Hasil UEFA Nations League: Jorginho Selamatkan Italia di Hadapan Polandia

Italia dipaksa bermain imbang dengan skor 1 – 1 oleh tamunya Polandia dalam pertandingan pembuka Grup 3 UEFA Nations League A pada Sabtu (8/9/2018) dini hari WIB.
M. Syahran W. Lubis | 08 September 2018 05:59 WIB
Gelandang Timnas Italia Jorginho (tengah) selepas menjebol gawang Polandia dari titik penalti. - Reuters/Stefano Rellandini

Bisnis.com, JAKARTA – Italia dipaksa bermain imbang dengan skor 1 – 1 oleh tamunya Polandia dalam pertandingan pembuka Grup 3 UEFA Nations League A pada Sabtu (8/9/2018) dini hari WIB.

Bermain di hadapan pendukungnya sendiri di Stadion Renato Dall Ara di Bologna, anak asuh Roberto Mancini bahkan tertinggal lebih dahulu dari tim tamu yang serangannya dimotori bomber Bayern Munchen Robert Lewandowski.

Adalah Piotr Zielinski yang 5 menit menjelang turun minum sukses mengonversi assist Lewandowski menjadi gol untuk menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Gianluigi Donnarumma dengan tendangan voli.

Italia baru berhasil melesakkan gol balasan pada menit ke-78 melalui gelandang naturalisasi asal Brasil Jorginho alias Jorge Luiz Frello Filho dari titik penalti.

Wasit Felix Zwayer (Jerman) menetapkan penalti untuk keuntungan tuan rumah setelah kapten Timnas Polandia Jakub Blaszczykowski melanggar Federico Chiesa, pemain sayap Italia yang baru berusia 20 tahun, di area kotak terlarang.

Ini laga pertama di ajang kompetitif Italia bagi pelatih Roberto Mancini. Di sisi berseberangan, ini laga perdana bagi pelatih baru Polandia Jerzy Brzeczek, yang menggantikan Adam Nawalka yang gagal meloloskan timnasnya ke 16 besar putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia Juni lalu.

Selain Italia dan Polandia, Grup 3 Nations League A dihuni Portugal yang dijadwalkan menjamu Italia pada Selasa (11/9/2018) dini hari WIB.

Union of European Football Associations (UEFA) baru memulai Nations League (Liga Bangsa-Bangsa), kompetisi antartim nasional negara-negara Eropa, ditandai dengan pertandingan Jerman versus Prancis yang berakhir imbang tanpa gol.

Sebanyak 55 timnas anggota UEFA dibagi menjadi empat divisi yakni League A, B, C, dan D. Di League A yang merupakan kasta tertinggi, akan bertarung 12 tim terkuat di Eropa.

UEFA akan memberlakukan pola promosi dan degradasi antar-League. Dengan demikian pelaksanaan Nations League ini tidak jauh berbeda dengan sistem kompetisi sepak bola reguler domestik.

Untuk League A, pesertanya dibagi menjadi empat grup. Grup 1 diisi Jerman, Prancis, Belanda. Grup 2 Belgia, Swiss, Islandia. Grup 3 Portugal, Italia, Polandia, serta Grup 4 Spanyol, Inggris, dan Kroasia.

Empat tim juara setiap grup lolos ke Nations League Finals, sedangkan empat tim penghuni dasar klasemen degradasi ke League B. Hal serupa diberlakukan terhadap League B, C, dan D.

Untuk melihat jadwal lengkap fase grup Nations League A, sila klik di sini.

Sumber : Reuters

Tag : timnas italia, Timnas Polandia, UEFA Nations League
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top