Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pra-Piala Dunia 2022 Zona Amerika Selatan Dimulai September 2020

Conmebol mengonfirmasi bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dimulai pada September 2020.
Penyerang Timnas Brasil Neymar da Silva Santos Jr./Reuters
Penyerang Timnas Brasil Neymar da Silva Santos Jr./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Conmebol) mengonfirmasi bahwa pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2022 akan dimulai pada September 2020, setelah ditunda dari sedianya bulan lalu akibat pandemi corona.

"Untuk saat ini, tanggal pasti (dari Federation Internationale de Footbll Association/FIFA) untuk pertandingan itu adalah 4 sampai 8 September dengan format yang telah ditentukan," demikian pernyataan Conmebol pada Sabtu (18/4/2020).

Pada bulan lalu Conmebol meminta FIFA untuk menunda fase kualifikasi. Hal itu disebabkan dua putaran pertama yang semestinya dimainkan pada akhir Maret tidak dapat dimainkan akibat pandemi Covid-19.

Sebanyak 10 tim nasional anggota Conmebol akan memainkan 18 pertandingan kandang dan tandang atau dengan dengan format round robin. Jumlah 18 pertandingan itu lebih banyak daripada yang dimainkan konfederasi-konfederasi sepak bola lainnya.

Dua pertandingan putaran pertama perlu dijadwal ulang, tapi Conmebol mengatakan tanggal baru untuk laga-laga tersebut masih akan diratifikasi FIFA.

Copa America juga telah dipastikan ditunda pelaksanaannya sampai tahun depan, sehingga peluang untuk memasukkan dua laga putaran pertama tersebut menjadi cukup sulit.

Hal itu disebabkan jika dua putaran pertandingan kualifikasi Piala Dunia dimainkan pada 3 dan 21 Juni 2021, Copa America akan dimulai pada 11 Juni.

Conmebol juga mengatakan pihaknya belum dapat menentukan tanggal baru untuk dimainkannya kembali kejuaraan level klub yakni Copa Libertadores dan Copa Sudamericana. Namun, mereka bertekad menyelesaikan dua kompetisi tersebut musim ini.

Saat melakukan pertemuan via video dengan presiden-presiden negara anggota, Conmebol menegaskan bahwa "prioritas utama adalah menjaga kesehatan keluarga sepak bola Amerika Selatan."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara/AFP
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper