertandingan kualifikasi Euro-nya.

"Seri mungkin sudah cukup untuk lolos," kata pelatih Finlandia Markku Kanerva seperti dikutip Reuters.

"Saat saya mengawali diri sebagai pelatih timnas Finlandia salah satu pertandingan pertama adalah laga persahabatan melawan Belgia dan kami imbang," sambung dia mengenang seri 1-1 melawan Belgia pada 2016.

Kanerva menyebut pertandingan melawan Belgia sebagai laga terbesar Finlandia yang berperingkat 53 tingkat lebih rendah daripada Belgia.

Walau begitu Kanerva menegaskan Finlandia tetap bisa menang dengan cara menjalankan bagian terpenting dalam tugas Finlandia yang menurut Kanerva adalah "fokus kepada bagian yang bisa kami kendalikan penuh dan itu adalah cara kami bertanding."

Yang paling realistis bagi Finlandia memang seri. Dan ini udah cukup melontarkan ke 16 besar, apalagi jika Rusia dikalahkan Denmark dalam jam yang sama.

Tetapi ini sepakbola. Tak ada pasti, semua kemungkinan bisa terjadi. Dan Kanerva menyadari hal ini, apalagi kalau dia mengingat kenangan indah November 2020 ketika Finlandia menaklukkan juara dunia Prancis 2-0 dalam laga persahabatan.

Sayang, Belgia bukan Prancis. Selain punya daya rusak yang tinggi dan konstan mempertahankan performa, Belgia juga memiliki energi bangkit yang besar.

Baca juga: Finlandia berharap ciptakan kejutan kontra Belgia
Baca juga: Pemain Belgia Thorgan Hazard absen hadapi Finlandia

Sewaktu menang 2-1 melawan Denmark dalam pertandingan keduanya, Belgia yang berjulukan sama dengan Manchester United, yakni Setan Merah, menjadi tim pertama dalam Euro edisi ini yang bangkit setelah tertinggal lebih dulu.

Kemenangan itu juga memanjangkan deretan nilai sempurna yang mereka peroleh dalam semua kompetisi. Sebelum mengalahkan Rusia dan Denmark, Romelu Lukaku cs memenangkan semua dari 10 pertandingan kualifikasi Euro 2020.

Belgia juga memenangkan 21 dari 25 pertandingan terakhirnya, dengan hanya satu kali kalah Oktober tahun lalu di Wembley, London, dalam UEFA Nations League.

Belgia kian mengerikan ketika tiga jenderal lapangan tengahnya yang absen pada bagian pertama fase grup, masuk skuad lagi dan seketika memberikan dampak.

Denmark mungkin akan terus menang 1-0 seandainya Roberto Martinez tidak menurunkan Kevin de Bruyne, Axel Witsel, dan Eden Hazard pada babak kedua. Apa jadinya jika Martinez memasang ketiga pemain ini sejak awal pertandingan melawan Finlandia nanti.

Satu yang tak mungkin dilakukan Belgia adalah menyimpan energi demi laga ke depan, karena bagi mereka semua pertandingan itu laga besar dan oleh karena itu harus dimenangkan.

Kalaupun nanti Martinez tidak menurunkan Thorgan Hazard dalam pertandingan melawan Finlandia, maka ini terjadi karena sang pemain cedera lutut.

Prediksi susunan pemain Finlandia vs Belgia

Finlandia: Hradecky; O'Shaughnessy, Arajuuri, Toivio; Uronen, Kamara, Sparv, Kauko, Raitala; Pukki, Lodo

Belgia: Courtois; Alderweireld, Denayer, Vertonghen; Meunier, De Bruyne, Witsel, Carrasco; Mertens, Lukaku, E Hazard

Komentar Jurnalis:

Mikael Erävouri, Finlandia reporter: Finlandia perlu menemukan cara untuk memeras poin dari Belgia. Meskipun lawan mereka mungkin memilih untuk memberikan waktu bermain kepada anggota skuat, ini tidak serta merta membuat tugas menjadi lebih mudah. Pertahanan Finlandia sejauh ini sehat, tetapi Markku Kanerva mungkin memilih untuk mengocok lini tengah dan serangannya saat ia berusaha untuk menambah keunggulan.

Alyssa Saliou, Belgia reporter: Roberto Martínez mengatakan Kevin De Bruyne dan Axel Witsel akan menjadi starter, bersama dengan Eden Hazard, dan karena Belgia telah lolos, remaja Jérémy Doku mungkin mendapatkan menit pertama aksinya di EURO. Belgia akan memuncaki grup dengan hasil imbang tetapi Martínez ingin memenangkan setiap pertandingan. Setelah awal yang sulit melawan Denmark, saya yakin timnya akan cepat keluar dari blok. Dan dengan semua pengalaman dan bakat dalam oposisi, Finlandia tidak akan mudah.

Skenario pertandingan Finlandia vs Belgia:

Pelatih Roberto Martinez sudah mengatakan bakal menurunkan Kevin De Bruyne, Axel Witsel dan Eden Hazard sejak awal pertandingan. Sebaliknya, Thorgan Hazard tak bisa dipasang karena cedera lutut.

Trio itu adalah satu satu dari dua trio paling menarik perhatian dalam Euro 2020 selain Kylian Mbappe, Karim Benzema dan Antoine Griezmann di Prancis.

Trio Belgia itu langsung memperlihatkan betapa cepatnya mereka mengubah arah pertandingan ketika Belgia membalikkan kedudukan 0-1 menjadi menang 2-1 atas Denmark setelah ketiganya masuk sebagai pemain pengganti pada babak kedua.

Jika benar Martinez mau menurunkan mereka sejak awal, maka ada lini tengah dan depan Setan Merah berubah.

Youri Tielemans dan Leander Dendoncker tak lagi dipasang sebagai starter. Tempatnya digantikan de Bruyne dan Witsel, sedangkan Yannick Carrasco dikembalikan ke posisi bek kiri dengan mengisi tempat yang ditinggalkan Thorgan Hazard. Thomas Meunier tetap dalam perannya sebagai bek kanan.

Sebaliknya posisi Carrasco yang mendampingi Dries Mertens di sebelah kiri daerah sepertiga lapangan terakhir akan ditempati Eden Hazard, sebagai dua penyerang bayangan di belakang ujung tombak Romelu Lukaku.

Dengan cara ini Belgia berusaha menutup semua pintu agresi Finlandia, sekaligus mempertajam pedang serangannya. Sedangkan trio palang pintu tetap diserahkan kepada Toby Alderweireld, Jason Denayer, dan Jan Vertonghen untuk melindungi kiper Thibaut Courtois.

Dengan formasi seofensif itu, masuk akal jika Finlandia memasang kuda-kuda yang defensif. Tapi pelatih Markku Kanerva sepertinya berpikiran mengocok ulang lini tengah dan depan agak lebih tajam karena bertahan saja sangat berisiko, apalagi jika Rusia membungkam Denmark dalam pertandingan lain.

Untuk itu, Rasmus Schuller dan Joel Pohjanpalo dilucuti dari susunan sebelas pemain pertama, guna digantikan Tim Sparv dan Joni Kauko.

Finlandia juga mungkin memasang formasi 3-5-2. Dalam formasi ini trio bek tengah Daniel O’Shaughnessy, Paulus Arajuuri, dan Joona Toivio tetap melindungi kiper Lukas Hradecky.

Namun bek kiri Jukka Raitala dan bek kanan Jere Uronen dimajukan dalam posisi agak sejajar dengan trio gelandang Glen Kamara, Tim Sparv, dan Joni Kauko. Sedangkan Robin Lod dimajukan mendampingi Teemu Pukki di lini serang.

Komentar pelatih Finlandia dan pemain Belgia:

Markku Kanerva, pelatih Finlandia: "Kami sangat menantikan apa yang mungkin merupakan pertandingan terpenting dalam sejarah sepak bola Finlandia. Sungguh fantastis bahwa kami berada di tahap ini dengan segala sesuatunya masih berada di tangan kami sendiri. Kami bahkan dapat memenangkan grup. Ada begitu banyak untuk dimainkan."

Thibaut Courtois, penjaga gawang Belgia: "Memenangkan grup adalah hal yang prestisius, jadi itu adalah sesuatu yang pasti kami tuju. Tentu, fase berikutnya mungkin lebih mudah jika Anda bukan juara grup, tetapi dalam sepak bola selalu ada kejutan. Di Piala Dunia kami tampaknya memiliki waktu yang lebih sulit melawan Jepang daripada melawan Brasil. Anda tidak dapat mencoba menghitung hal-hal ini, Anda hanya harus selalu bermain untuk menang."

Hasil head to head Finlandia vs Belgia:

DateMatchResultScoreCompetition
25 May 1953Finland v BelgiumW2-4FIFA World Cup
23 Sep 1953Belgium v FinlandD2-2FIFA World Cup
19 Jun 1968Finland v BelgiumW1-2FIFA World Cup
09 Oct 1968Belgium v FinlandW6-1FIFA World Cup
18 Aug 1999Belgium v FinlandL3-4International Friendly
15 Aug 2001Finland v BelgiumL4-1International Friendly
06 Jun 2007Finland v BelgiumL2-0UEFA European Championship
13 Oct 2007Belgium v FinlandD0-0UEFA European Championship
11 Aug 2010Finland v BelgiumL1-0International Friendly
09 Feb 2011Belgium v FinlandD1-1International Friendly
01 Jun 2016Belgium v FinlandD1-1International Friendly

Pertemuan sebelumnya

• Ada sedikit untuk memilih antara tim dalam 11 pertandingan mereka sampai saat ini, Finlandia mencatat empat kemenangan ke Belgia tiga saat mencetak 19 gol, satu lebih sedikit dari lawan mereka.

• Dua pertandingan terakhir tim sama-sama berakhir imbang 1-1 di Belgia, dengan gol penyeimbang di setiap pertandingan. Baru-baru ini, gol Romelu Lukaku pada menit ke-89 membatalkan gol Kasper Hämäläinen delapan menit memasuki babak kedua di Brussels pada 1 Juni 2016; di Ghent pada 9 Februari 2011, dengan Markku Kanerva menjabat sebagai pelatih sementara tim tandang, pemain Finlandia Roni Porokara mencetak gol pada menit ke-90 setelah Axel Witsel membawa Belgia unggul satu menit lewat satu jam.

• Dua hasil imbang itu memperpanjang rekor tak terkalahkan Finlandia melawan Belgia menjadi tujuh pertandingan (W4 D3), sejak kekalahan kualifikasi Piala Dunia FIFA 6-1 di Waregem pada Oktober 1968 di mana Lon Polleunis mencetak hat-trick untuk tim tuan rumah. Itu membuat Belgia menang tiga kali dan sekali imbang dalam empat pertandingan pertama tim, di kualifikasi Piala Dunia 1954 dan 1970.

• Kontes EURO sebelumnya satu-satunya tim datang di kualifikasi untuk UEFA EURO 2008, ketika Finlandia menang 2-0 di Helsinki berkat gol dari Jonatan Johansson dan Alexei Eremenko sebelum bermain imbang tanpa gol di Brussels. Tidak ada pihak yang mencapai final, bagaimanapun, Finlandia finis keempat di Grup A dengan 24 poin, satu tempat dan enam poin di atas Setan Merah.

Klasemen Grup B Euro 2020:

TimPWDLFAGDPo
Belgium Belgium 22005146
Russia Russia 210113-23
Finland Finland 21011103
Denmark Denmark 200213-20

Daftar Pemain Finlandia dan Belgia:

Finlandia:

Goalkeepers: Lukas Hradecky (Leverkusen), Anssi Jaakkola (Bristol Rovers), Jesse Joronen (Brescia)

Defenders: Paulus Arajuuri (Pafos), Robert Ivanov (Warta Poznan), Thomas Lam (Zwolle), Daniel O'Shaughnessy (HJK Helsinki), Jukka Raitala (Minnesota United), Joona Toivio (Häcken), Jere Uronen (Genk), Nicholas Hämäläinen (QPR), Sauli Väisänen (Chievo)

Midfielders: Nikolai Alho (MTK Budapest), Fredrik Jensen (Augsburg), Glen Kamara (Rangers), Joni Kauko (Esbjerg), Robin Lod (Minnesota United), Rasmus Schüller (Djurgården), Pyry Soiri (Esbjerg), Tim Sparv (Larissa), Robert Taylor (Brann), Onni Valakari (Pafos)

Forwards: Marcus Forss (Brentford), Lassi Lappalainen (Montréal), Joel Pohjanpalo (Union Berlin), Teemu Pukki (Norwich)

Pemain kunci: Teemu Pukki

Striker Norwich mencetak sepuluh dari 16 gol Finlandia di kualifikasi dan merupakan ujung tombak paling diandalkan. Pukki berlari dengan cerdas di belakang garis pertahanan dan mencetak gol dengan persentase peluangnya yang tinggi. Selain itu, ia dapat menciptakan ruang di depan untuk rekan satu timnya dan turun ke belakang tanpa lelah.

Pelatih: Markku Kanerva

Belgia:

Penjaga gawang: Thibaut Courtois (Real Madrid), Simon Mignolet (Club Brugge), Matz Sels (Strasbourg)

Belakang: Toby Alderweireld (Tottenham), Dedryck Boyata (Hertha Berlin), Timothy Castagne (Leicester), Jason Denayer (Lyon), Thomas Meunier (Dortmund), Thomas Vermaelen (Vissel Kobe), Jan Vertonghen (Benfica)

Tengah: Nacer Chadli (Istanbul Basaksehir), Yannick Carrasco (Atlético Madrid), Kevin De Bruyne (Manchester City), Leander Dendoncker (Wolves), Eden Hazard (Real Madrid), Thorgan Hazard (Dortmund), Dennis Praet (Leicester), Youri Tielemans (Leicester), Hans Vanaken (Club Brugge), Axel Witsel (Dortmund)

Depan: Michy Batshuayi (Crystal Palace), Christian Benteke (Crystal Palace), Jeremy Doku (Rennes), Romelu Lukaku (Inter Milan), Dries Mertens (Napoli), Leandro Trossard (Brighton)

Prediksi Skor Finlandia vs Belgia:

Skor Finlandia vs Belgia: 1-0

Skor Finlandia vs Belgia: 1-3

Skor Finlandia vs Belgia: 1-1

Skor Finlandia vs Belgia: 1-2

Statistik Finlandia vs Belgia:

Kedua tim sudah 11 kali bertemu. Finlandia menang empat kali, Belgia menang tiga kali. Dua pertandingan terakhir mereka dalam laga persahabatan berakhir seri 1-1.

Satu-satunya pertemuan kedua tim dalam laga kompetitif terjadi pada kualifikasi Euro 2008 ketika Finlandia menang 2-0 di Helsinki.

Ini debut Finlandia dalam putaran final Piala Eropa. Mereka nyaris lolos pada Euro 2008 setelah dikalahkan Portugal dalam laga kualifikasi terakhir. Finlandia juga menjadi negara ke-34 yang lolos putaran final Piala Eropa.

Finlandia menang enam kali dalam sepuluh laga kualifikasi Euro 2020 untuk finis urutan kedua Grup J di bawah Italia.

Teemu Pukki mencetak 10 dari 16 gol Finlandia selama kualifikasi. Dia terlihat dalam 68,75 persen gol yang dicetak Finlandia selama kualifikasi.

Ini keikutsertaan kedua berturut-turut Belgia dalam putaran final Piala Eropa dan total yang keenam kalinya.

Pencapaian terbesar Belgia adalah final Euro 1980 ketika akhirnya kalah 1-2 melawan Jerman Barat di Roma.

Tim asuhan Roberto Martínez memenangkan semua dari 10 laga kualifikasi untuk memuncaki Grup I. Tetapi dari enam tim yang pernah mencatat rekor sempurna selama kualifikasi, hanya Prancis yang berhasil menjuarai Euro, pada 2012.

Belgia adalah pencetak gol terbanyak selama kualifikasi dengan 40 gol dari 10 pertandingan. Dan gol-gol ini diciptakan oleh 15 pemain Belgia.

Eden Hazard dan Kevin De Bruyne sama-sama membuat tujuh assist dalam kualifikasi, hanya kalah satu assist dari Memphis Depay dari Belanda. Hazard mencetak lima gol, De Bruyne empat gol, sedangkan Romelu Lukaku membuat tujuh gol dan empat assist.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Timnas Belgia Euro 2020 Timnas Finlandia

Sumber : Antara

Editor : Andhika Anggoro Wening

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top