Pemain Timnas U-16 Bakal Banjir Bonus

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan bonus khusus berupa beasiswa bagi penggawa Timnas Indonesia U-16 yang baru saja menjuarai turnamen Jenesys 2018 di Jepang karena semuanya masih sekolah.
Martin Sihombing | 16 Maret 2018 01:58 WIB
Ilustrasi - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -  Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menyiapkan bonus khusus berupa beasiswa  bagi penggawa Timnas Indonesia U-16 yang baru saja menjuarai turnamen Jenesys 2018 di Jepang karena semuanya masih sekolah.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Menpora Imam Nahrawi di Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang, Banten, Kamis (15/3/2018) di sela-sela menyambut kedatangan timnas Garuda Muda itu.

"Mereka ini masih berusia 16-17 tahun dan belum masuk senior. Karena itu kami akan memberikan beasiswa untuk sekolah mereka. Untuk teknisnya seperti apa, akan kami bahas selanjutnya," kata Menpora Imam Nahrawi dengan serius.

Menurut dia, untuk menindaklanjuti apresiasi yang diberikan pihaknya akan menyerahkan pengurusannya kepada Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga. Semua tahapan dan teknis pemberian beasiswa akan dibahas secara khusus dan akan dilakukan secepatnya.

Kemenangan Timnas Indonesia U-16 di turnamen Jenesys ini bakal dijadikan modal untuk menghadapi kejuaraan-kejuaraan yang lebih besar. Sebut saja Piala AFF yang bakal bergulir Agustus. Selanjutnya adalah Piala AFC pada September.

Khusus untuk Piala AFC akan menjadi pantauan sendiri karena juga merupakan ajang untuk kualifikasi Piala Dunia U-17. Empat tim semifinalis bakal mendapatkan tiket langsung untuk turun pada kejuaraan usia muda paling bergengsi di dunia itu.

"Semangat kalian harus terus berkobar karena kalian masih muda. Banyak kejuaraan yang sudah di depan mata. Ayo kita songsong Piala Dunia," kata pria kelahiran Bangkalan, Madura itu.

Sementara itu pelatih Timnas Indonesia U-16 Fakhri Husaini mengatakan jika semua pemain yang ada saat ini akan dikembalikan ke daerahnya masing-masing untuk melanjutkan sekolah. Apalagi, masih ada waktu mengejar ketertinggalan pendidikan sebelum kembali dipanggil masuk pelatnas.

"Rencananya mereka akan kami panggil lagi untuk menjalani training center pada April untuk persiapan Piala AFF dan Piala AFC. Harapan kami di Piala AFC, timnas bisa masuk empat besar," katanya.

Mantan pelatih Bontong FC itu menjelaskan timnas U-16 yang diasuh merupakan jebolan dari tiga kompetisi yang berbeda yaitu Piala Suratin bikinan PSSI, Liga Pelajar bikinan Kemenpora dan kompetisi swasta seperti Liga Topskor.

Fakhri menjelaskan jika pemain muda Indonesia saat ini sangat potensial dan jumlahnya cukup banyak. Jika kompetisi dikelola dengan baik, Indonesia bisa memiliki empat sampai lima timnas U-16. Potensi pemain sendiri tersebar dari Aceh hingga Papua. 


Sumber : ANTARA

Tag : Timnas U-16
Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top