PREVIEW Inggris vs Belgia: Head To Head, Susunan Pemain, Prediksi, 'Partai Aneh'?

Inggris dan Belgia, sudah lolos dari Grup G Piala Dunia, bertemu pada Kamis (28/6/2018) dalam pertandingan --seperti dikatakan gelandang Belgia Marouane Fellaini-- bisa menjadi "pertandingan aneh".
Martin Sihombing | 27 Juni 2018 22:18 WIB
Timnas Inggris merayakan gol kedua ke gawang Nigeria yang dicetak kapten tim Harry Kane (kanan) dalam uji coba pada Minggu dini hari WIB (3/6/2018). - Reuters/Darren Staples

Bisnis.com, ST PETERSBURG- Inggris dan Belgia, sudah lolos dari Grup G Piala Dunia, bertemu pada Kamis (28/6/2018) dalam pertandingan --seperti dikatakan gelandang Belgia Marouane Fellaini-- bisa menjadi "pertandingan aneh".

Tergantung pada hasil dari permainan lain, mungkin tidak ada keuntungan untuk menyelesaikan bagian atas grup, tetapi kedua belah pihak bersikeras  mereka tidak akan memperhitungkan perhitungan tersebut.

Namun, yang mungkin terjadi adalah pelatih Belgia Roberto Martinez dan rekannya dari Inggris Gareth Southgate akan mengistirahatkan beberapa starter reguler mereka dan memberikan waktu pertandingan kepada pemain-pemain pasukan cadangan.

Kedua tim telah mengalahkan Tunisia dan Panama untuk mencapai enam poin dan lolos ke babak 16 besar, sehingga pertarungan yang diantisipasi antara dua sisi terkuat dalam grup telah kehilangan keunggulannya.



"Saya pikir ini akan menjadi pertandingan yang menarik, permainan 50-50, dan kedua tim memenuhi syarat sehingga akan menjadi pertandingan yang aneh," kata Fellaini, yang bermain di Inggris untuk Manchester United, setelah sebelumnya  untuk klub Liga Premier lainnya. Everton.

Martinez telah menyarankan dia bisa membuat perubahan besar pada timnya, tetapi setidaknya diharapkan untuk menahan bek Jan Vertonghen, pemain sayap Thomas Meunier dan gelandang Kevin De Bruyne, yang semuanya telah mengambil kartu kuning. Kuning kedua berarti mereka akan diskors untuk putaran 16 pertandingan.

Southgate mengakui ada keseimbangan yang harus dipecahkan antara menjaga timnya tetap segar dan bebas cedera dan mempertahankan momentum yang mereka dapatkan, terutama setelah menghancurkan Panama 6-1.

Dua kekuatan Belgia: Romelu Lukaku (kiri) dan Eden Hazard/Reuters

"Saya harus memikirkan semua hal itu: persaingan untuk tempat, pemain yang membutuhkan menit pertandingan, dan menjaga kesatuan skuad," kata manajer Inggris itu.

Keterlibatan Harry Kane adalah salah satu keputusan rumit yang dihadapi Southgate.

Kapten Inggris telah mencetak lima gol dalam dua pertandingan, termasuk hattrik melawan Panama, dan sementara manajernya akan enggan meninggalkan dia di bangku cadangan, sentralitasnya terhadap harapan Inggris adalah sedemikian rupa sehingga dia mungkin waspada terhadap dia mengambil cedera.

Pimpinan klasemen Grup  G berarti bermain siapa pun yang akan menempati posisi kedua di Grup H sebelumnya pada hari Kamis - Kolombia, Senegal, atau Jepang.

Tapi jalan menuju perempat final bisa melihat pertandingan melawan Jerman atau Brasil untuk pemenang - pertanyaan yang akan ditentukan sebelum bentrokan Inggris dan Belgia di Kaliningrad.

Ini akan menjadi pertemuan keempat dari dua negara di turnamen besar. Mereka telah bermain imbang dua kali di pertandingan babak penyisihan grup, dan pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia 1990 melihat Inggris menang 1-0 setelah perpanjangan waktu.

FAKTA

Inggris vs Belgia

Grup G  Piala Dunia 2018

di Kaliningrad 

Di mana: Stadion Kaliningrad
Kapasitas: 33.973
Kapan: Kamis 28 Juni 2018
Wasit: Ditentukan Kemudian
    
Statistik kunci:
    * Inggris dan Belgia telah lolos ke babak 16 setelah kemenangan meyakinkan dalam dua pertandingan pembuka mereka melawan Tunisia dan Panama di Grup G.

    * Kemenangan 6-1 Inggris atas Panama adalah kemenangan terbesar mereka di sebuah turnamen besar, sementara Belgia mencetak lima gol  di Piala Dunia untuk pertama kalinya dalam kemenangan 5-2 mereka Tunisia.
    * Striker Inggris Harry Kane memimpin perlombaan untuk Golden Boot Piala Dunia dengan lima gol sejauh ini, sementara Belgia mitra Romelu Lukaku sejajar dengan Cristiano dari Portugal Ronaldo pada empat gol.
    * Brace Lukaku melawan Tunisia membuatnya menjadi yang tertinggi mencetak Belgia di turnamen internasional utama, mencetak gol tujuh gol di seluruh Piala Dunia 2014, 2016 Kejuaraan Eropa  dan turnamen saat ini.
    * Pemain 25 tahun telah mencetak 17 gol dalam 11 terakhirnya penampilan untuk Belgia.
    * Playmaker dari Belgia, Eden Hazard telah terlibat langsung dalam 23 gol dalam 21 penampilan terakhirnya untuk negaranya, mencetak gol 11 dan menyediakan 12 assist.
    * Hat-trick kapten Inggris Kane melawan Panama membuatnya pemain ketiga untuk negaranya mencetak tiga gol dalam satu satu pertandingan Piala Dunia setelah Geoff Hurst pada 1966 dan Gary Lineker pada  1986.
    * Kane juga pemain pertama yang mencetak dua atau lebih gol dalam dua penampilan pertama mereka di Piala Dunia sejak Grzegorz dari Polandia Lato pada  1974.
    * Kedua belah pihak  sama pada poin  dan selisih gol, tetapi Inggris saat ini memimpin grup karena timnya lebih tinggi peringkat fairplay.
    * Jika pertandingan berakhir imbang, tim dengan yang lebih baik peringkat fairplay, diputuskan oleh jumlah kartu merah dan kuning akumulasi, akan memimpin grup. Inggris memiliki dua kuning kartu sejauh ini, sementara Belgia memiliki tiga.
    * Pemenang grup akan mengambil runner up Grup H, yang bisa Jepang, Senegal atau Kolombia. Runner up  dari grup akan menghadapi pemenang Grup H.
    

 Pertemuan sebelumnya:

Kedua belah pihak telah bertemu pada 21 kesempatan, dengan  Inggris menjadi lebih baik dari Belgia 15 kali. Mereka telah bermain dua kali di Piala Dunia, dengan hasil imbang 4-4 pada tahun 1954 dan kemenangan 1-0 untuk Inggris pada 1990.

Klasemen Grup G:

 Inggris            2 2 0 0 8 2 6 6
 Belgia             2 2 0 0 8 2 6 6
 Tunisia           2 0 0 2 3 7 -4 0
 Panama          2 0 0 2 1 9 -8 0

Prediksi Susunan Pemain:

Inggris: Jordan Pickford,  Gary Cahill, John Stones, Harry Maguire, Eric Dier,Kieran Trippier, Jesse Lingard, Fabian Delph, Danny Rose, Harry Kane, Marcus Rashford

Belgia:  Simon Mignolet,Vincent Kompany, Dedryck Boyata, Thomas Vermaelen,  Youri Tielemans, Mousa Dembele, Leander Dendoncker, Yannick Carrasco, Dries Mertens, Romelu Lukaku, Michy Batshuayi

 

Sumber : Reuters

Tag : piala dunia 2018
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top