Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Uji Coba Pra-Piala Dunia: Chile & Prancis Pesta Gol

Chile dan Prancis menang besar dalam laga uji coba. Chile menggasak Burkina Faso 3-0, sedangkan Prancis menguliti Paraguay lima gol tanpa balas.
Olivier Giroud setelah mencetak gol Timnas Prancis ke gawang Paraguay/Reuters-Stephane Mahe
Olivier Giroud setelah mencetak gol Timnas Prancis ke gawang Paraguay/Reuters-Stephane Mahe

Bisnis.com, JAKARTA - Chile dan Prancis mencatat kemenangan besar dalam pertandingan uji coba menjelang lanjutan Pra-Piala Dunia 2018. Chile menggasak Burkina Faso 3-0, sedangkan Prancis menguliti Paraguay lima gol tanpa balas.

Dalam pertandingan di Stadion Nasional Julio Martínez Pradanos di Santiago, Chile, pada Sabtu pagi WIB (3/6/2017), tuan rumah menggasak tamunya yang datang dari Afrika melalui tiga gol yang dua di antaranya dilesakkan oleh pemain bintang Arturo Vidal pada menit ke-10 dan 75.

Satu gol lainnya bagi juara Copa America dua kali beruntun 2015 dan 2016 ini disumbang oleh Angeloa Zagal 6 menit menjelang wasit Diego Abal dari Argentina meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir.

Laga ini merupakan pemanasan bagi kedua tim yang tengah menjalani Pra-Piala Dunia 2018. Chile berada di posisi keempat dari 10 tim dalam susunan klasemen sementara Pra-Piala Dunia 2018 zona Amerika Selatan.

Pertandingan terdekat Chile di Pra-Piala Dunia 2018 ialah menjamu Paraguay pada 31 Agustus. Empat tim yang finis teratas di zona Amerika Selatan akan lolos langsung ke putaran final Piala Dunia tahun depan di Rusia, sedangkan peringkat kelima, yang saat ini dihuni Argentina, harus menjalani playoff melawanjuara Pra-Piala Dunia zona Oseania yang kemungkinan besar diisi Selandia Baru.

Tiga tim di atas Chile adalah Brasil yang telah memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui jalur kualifikasi, kemudian Kolombia di peringkat kedua, dan Uruguay di posisi ketiga klasemen sementara.

Sementara itu Burkina Faso tengah menduduki posisi teratas klasemen sementara putaran ketiga atau terakhir Grup D Pra-Piala Dunia 2018 zona Afrika dalam grup yang juga diisi tim-tim kuat seperti Afrika Selatan dan Senegal, serta juga Cape Verde.

Jika berhasil mempertahankan posisi teratas, Burkina Faso akan mencatat sejarah pertama kali lolos ke putaran final Piala Dunia. Terdapat lima grup fase terakhir Pra-Piala Dunia 2018 zona Afrika dan setiap juara grup langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 di Rusia. Pertandingan terdekat Burkina Faso di Pra-Piala Dunia 2018 ialah bertandang ke Senegal pada 28 Agustus mendatang.

Sementara itu, dalam laga uji coba lainnya, Prancis menghantam tamunya Paraguay dengan skor telak 5-0 di Stadion Roazhon Park di Rennes. Olivier Giroud mencetak hattrick dengan tiga golnya pada menit ke-6, 13, dan 69. Dua gol lainnya dicetak Moussa Sissoko (76’) dan Antoine Griezmann (77’).

Prancis tengah memimpin klasemen sementara Grup A Pra-Piala Dunia 2018 zona Eropa dalam grup yang juga berisi Swedia, Bulgaria, Belanda, Belarusia, dan Luksemburg. Pertandingan terdekat Les Bleus di Pra-Piala Dunia ialah bertandang ke Swedia pada 9 Juni.

Sementara itu, Paraguay berada dalam posisi kritis dan terancam gagal lolos ke putaran final Piala Duniatahun depan. Paraguay hanya menempati posisi kedelapan dari 10 tim Pra-Piala Dunia zona Amerika Selatan padahal hanya empat tim teratas yang lolos langsung ke Rusia.

Pertandingan terdekat di ajang Pra-Piala Dunia 2018 Paraguay, yang prestasi tertingginya di Piala Dunia hanya sebagai perempat finalis edisi 2010 di Afrika Selatan, adalah menghadapi tuan rumah Chile pada 31 Agustus.

Dalam uji coba lainnya, Irlandia Utara berhasil menang atas Selandia Baru dengan skor tipis 1-0 di Stadion Windsor Park di Belfast. Gol penentu kemenangan tuan rumah dihasilkan Liam Boyce pada menit ke-6.

Sementara itu, Bolivia, yang telah pasti gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 dari zona Amerika Selatan, menaklukkan tuan rumah Nikaragua juga dengan skor tipis 1-0 di Stadion Nacional UNAN di Kota Managua. Gol kemenangan tim tamu dicetak Gilbert Alvarez pada menit ke-5.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Reuters
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper