Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Piala Dunia 2018 Tanpa Messi? Argentina Miliki 1 Pertandingan Penyelamat Nasib

Lionel Messi dan Argentina memiliki satu pertandingan untuk menyelamatkan kualifikasi Piala Dunia mereka - bagaimana hal itu bisa terjadi?
Timnas Argentina/Reuters
Timnas Argentina/Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -  Lionel Messi dan Argentina memiliki satu pertandingan untuk menyelamatkan kualifikasi Piala Dunia mereka - bagaimana hal itu bisa terjadi?

Dengan satu pertandingan tersisa di kualifikasi Amerika Selatan, Argentina berada dalam bahaya kehilangan Piala Dunia pertama mereka sejak  1970 setelah mereka ditahan imbang tanpa gol melawan Peru pada  Kamis (5/10/2017).

Argentina - yang menduduki posisi keempat dalam peringkat dunia FIFA terakhir - menuju pertandingan terakhir mereka dengan Ekuador setelah memenangkan dua dari 10 kualifikasi terakhir mereka dan duduk di urutan keenam, di luar tempat playoff  (di posisi kelima).

Juara Piala Dunia  dua kali itu, yang saat ini hanya  mengumpulkan 16 gol  di kualifikasi, yang terburuk kedua di Amerika Selatan yang sedikit kurang dari Paraguay yang memiliki kepelikan defensif.

Namun, berkat hasil dramatis Paraguay saat melawan Kolombia, nasib Argentina masih di tangan mereka sendiri.

Klasemen CONMEBOL

Brasil

17

11

5

1

38-11

27

38

Uruguay

17

8

4

5

28-18

10

28

Cile

17

8

2

7

26-24

2

26

Kolombia

17

7

5

5

20-18

2

26

Peru

17

7

4

6

26-25

1

25

Argentina

17

6

7

4

16-15

1

25

Paraguay

17

7

3

7

19-24

-5

20

Bolivia

17

4

2

11

14-34

-20

14

Venezuela

17

1

6

10

18-35

-17

9

 

Apa yang dibutuhkan

Dengan berada  dua tempat di luar tempat kualifikasi otomatis di urutan keenam, Argentina harus mengalahkan Ekuador yang berada di urutan kedelapan untuk mendapatkan kesempatan menyelesaikan empat besar yang menjamin rute otomatis ke Rusia.

Sebagai posisi kelima, Peru menghadapi Kolombia yang berada di urutan keempat, sebuah kemenangan untuk keduanya akan mengamankan mereka dari tempat otomatis,  sebagai pecundang, mereka akan melompati Argentina  ke babak play-off melawan Selandia Baru,  kecuali jika mereka mengalahkan Ekuador.

Perlu dicatat bahwa tim urutan kelima akan menjadi favorit besar untuk mengalahkan Selandia Baru, yang gagal meraih poin di Piala Konfederasi musim panas lalu dan kalah 9-3 dari agregat ke Meksiko dalam babak play-off untuk lolos ke Piala Dunia terakhir.

Hasil imbang untuk Argentina mungkin juga cukup untuk mengamankan tempat play-off tapi hanya jika Kolombia mengalahkan Peru, sementara Paraguay juga  gagal mengalahkan tim urutan bawah Venezuela di Asuncion.

Argentina juga bisa lolos secara otomatis dengan hasil imbang jika Cile kalah lebih dari satu gol ke Brasil, Paraguay gagal menang dan Kolombia atau Peru tidak seri.

Apa peluang mereka?

Argentina cenderung harus berjuang saat bermain di ketinggian.

Ekuador terkenal  karena memiliki salah satu catatan tim tuan rumah terkuat di sepak bola internasional karena tim oposisi harus berjuang untuk menyesuaikan diri bermain dalam kondisi unik seperti itu.  Tanah di ibu kota Ekuador   terletak 9.127 kaki di atas permukaan laut - meskipun ada anggapan bahwa ada tim yang bisa  beradaptasi seperti Brasil, Chile dan Peru yang semuanya menang di sana dalam kualifikasi ini.

Pelatih kepala Argentina Jorge Sampaoli optimis mereka bisa lolos ke Piala Dunia di Rusia meski ditahan imbang 0-0 oleh Peru di Buenos Aires.

Namun, jika Anda menghilangkan kekuatan  tim tuan rumah mereka dalam kualifikasi ini, Ekuador hanya kehilangan tiga dari 37 pertandingan kualifikasi Piala Dunia mereka di kandang sendiri sejak  2000, termasuk dua kemenangan dan hasil imbang melawan Argentina.

Selanjutnya, dua gol dalam dua menit memberi Ekuador kemenangan kejutan  2-0 atas Argentina di Buenos Aires pada awal kualifikasi ini.

Akankah Argentina menangani tekanan?  Jika tidak, Piala Dunia tanpa Lionel Messi akan menjadi kenyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Sumber : Skysport
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper