Hernan Dario Gomez Kembali Melatih Ekuador

Federasi Sepak Bola Ekuador (Federacion Ecuatoriana de Futbol/FEF) menunjuk Hernan Dario Gomez sebagai pelatih baru timnas.
M. Syahran W. Lubis | 03 Agustus 2018 00:35 WIB
Hernan Dario Gomez - Reuters/Guillermo Granja

Bisnis.com, JAKARTA – Federasi Sepak Bola Ekuador (Federacion Ecuatoriana de Futbol/FEF) menunjuk Hernan Dario Gomez, yang memimpin Panama lolos ke putaran final Piala Dunia pada musim panas tahun ini, sebagai pelatih baru timnas mereka.

Ini untuk kedua kalinya bagi lelaki berkebangsaan Kolombia berusia 62 tahun itu memimpin Timnas Ekuador. Gomez sebelumnya memimpin tim berjuluk La Tricolor lolos ke putaran final Piala Dunia untuk pertama kali yakni pada edisi 2002 di Jepang dan Korea Selatan.

“Saya sangat senang berada di sini, rumah yang tak pernah terlupakan dan selalu dalam pemikiran saya untuk kembali,” ungkap Gomez, yang juga pernah menukangi Timnas Guatemala dan negara asalnya, Kolombia, saat presentasi di Guayaquil, Ekuador, pada Kamis (3/8/2018).

Gomez mengaku sebenarnya mendapat tawaran melatih sejumlah tim dari Amerika Utara, Amerika Selatan, bahkan Eropa, tetapi kembali ke Ekuador merupakan impian mantan gelandang bertahan dua klub Kolombia, Deportivo Independiente Medellin dan Atletico Nacional de Medellin itu.

Tugas pertama Gomez untuk Timnas Ekuador ialah bersiap menghadapi Copa America 2019 yang digelar di Brasil pada 6 – 30 Juni tahun depan.

Setelah itu, Ekuador akan memulai perjuangan mereka di babak kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (Confederacion Sudamericana de Futbol/Conmebol) yang diperkirakan dimulai pada Oktober 2019.

Ekuador baru tiga kali lolos ke putaran final Piala Dunia. Setelah edisi 2002, mereka kembali masuk putaran final Piala Dunia pada 2006 di Jerman dan 2014 di Brasil. Prestasi terbaiknya ialah lolos ke 16 besar pada edisi 2006.

Adapun di level kontinen, Ekuador belum pernah menjuarai Copa America meski telah 27 kali mengikutinya. Prestasi terbaik Ekuador di Copa America adalah peringkat keempat edisi 1959 dan 1993, keduanya ketika bertindak sebagai tuan rumah.

Sumber : Reuters

Tag : Timnas Ekuador
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top