Dua Penalti Loloskan Australia ke Piala Dunia 2018

Timnas Australia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menundukkan Honduras dengan skor 3-1.
M. Syahran W. Lubis | 15 November 2017 22:13 WIB
Para pemain Australia merayakan gol ke gawang Honduras. - Reuters/Steve Christo

Bisnis.com, JAKARTA - Timnas Australia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia setelah menundukkan Honduras dengan skor 3-1 dalam laga leg kedua playy-off antarbenua yang berlangsung di Stadion ANZ di Sydney pada Rabu (15/11/2017).

Kemenangan Australia dicapai berkat hattrick Mile Jedinak, dua di antaranya dari titik penalti. Jedinak, yang sehari hari merupakan gelandang bertahan klub Inggris Aston Villa, membuka skor ketika babak kedua berjalan 8 menit.

Dia pula yang mengeksekusi dua penalti pada menit ke-72 dan 85 untuk membawa tuan rumah unggul 3-0.

Adapun, satu-satunya gol Honduras dihasilkan setelah pertandingan memasuki injury time melalui konbtribus Alberto Elis yang akhirnya hanya berstatus gol hiburan dengan skor 3-1 untuk tuan rumah.

Dengan hasil itu, Australia memenangi laga dua leg dengan skor agregat 3-1 lantaran dalam pertandingan leg pertama di Honduras kedua tim bermain imbang tanpa gol.

Pertandingan ini mempertemukan Australia sebagai peringkat lima babak kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia dengan Honduras sebagai peringkat keempat kualifikasi zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (Concacaf).

Ini merupakan partisipasi kelima Australia di putaran final Piala Dunia. Pertama kali pada 1974 di Jerman barat, lantas beruntun dalam tiga perhelatan terakhir yakni 2006 di Jerman, 2010 di Afrika Selatan, dan 2014 di Brasil. Pencapaian terbaiknya ialah pada edisi 2006 dengan lolos ke putaran kedua.

Sementara bagi Honduras, ini menghentikan partisipasi beruntunnya di putaran final dua edisi terakhir Piala Diunia 2010 dan 2014. Pertama kali Honduras lolos ke putaran final ialah pada edisi 1982 di Spanyol. Honduras selalu kandas di fase grup di tiga putaran final Piala Dunia tersebut.

Dengan hasil ini, telah 31 tim yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dan tinggal tersisa selembar tiket lagi yang masih diperebutkan antara Peru dan Selandia Baru.

Laga leg kedua digelar di Lima, Peru, pada Kamis pagi WIB (16/11/2017) setelah di leg pertama di Wellington, Selandia Baru, pada akhir pekan lalu kedua tim berbagi skor imbang tanpa gol.

Pertemuan Peru dengan Selandia Baru merupakan play-off antarkontinen. Peru merupakan peringkat kelima kualifikasi zona Amerika Selatan, sedangkan Selandia Baru juara kualifikasi zona Oseania.

Sumber : Reuters

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top