Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Menpora: Liga Berjenjang Jadi Fondasi Sepak Bola Nasional

Persepakbolaan nasional diharapkan memiliki fondasi pembinaan yang kuat melalui Liga Berjenjang Piala Kemenpora.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 16 Juni 2020  |  01:39 WIB
Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia mengikuti latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020).Bisnis - Eusebio Chrysnamurti
Sejumlah pesepak bola timnas Indonesia mengikuti latihan perdana di Stadion Madya, Senayan, Jakarta, Jumat (14/2/2020).Bisnis - Eusebio Chrysnamurti

Bisnis.com, JAKARTA - Persepakbolaan nasional diharapkan memiliki fondasi pembinaan yang kuat melalui Liga Berjenjang Piala Kemenpora.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan tanpa adanya kompetisi ketat sejak usia dini, sulit bagi Indonesia untuk menghasilkan pemain-pemain yang berkualitas. Jika calon pemain sudah dipupuk sejak dini, maka akan menghasilkan timnas Indonesia yang memiliki daya saing tinggi.

"Liga Berjenjang Kemenpora ini akan kita perkuat lagi, karena kita punya Inpres percepatan persepakbolaan nasional yang menjadi dasar kuat untuk mengembangkan sepak bola Tanah Air," ujar Zainudin Amali, Senin (16/6/2020).

Dia menambahkan Piala Berjenjang Kemenpora ini bukan sebagai pesaing dari kompetisi yang sudah dijalankan PSSI. Namun sebagai wadah bagi sekolah sepak bola (SSB), hingga sekolah formal yang memiliki tim dari seluruh wilayah Indonesia agar memiliki kompetisi yang kompetitif di usia dini.

Pihaknya berpendapat pembinaan usia dini harus menjadi konsentrasi utama. Pemerintah sudah mempersiapkan untuk membuat fondasi seluruh cabang olahraga untuk pembinaan usia dini bisa berprestasi dan lebih baik.

Menurutnya, penyelenggaraan Piala Berjenjang Kemenpora ini bisa menjadi medium bagi SSB maupun sekolah untuk menawarkan kepada para pencari bakat klub-klub liga Indonesia perihal kemampuan para anak didiknya.

"Artinya mereka berkesempatan untuk tampil bersama klub-klub liga Indonesia. Karena saat kompetisi usia berjenjang dimulai pasti akan ada para talent scouting yang memantau mereka," ujarnya.

Liga Berjenjang ini merupakan salah satu program dari Kemenpora untuk membentuk kompetisi bagi pelaku sepak bola mulai dari kelompok umur U-12, U-14, U-16 tahun, serta mahasiswa yang menjangkau seluruh wilayah di Indonesia.

Adapun pesertanya berasal dari sekolah sepak bola (SSB), akademi klub Liga 1, sekolah formal, dan universitas. Mereka akan berkompetisi mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Pemain-pemain potensial yang tembus di level nasional berkesempatan membela tim nasional pelajar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sepakbola kemenpora

Sumber : Antara

Editor : Rio Sandy Pradana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top