Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Kualifikasi Euro 2020 : Belgia Menang Lagi, Pimpin Grup I

Belgia memimpin Grup I babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menundukkan tuan rumah Siprus dengan skor 2 - 0 di Stadion Neo GSP di Nikosia
Penyerang Timnas Belgia Michy Batshuayi setelah menjebol gawang Siprus./Reuters-Yiannis Kourtoglou
Penyerang Timnas Belgia Michy Batshuayi setelah menjebol gawang Siprus./Reuters-Yiannis Kourtoglou

Bisnis.com, JAKARTA – Belgia memimpin Grup I babak kualifikasi Piala Eropa (Euro) 2020 setelah menundukkan tuan rumah Siprus dengan skor 2 - 0 di Stadion Neo GSP di Nikosia pada Senin (25/4/2019) dini hari WIB.

Dua gol tamu di laga tersebut dicetak oleh duo bomber mereka yakni Eden Hazard pada menit ke-10 dengan ditopang kreasi dari Michy Batshuayi dan Batshuayi 8 menit kemudian dengan memaksimalkan assist dari Thorgan Hazard, adik kandung Eden.

Ini merupakan penampilan ke-100 Eden Hazard untuk Timnas Belgia dan golnya merupakan yang ke-30 sejak debut untuk negaranya 11 tahun lalu.

Kemenangan itu menempatkan Belgia di posisi teratas klasemen sementara Grup I setelah pekan lalu menang 3 - 1 atas Rusia.

Belgia mengoleksi nilai 6, diikuti empat tim dengan nilai masing-masing 3 yakni Siprus, Rusia, Kazakhstan, dan Skotlandia.

Pada saat bersamaan dengan kemenangan Belgia, Skotlandia membuka asa untuk melaju ke putaran final dengan menundukkan tuan rumah San Marino juga dengan skor 2 - 0. Dua bgol tamu di Serravalle dikontribusi Kenny McLean ketika pertandingan baru berjalan 4 menit dan Johnny Russel (74’).

Kemenangan ini membangkitkan kembali harapan Skotlandia setelah di laga pembuka pekan lalu secara sangat mengejutkan dihantam Kazakhstan dengan skor telak 0 - 3.

Satu lagi pertandingan Grup I digelar beberapa jam sebelumnya, Rusia menghantam tuan rumah Kazakhstan dengan empat gol tanpa balas.

Juara bertahan Euro adalah Portugal. Dalam pertandingan final Euro 2016 di Prancis, Portugal menundukkan tuan rumah dengan skor tipis 1 - 0 melalui perpanjangan waktu.

Terdapat 55 tim yang akan berebut 24 tiket ke putaran final Euro 2020, yang akan digelar di 12 negara, format yang baru diterapkan mulai edisi tahun depan.

Ke-55 tim itu terbagi dalam 10 grup. Juara dan runner up setiap grup lolos ke putaran final, sedangkan empat lainnya ditentukan melalui playoff.

Berbeda dengan edisi sebelumnya, peserta playoff bukan ditetapkan berdasarkan hasil klasemen akhir kualifikasi, melainkan mengacu pada raihan mereka di Nations League Eropa musim 2018 - 2019.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper