Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hasil Pra-Piala Dunia: Swiss & Portugal Bersaing Hingga Laga Terakhir

Swiss dan Portugal terus bersaing ketat berebut posisi juara Grup B Pra-Piala Dunia 2018 demi selembar tiket ke putaran final di Rusia.
Bintang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) merayakan golonya ke gawang Andorra bersama Pepe/Reuters-Vincent West
Bintang Timnas Portugal Cristiano Ronaldo (kiri) merayakan golonya ke gawang Andorra bersama Pepe/Reuters-Vincent West

Bisnis.com, JAKARTA - Swiss dan Portugal terus bersaing ketat berebut posisi juara Grup B Pra-Piala Dunia 2018 demi selembar tiket ke putaran final di Rusia setelah kedua mencatat kemenangan dalam matchday kesembilan kualifikasi zona Eropa.

Bertarung di Stadion St. Jakob di Basel pada Minggu dini hari WIB (8/10/2017), tuan rumah Swiss menundukkan tamunya Hongaria dengan skor 5-2.

Swiss sempat unggul 4-0 lewat rangkaian gol yang dilesakkan Granit Xhaka (18’), Fabian Frei (20’), serta Steven Zuber (43’ dan 49’).

Pemain Hongaria Richard Guzmics sempat memperkecil skor menjadi 4-1 pada menit ke-58, namun Swiss kembali memasok sebiji gol lewat Stephan Lichtsteiner pada menit 83.

Skor menjadi 5-2 setelah Hongaria mencetak satu gol yang terakhir dalam laga itu 3 menit menjelang bubaran lewat Roland Ugrai.

Sementara itu, pada saat bersamaan Portugal mengatasi tuan rumah Andorra 2-0 di Stadion Nasional Andorra la Vella melalui gol pemain bintang Cristiano Ronaldo (63’) dan Andre Silva (86’).

Dengan hasil dua laga itu, Swiss memuncaki klasemen sementara dengan nilai 27 hasil menyapu bersih sembilan pertandingan dengan kemenangan, sedangkan Portugal di posisi kedua dengan nilai 24.

Namun, jika Portugal mampu menaklukkan Swiss dengan skor berapa pun dalam matchday terakhir pada Rabu dini hari WIB (11/10/2017), Ronaldo dan kawan-kawan yang langsung lolos ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia.

Hal itu disebabkan Portugal memiliki selisih gol yang lebik baik ketimbang Swiss yakni 26 berbanding 18. Jika Portugal menang, nilai keduanya sama-sama 27. Pada pertemuan pertama, Swiss menundukkan Portugal 2-0 pada September tahun lalu.

Hasil satu pertandingan Grup B lainnya yang digelar pada Minggu dini hari WIB, Kepulauan Faroe dan Latvia berbagi skor imbang tanpa gol. Keduanya telah dipastikan gagal lolos ke Rusia.

Posisi klasemen sementara Grup B: Swiss 27, Portugal 24, Hongaria 10, Kepulauan Faroe 9, serta Latvia dan Andorra masing-masing 4.

Sebanyak 54 negara bertarung di Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa—tentu saja di luar Rusia yang sudah pasti lolos karena berstatus tuan rumah—untuk berebut 13 tiket ke putaran final tahun depan.

Ke-54 kontestan itu dibagi ke dalam sembilan grup, sehingga setiap grup berisi enam tim. Setiap juara grup lolos langsung ke Rusia, sedangkan delapan runner up terbaik akan menjalani play off dua leg untuk memperebutkan empat tiket.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper