Piala Dunia, Timnas Peru Akhirnya Harus Tinggalkan Sang Kapten

Timnas Peru akhirnya gagal membawa kapten mereka, Paolo Guerrero, untuk bertarung di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni-Juli mendatang.
M. Syahran W. Lubis | 15 Mei 2018 10:24 WIB
Kapten Timnas Peru Jose Paolo Guerrero. - FIFA.com

Bisnis.com, JAKARTA – Timnas Peru akhirnya gagal membawa kapten mereka, Jose Paolo Guerrero, untuk bertarung di putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia pada Juni-Juli mendatang.

Hal itu disebabkan larangan dopingnya yang sebenarnya baru saja berakhir, justru ditingkatkan lagi dari 6 bulan menjadi 14 bulan oleh Pengadilan Arbitrase untuk Olahraga (CAS) pada Selasa dini hari WIB (15/5/2018).

Guerrero divonis doping setelah hasil tes yang dilakukan selepas laga kontra Argentina dalam kualifikasi Piala Dunia 2018 pada Oktober tahun lalu. CAS mengatakan dia memasukkan zat terlarang melalui minuman teh.

Pengumuman CAS ini ironis sebab Federasi Sepak Bola Peru (FPF) baru saja pada Senin (14/5/2018) bahwa sang kapten bisa dilibatkan ke Piala Dunia karena masa skorsingnya habis 10 hari lalu.

Semula Federation Internationale de Football Association (FIFA) menetapkan masa skorsing setahun, tapi lalu direduksi jadi 6 bulan saja.

Namun, ironisnya CAS malam menambah vonis menjadi 14 bulan sehingga Guerrero tak bisa membela negaranya di Rusia bulan depan. CAS memutuskan itu setelah menerima banding dari World Anti-Doping Agency (WADA).

Kehilangan sang kapten berusia 34 tahun itu, yang sehari-hari bermain untuk klub Brasil Flamengo, sangat melemahkan Timnas Peru, Guerrero bukan hanya kapten dan roh tim, tapi juga pencetak gol sepanjang masa bagi negaranya dengan 32 gol dalam 82 pertandingan.

FPF menyatakan penyesalan mereka atas keputusan CAS memperpanjang masa skorsing Guerrero. “Kami sangat menyesalkan perpanjangan larangan yang dikenakan kepada pemain kami Paolo Guerrero yang selalu menunjukkan perilaku yang patut dicontoh,” bunyi pernyataan tersebut.

“Kami tanpa ragu akan kehilangan Paolo di Rusia tetapi kami yakin bahwa tim kami, dengan keberanian dan keuletan, akan membuat Peru bangga. Tidak peduli betapa sulitnya kesulitan, itu tidak menghentikan kami,” lanjut pernyataan tersebut.

Di Piala Dunia 2018, Peru masuk Grup C bersama Prancis, Australia, dan Denmark. Ini pertama kali Peru masuk putaran final Piala Dunia sejak 1982 di Spanyol. Secara keseluruhan, termasuk tahun ini, Peru lima kali ikut Piala Dunia. Tiga sebelumnya ialah 1930 di Uruguay, 1970 di Meksiko, dan 1978 di Argentina.

Sumber : News.com.au

Tag : piala dunia 2018, Timnas Peru
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top