Hasil Liga Belanda: Feyenoord Takluk, PSV Pesta Gol

Feyenoord Rotterdam secara mengejutkan ditaklukkan tim papan bawah Excelsior 1 - 2 dalam derby Rotterdam.
M. Syahran W. Lubis
M. Syahran W. Lubis - Bisnis.com 03 Februari 2019  |  23:13 WIB
Hasil Liga Belanda: Feyenoord Takluk, PSV Pesta Gol
Ujung tombak PSV Eindhoven Luuk de Jong - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Feyenoord Rotterdam, yang dalam pertandingan pekan ke-19 melumat juara terbanyak Eredivisie Belanda sepanjang sejarah Ajax Amsterdam dengan skor telak 6 - 2, secara mengejutkan ditaklukkan tim papan bawah Excelsior 1 - 2 dalam derby Rotterdam.

Dalam pertandingan pekan ke-20 yang berlangsung pada Minggu (3/2/2019) malam WIB di Stadion Van Donge & De Roo, markas Excelsior, kedua tim masih berbagi skor imbang tanpa gol hingga rehat.

Memasuki babak kedua, Feyenoord, salah satu kekuatan tradisional sepak bola Belanda, membuka keunggulan melalui penyerang veteran Robin van Persie pada menit ke-54. Namun, berselang 9 menit kemudian, tuan rumah bangkit melalui gol balasan Ali Messaod dengan assist Luigi Bruins.

Pertandingan seperti akan berakhir imbang ketika wasit Jochem Kamphuis bersiap meniup peluit akhir pertandingan. Namun, keputusan pelatih Excelsior memasukkan Robin van der Meer pada menit ke-90 menggantikan Marcus Edwards berhasil mengubah keadaan.

Pada sentuhan pertamanya, Van der Meer sukses menjebol gawang Feyenoord yang dikawal kiper Kenneth Vermeer dengan memanfaatkan umpan Mounir El Hamdawi sehingga skor berubah menjadi 2 - 1 untuk tuan rumah.

Meski menelan kekalahan, yang merupakan kelima sepanjang Eredivisie musim ini, Feyenoord tetap bertahan di peringkat ketiga klasemen sementara, di bawah dua tim lainnya yang juga merupakan kekuatan tradisional sepak bola Belanda yakni PSV Eindhoven dengan nilai 55 dan Ajax 50.

Ajax, PSV, dan Feyenoord adalah pengoleksi terbanyak gelar juara Eredivisie, kompetisi teratas dalam sistem sepak vola Belanda. Ajax juara 33 kali, PSV 24, dan Feyenoord 15 kali.

Sementara itu, walaupun berhasil menambah 3 angka, Excelsior tetap berkutat di papan bawah, tepatnya peringkat ke-13 dari 18 kontestan dengan koleksi 22 angka.

Dalam pertandingan pekan ke-20 lainnya, PSV memantapkan posisinya teratas di klasemen sementara setelah menghabisi Fortuna Sittard lima gol tanpa balas di Stadion Philips di Eindhoven.

Di hadapan lebih dari 34.000 pendukungnya, kapten tim sekaligus ujung tombak Luuk de Jong mencetak hattrick. Dia mencetak tiga golnya pada menit ke-54, 76, dan 87.

Skuat asuhan Mark van Bommel telah unggul 1 - 0 saat rehat melalui kontribusi gol Gaston Pereiro ketika pertandingan baru berjalan 8 menit. Adapun satu gol lainnya dipersembahkan Cody Gakpo pada menit ke-56 yang merupakan gol ketiga.

Kemenangan ini mengukuhkan PSV di posisi teratas, sebaliknya bagi Fortuna Sittard, kekalahan kesembilannya pada musim ini membuat anak asuh Rene Eijer tersebut tertahan di slot ke-11 dengan nilai 23.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
psv eindhoven, eredivisie, Feyenoord

Sumber : Reuters & Football Oranje

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top